in

Meriam Hingga Calo, Inilah 4 Budaya Unik Berbuka Puasa yang Cuma Ada di Timur Tengah

Satu hal yang paling dinantikan oleh umat muslim saat bulan puasa apalagi kalau waktu berbuka. Setelah satu hari lamanya menahan lapar dan haus, akhirnya waktu bersantap pun tiba. Apalagi kalau bukanya bareng keluarga dengan makanan yang disuka, meski tak mahal namun hal itu sudah mirip surga dunia.

Bicara soal buka, ada yang berbeda di daerah-daerah Timur Tengah sana. Bagaimana tidak, lantaran sangat ingin merayakannya, sampai-sampai meriam pun digunakan sebagai tanda buka. Itu masih satu hal unik dari banyak lainnya yang ditemui di timur tengah masalah buka puasa. Biar gak penasaran, simak ulasan berikut.

Tembakan meriam tanda datangnga adzan Magrib

Kalau di Indonesia orang-orang menggunakan beduk sebagai tanda berbuka tiba, namun ada yang berbeda di daerah timur tengah. Bagaimana tidak, di daerah seperti Arab, Dubai dan Mesir, mereka menggunakan meriam raksasa sebagai penanda akan datangnya adzan. Tak tanggung-tanggung, meriam yang digunakan pun luar biasa besar, wajar kalau hampir penjuru kota mendengar dentuman yang luar biasa.

Buka ditandai meriam [sumber gambar]
Uniknya, meskipun sebuah tradisi yang telah ada di sana, namun sampai saat ini masih dilestarikan dengan baik bahkan lebih dimajukan dengan meriam yang lebih canggih. Mungkin kalau di Indonesia mirip dengan meriam bambu yang selalu dibunyikan menjelang magrib, namun sayang kini suaranya sudah tidak terdengar lagi.

Gak perlu repot cari takjil, masuk ke salah satu rumah kamu bisa buka

Jika biasanya kita harus pergi ke masjid atau tempat-tempat pembagian takjil gratis jika ingin dapat buka, maka di salah satu negara timur tengah tak perlu repot-repot. Bagaimana tidak, pasalnya da sebuah tradisi unik berupa ‘kulkas’ gratis bagi siapapun yang hendak berbuka atau mencari makanan.

Kulkas ramadhan [sumber gambar]
Ya orang-orang di Dubai menyediakan kulkas di depan pintu atau rumah dengan keadaan penuh. Nah jika ada musafir atau orang yang tak sengaja lewat dan ingin berbuka, maka mereka dapat mengambil isi kulkas secara gratis. Wah kalau begini sih gak pelu repot cari takjil ya.

Calo buka puasa yang mungkin hanya ada di Madinah

Mungkin kita sudah tidak asing dengan betapa meriahnya Arab dalam menyelenggarakan buka puasa. Hampir di sekeliling masjid hingga jalan, banyak yang menyediakan takjil gratis buat para pengunjung. Saking ramainya acara buka di sana, sampai-sampai muncul profesi tak terduga yang bikin gelang kepala.

Calo buka puasa [sumber gambar]
Ya, calo buka puasa adalah sebuah kerja unik untuk menggaet orang agar mau berbuka gratis di tempat seseorang. Layaknya mecalokan tiket atau barang, para calo ini sudah menjaring orang dan mengajaknya bahkan sejak waktu jauh sebelum buka. Padahal mau menawarkan makanan gratis ya, tapi pakai jasa calo segala.

Garangao parade keliling kampung selepas buka puasa tiba

Satu lagi tradisi unik saat buka puasa tiba, namun yang ini ditemukan di Qatar. Disebut sebagai Garangao, biasanya dilakukan selepas magrib dan berbuka puasa. Umumnya yang melakukan tradisi ini pun adalah anak-anak yang dipakaikan baju tradisional.

budaya parade

Dengan membawa sebuah tas yang dihias sangat cantik, mereka berkeliling kampung sambil menyanyikan sebuah lagu dan memukul benda. Serupa dengan Halloween, pada anak-anak ini nantinya diberikan kacang hingga permen saat melewati rumah warga. Nah, dulu bukan permen yang digunakan, namun gandum atau nasi, tapi lantaran zaman sudah berubah maka tradisi pun ikut baru.

Gak kebayang ya bagaimanna meriahnya buka puasa di negara timur tengah sana. Apalagi kalau masalah makanan dipastikan terjamin dan gak akan kekurangan. Namun demikian, adanya tradisi bulan puasa ini jadi bukti bagaimana semaraknya merayakan bulan suci penuh berkah.

Written by Arief

Seng penting yakin.....

Leave a Reply

Mengintip Profesi Petugas Selokan Bangladesh, Kerja Masuk Got Dibayar Tak Sampai 150 Ribu

4 Fakta Kandungan ‘Racun’ dalam Air Zam-zam yang Malah Bikin Badan Jadi Sehat