Penghargaan tak hanya soal apresiasi, tapi juga bagaimana title yang diberikan bisa membuat lebih banyak orang terinspirasi untuk melakukan kebaikan yang sama. Berangkat dari filosofi ini Boomba Award pun digulirkan. Ini adalah gelaran yang pertama dan kami sangat excited dengan hal tersebut. Karena Boomba Award ini beda dengan kebanyakan ajang penghargaan.

Boomba Award memberikan apresiasi kepada siapa saja yang dinilai memang memberikan influence positif, dan lintas platform. Jadi nggak hanya musisi, artis, atau selebgram saja, tapi kami bahkan memasukkan akun Instagram dan apps ke dalam nominasi, sepanjang mereka memang memberikan nilai positif. Kejutannya, kami sudah selesai melakukan penjurian untuk Boomba Award yang pertama!

Berkaitan dengan bulan Kartini kami mengangkat nominasi-nominasi menarik. Ada tiga kategori penghargaan kali ini yakni Kartini Favorit, Aplikasi Favorit, serta Akun Instagram Favorit. Setelah bekerja siang malam di belakang meja-meja tercinta kami, akhirnya diputuskan pemenang dari masing-masing kategori tersebut, antara lain:

Kartini Favorit: Zara JKT48

Aplikasi Favorit: HAWA

Akun Instagram Favorit: skata.id, tabu_id, perempuanbergerak, lawanpatriarki

Nah, kamu pasti penasaran kenapa sih kami memilih nama-nama di atas. Berikut ini alasannya.

Zara JKT48:

Menurut kami kenapa Zara layak menang adalah karena ybs cantik bats dan orang-orang kantor kami kebetulan fans beratnya. Hehe tentu saja tidak. Kami menilai Zara layak menyandang Kartini Favorit karena ia bisa memberikan influence positif kepada para wanita, terutama dari kalangan anak muda. Film terbarunya yang berjudul “Dua Garis Biru” juga menyiratkan pesan khusus.

Zara JKT48

Bicara soal karir, Zara sendiri tergabung di JKT48 sejak 2016 lalu. Berangkat dari sini ia berkesempatan untuk berperan di beberapa film. Selain Dua Garis Biru, cewek yang ternyata cucu Acil Bimbo ini juga berperan dalam Dilan 1990 dan 1991, serta keluarga cemara. Selain main film, tentu kesibukan reguler cucu Acil Bimbo ini adalah sebagai member aktif JKT48.

HAWA:

Ada begitu banyak aplikasi yang bermanfaat untuk perempuan, namun yang menurut kami paling mantap adalah HAWA. Alasannya karena aplikasi ini memungkinkan penggunanya untuk memantau serta memprediksi kalender haid dan masa suburnya. Nggak hanya itu, ia juga menyediakan platform berita yang bermanfaat bagi wanita, mulai dari kesehatan sampai asmara.

HAWA Apps

Fitur lain yang nggak kalah bermanfaat adalah medium berbagi cerita di mana pengguna bisa berkeluh kesah untuk kemudian dibantu oleh user yang lain. Nah, karena memiliki manfaat dan fitur yang amat penting bagi wanita, maka HAWA kami pilih jadi apps terbaik wanita di bulan Kartini ini.

skata_id, tabu.id, perempuanbergerak, lawanpatriarki

Awalnya kami bingung nih memilih mana akun Instagram yang paling kece di antara semua nominasi ini. Namun setelah berdiskusi selama 48 jam lamanya akhirnya diputuskan kami memilih semua akun di atas sebagai pemenang. Alasannya karena kami menganggap masing-masing punya ciri khas tersendiri, di mana kesemuanya juga bisa memberikan pengaruh dan manfaat yang bagus untuk para follower-nya.

skata_id berfokus pada hal yang berhubungan dengan perencanaan pernikahan dan keluarga. Mereka juga concern terkait edukasi yang berhubungan dengan anak, sehingga follower-nya makin paham soal bagaimana me-manage sebuah keluarga terutama dari sisi wanita.

Skata_id [Link Instagram]
tabu.id lebih banyak membahas tentang kesehatan seksual dan reproduksi, terutama ditujukan kepada para remaja gadis. Di situ membahas mulai dari soal kesehatan fisiknya, sampai yang berhubungan dengan psikologis. Ditambah, ada banyak info di tabu.id yang jarang diketahui membuat akun ini semakin bermanfaat keberadaannya.

tabu.id [Link Instagram]
perempuanbergerak adalah akun yang berfokus pada isu-isu kesetaraan wanita. Di dalamnya dibahas soal kasus terkini terkait perempuan, edukasi-edukasi keseimbangan gender, sampai infografis bermanfaat soal fenomena wanita di zaman sekarang. Sebuah paket lengkap menurut kami, di mana seseorang bisa mengubah pandangannya terhadap wanita setelah membaca postingan-postingan di akun ini.

perempuanbergerak [Link Instagram]
Lawanpatriarki, akun ini kurang lebih hampir serupa seperti perempuanbergerak, di mana fokus mereka adalah membahas isu-isu yang berhubungan dengan kesetaraan gender. Hal yang menarik menurut kami di akun ini adalah infografisnya yang penuh dengan value. Bahasannya juga beragam mulai soal hukum sampai sosok-sosok wanita yang layak untuk dijadikan inspirasi.

lawanpatriarki [Link Instagram]
Nah, inilah para pemenang Boomba Award pertama edisi Kartini, semoga mereka-mereka ini tetap menginspirasi sehingga makin banyak orang yang ter-influence dengan nilai-nilai positif. Boomba Award pertama usai, tapi jangan khawatir, di bulan depan kami akan kembali lagi dengan nominasi-nominasi yang lebih kece. Silakan mampir ke akun Instagram kami untuk info lanjut tentang Boomba Award bulan ini ya. Jangan lupa follow 😀 😀