in

Bob Tutupoly Sempat Mengidap Stroke Sebelum Meninggal, Kenali Gejala dan Penyebabnya

Dunia musik tanah air sedang berduka. Musisi legendaris Bob Tutupoly berpulang pada Selasa (5/07/2022) dini hari. Penyanyi berusia 82 tahun itu menghembuskan napas terakhir pada pukul 00.03 WIB. Sejumlah musisi dan tokoh politik mengunggah ucapan turut berduka cita di media sosial.

Kabarnya, jenazah Bob Tutupoly akan disemayamkan di Rumah Duka RS Siloan, Semanggi. Sebelum meninggal, kondisi kesehatan sang penyanyi memang menurun. Bahkan, ia sempat menjadi sasaran hoaks yang mengatakan dirinya meninggal pada Mei lalu. Inilah informasi selengkapnya.

Derita komplikasi penyakit stroke

Bob Tutupoly wafat [sumber gambar]
Anak Bob Tutupoly, Sasha Karina Tutupoly, mengungkapkan sang ayah terkena stroke dan beberapa penyakit lain karena usia. Akibatnya, Bob harus bolak balik ke ICU sejak Desember 2021 untuk mendapatkan perawatan. Sebelum meninggal, hemoglobin Bob menurun dan akan dilakukan transfusi darah. Namun sekitar jam 23.00, ia sudah tidak merespons. Padahal, Sasha mengatakan kondisi ayahnya sempat membaik. Bahkan, Bob Tutupoly sempat akan dirawat di rumah.

Gejala stroke yang sebabkan Bob Tutupoly berpulang

Bob Tutuoply wafat [sumber gambar]

Stroke terjadi saat suplai darah ke bagian otak terhambat, sehingga jaringan otak tidak mendapatkan nutrisi dan oksigen. Sel-sel otak akan mati dalam waktu singkat. Penderita stroke akan mengalami beberapa gejala. Biasanya, mereka akan kesulitan bicara dan memahami apa yang dikatakan orang lain. Orang yang mengalami stroke juga mengalami kelumpuhan pada satu sisi tubuh, seperti lengan, wajah, atau kaki. Gejala tersebut diikuti dengan gejala lain, seperti sakit kepala dan pandangan mata kabur.

Penyebab stroke yang diderita Bob Tutupoly

Bob Tutuoply wafat [sumber gambar]
Adanya gumpalan darah atau pecahnya pembuluh darah di otak, menyebabkan penyakit stroke. Pecahnya atau penyempitan pembuluh darah di otak dapat disebabkan oleh beberapa hal, seperti trauma otak, aneurisma otak, konsumsi obat pengencer darah, dan tekanan darah tinggi. Kondisi tersebut juga bisa disebabkan karena kebiasaan merokok, mengidap penyakit jantung, diabetes, dan tingginya kadar kolesterol dalam tubuh.

Kiprah Bob Tutupoly di dunia musik Indonesia

Bob Tutupoly yang lahir pada 13 November 1993 ini, mengawali karier di dunia musik pada 1965. Pria kelahiran Surabaya ini, dikenal luas lewat puluhan lagu hits seperti Widuri, Tinggi Gunung Seribu Janji, Tiada Maaf Bagimu, dan Lidah Tak Bertulang.

Bob Tutuoply wafat [sumber gambar]
Berkat karyanya yang melegenda, ia dianugerahi Ami Legend pada 2015. Bob menjunjung tinggi prinsip disiplin dan berdedikasi dalam berkarier di dunia musik. Jenazah Bob Tutupoly akan dikebumikan di TPU Tanah Kusir Jakarta pada Kamis (7/07/2022). Kabar itu disampaikan sang anak, Sasha Karina. Namun Sasha belum bisa memastikan jam berapa jenazah akan dimakamkan.

BACA JUGA: Rima Melati Alami Dekubitus Sebelum Meninggal, Penyakit Apa Itu dan Bagaimana Gejalanya?

Meski telah berpulang, namun karya-karya Bob Tutupoly akan selalu dikenang para penggemarnya. Dedikasi yang diberikan pada Bob Tutupoly berkontribusi besar dalam perkembangan dunia musik Indonesia. Selamat jalan sang legenda.

Written by F A Agustina

Pesta Sabu sampai Otak Pembunuhan, 4 Tindakan Tak Terpuji Aparat yang Tak Patut Dicontoh

Fakta Kerusuhan Babarsari, Sebabkan Fasilitas Rusak sampai Tangan Korban Salah Sasaran Putus