Donna Backues, Seniman AS yang Mempromosikan Batik di Amerika Serikat

oleh Cah Azi
17:00 PM on Feb 20, 2015

Batik yang selama ini menjadi sebuah budaya dari Indonesia, tak hanya menjadi busana yang kita kenakan dalam sehari-hari. Rupanya, batik juga diminati oleh masyarakat dari mancanegara. Salah satunya adalah Donna Backues yang asli dari Amerika Serikat. Saking cintanya pada batik, ia sampai mempromosikan batik Indonesia ini di negara asalnya, Amerika Serikat.

Perempuan kelahiran tahun 1962 ini pernah tinggal di Indonesia. Bahkan hingga 18 tahun. Oleh karena itu, kecintaannya pada batik sudah lama melekat, walau ia kini sudah kembali tinggal di kota Philadelphia, AS.

Baca Juga
Inilah 4 Hal yang Terjadi Jika Indonesia Benar-benar Memboikot Produk Amerika
Mulai dari Akhir Israel Hingga Bencana, Inilah 4 Prediksi Nostradamus Tentang 2018 yang Bikin Merinding

Donna-Backues-(americanbati
Donna Backues

Pertama kali datang ke Indonesia, ia tinggal di kota kembang, Bandung. Selama tinggal di Bandung, ia yang merupakan alumni jurusan desain grafis di salah satu Universitas di Philadelphia ini sempat mengikuti kursus membatik di sebuah pabrik batik kecil di Bandung. Pemilik usaha batik tersebut adalah pria dari Pekalongan.

Dua kali dalam seminggu, ia mendatangi tempat pembuatan batik tersebut. Perempuan yang fasih berbahasa Indonesia ini mempelajari seni batik tulis dan batik cap hingga dua tahun. Jiwa seni yang mengalir dalam dirinya, membuat ia cepat berkembang dalam belajar membatik. Apalagi di dalam pabrik pembuatan batik ini, banyak karyawan yang ramah dan ia pun senang mengobrol di sela-sela kegiatan membatiknya.

Singkatnya, pada tahun 2007, Donna memutuskan untuk kembali ke Amerika Serikat. Awalnya, ia tidak tertarik untuk kembali mengembangkan hobi membatiknya. Akhirnya, pada tahun 2013, Donna mengikuti kegiatan American BAtik Design Competition yang diselenggarakan kedutaan besar Republik Indonesia di Washington D.C.

Sejak mengikuti kompetisi tersebut, ia diminta untuk mengajar membatik di Amerika Serikat. Salah satu LSM di Amerika Serikat, Leeway Foundation memberikan hadiah sebesar Rp. 30 juta kepada Donna sebagai penghargaan atas karya-karyanya.

Salah-satu-Karya-Donna-Back
Salah satu Karya Donna Back

Tinggal di Amerika Serikat tak lantas membuat ia melupakan Indonesia. Perempuan yang memiliki website donnabackues.com ini mengaku rindu dengan Indonesia. Apalagi dengan makanan khas Indonesia yang menurutnya sangat lezat.

Ayo, jangan sampai kalah semangat traveler. Jika bule saja cinta dengan budaya negara kita, maka kita juga wajib untuk mencintainya.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu 5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget 4 Ciri-Ciri Ini Bisa Jadi Indikasi Kalau Sebuah Warung Pasang Jin Penglaris, Hati-Hati! 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Yakin deh, 25 Pose Absurd Wisatawan dengan Patung Ini Pasti Bikin Kamu Cekikikan Melihatnya Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo Dulu Mewah, Anak Pencipta Lagu Nomor Satu di Indonesia Ini Sekarang Jadi Kuli Bangunan Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Inilah Alasan Pakai Rok Saat Bersepeda Motor Sama dengan Bunuh Diri Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Inilah 6 Artis Indonesia yang Bikin ‘Superstar’ Luar Negeri Tergila-gila, Ada yang Sampai Baper Loh 7 Foto Ini Diambil Hanya Sesaat Sebelum ‘Musibah’ Datang Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia Inilah Fakta Micin, Benda yang Sering Difitnah Masyarakat Kekinian, Beneran Bikin Lemot?
BACA JUGA