in

Berkunjung ke Brunei Darussalam, Negara Kecil namun Super Kaya

5. Memiliki Fasilitas Kesehatan yang Baik, namun Warganya Punya Masalah Berat Badan

Jaminan kesehatan yang baik dan praktis adalah impian setiap warga negara manapun. Di Brunei, keinginan tersebut telah lama tercapai. Di negara ini, untuk setiap konsultasi ke dokter anda hanya perlu membayar 1 dolar Brunei, atau sekitar sembilan ribu rupiah saja. Sementara obat-obatannya akan diberi gratis. Jika fasilitas kesehatan di Brunei tidak memadai untuk menalangi sebuah penyakit, maka pemerintah Brunei akan membiayai pengobatan rakyatnya ke luar negeri.

Fasilitas Kesehatan yang Baik
Fasilitas Kesehatan yang Baik

Namun ternyata, di balik jaminan kesehatan yang top itu, Brunei memiliki isu kesehatan yang cukup serius. 7.5 persen dari rakyatnya mengalami kegemukan alias obesitas. Angka tersebut merupakan angka obesitas tertinggi diantara negara-negara ASEAN. Sementara itu 20 persen dari anak usia sekolah di Brunei juga mengalami kegemukan.

Demikianlah beberapa fakta unik mengenai negara berbasis syariah Islam, Brunei Darussalam. Negara ini memang terkadang membuat kita iri dengan fasilitas dari pemerintahannya yang sangat memperhatikan warga.

Semoga kelak, Indonesia bisa berada di level yang lebih baik dan kita mendapat fasilitas-fasilitas terbaik seperti yang didapatkan rakyat Brunei. (HLH)

Written by Centralismo

Leave a Reply

Salah-satu-Karya-Donna-Back

Donna Backues, Seniman AS yang Mempromosikan Batik di Amerika Serikat

deterjen karya anak UB

Deterjen Ajaib Temuan Mahasiswa Universitas Brawijaya Malang