Saking Cintanya, Bule Cantik Ini Bawa Kesenian Indonesia ke Amerika Serikat

oleh Febri
07:00 AM on May 14, 2015

Mungkin Anda akan memaklumi jika orang indonesia dapat membawa kesenian asli Indonesia ke luar negeri. Tapi jika itu adalah seseorang yang berasal dari negara lain, mungkin Anda akan sulit mempercayai hal itu.

Seorang Claire Marie Hefner telah membuktikannya, walaupun berasal dari Amerika Serikat, kecintaan terhadap kesenian Indonesia patut diacungi jempol. Ia ahli menampilkan tarian dan musik tradisional. Penasaran seperti apa kisah Claire dalam mempelajari budaya Indonesia? bahkan membawanya ke negeri asalnya? Berikut ini informasi selengkapnya.

Baca Juga
6 Bencana Terbesar di Indonesia Ini Menjadi Penanda Pergantian Tahun yang Kelam
Dulu Dikenal Gembong Teroris Sadis, Begini Nasib Umar Patek Sekarang Yang Cinta NKRI

1. Awal Mula Tinggal di Indonesia

Ketertarikannya pada kebudayaan terutama kesenian, ternyata menurun dari sang ayah. Awal mengajak Claire ke Indonesia adalah untuk menemani sang ayah melakukan penelitian Antropologi di tahun 1999, selama tinggal di Indonesia ia bermukim di Yogyakarta.

Awal mula tinggal di Indonesia [imagesource]
Awal mula tinggal di Indonesia [imagesource]
Ia benar-benar memanfaatkan waktunya saat berada di Indonesia untuk belajar mulai dari kesenian tari hingga bahasa. Wanita yang tinggal di Kota Boston ini telah fasih berbahasa Indonesia bahkan bahasa Jawa juga.

2. Belajar Kesenian Indonesia

Mulanya ia berkenalan dengan kesenian tari saat bersekolah di Yogyakarta. Tari yang ia tekuni dan menjadi keahliannya adalah tari Bali. Kebetulan saat itu diajarkan oleh Ni Ketut Suriastini, S.Sn., pemilik Sanggar Tari Bali Siwa Nata Raja, orang asli Bali yang tinggal di Yogyakarta.

Mulai belajar kesenian Indonesia
Mulai belajar kesenian Indonesia [imagesource]
Karena semangat belajarnya yang kuat, maka ia rela sering kembali ke Indonesia untuk memperdalam keahliannya. Saat melanjutkan program S3 jurusan Antropologi di Emory University di Atlanta, ternyata ia juga memilih indonesia sebagai tempat penelitian.

3. Pulang Ke Amerika Serikat

Belajar tari tak hanya dilakukan di Indonesia. Bahkan ketika pulang ke Amerika, ia banyak mengikuti pertunjukan tari dan dengan bangga menampikan tarian Bali yang memukau penontonnya.

Di Amerika, dia memainkan gamelan Indonesia
Di Amerika, Claire memainkan gamelan Indonesia [imagesource]
Kegemarannya tersebut juga tak hanya sebatas tari saja, tapi juga merambat pada kesenian musik gamelan. Oleh karena itu, ia dipercaya mendampingi kelompok gamelan di Emory University.

4. Claire dan Budaya Jawa

Yang paling berkesan bagi Claire selain keindahan tarian Nusantara dan merdunya musik gamelan, adalah sifat orang Indonesia yang memang terkenal ramah. Untuk lebih dekat dengan penduduk lokal, ia sengaja mempelajari Bahasa Jawa.

Untuk bergaul, Claire menggunakan bahasa jawa
Untuk bergaul, Claire menggunakan bahasa jawa [imagesource]
Claire berpendapat bahwa orang Jawa khususnya, sangat kental dengan budaya sopan santun dan karakter pribadi yang halus. Ia merasa enak dan indah jika bisa ikut melakukan kebiasaan masyarakat jawa seperti itu.

Jika orang yang berasal dari luar negeri saja bisa membanggakan kesenian asli Indonesia, lalu kenapa orang Indonesia sendiri tidak. Bahkan banyak diantara kesenian-kesinian tersebut kini malah terlupakan. Apa yang dilakukan Claire ini seharusnya bisa lebih memicu semangat kita untuk melestarikan dan mengenalkannya ke dunia luas.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu Kocak, Obrolan Orang Mesum PDKT Ngajak Chatting Endingnya Malah Bikin Ngakak 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia 10 Postingan Nyeleneh Pengguna Medsos Pamer Kemesraan, Berasa Pingin Nampol Lihatnya Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis Belum 30 Tahun, 5 Cewek Cantik Zaman Now Ini Sudah Bergelimang Harta, Hampir Saingi Syahrini! Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an 14 Tahun Berlalu, Begini Kabar Pemain Sinetron “Di Sini Ada Setan” yang Dulu Bikin Kamu Bergidik Ngeri 4 Barang Ini di Indonesia Harganya Luar Biasa, Tapi di Afrika Orang Miskin pun Wajib Punya Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo
BACA JUGA