in

Rima Melati Alami Dekubitus Sebelum Meninggal, Penyakit Apa Itu dan Bagaimana Gejalanya?

Aktris senior Rima Melati meninggal dunia
Aktris senior Rima Melati meninggal dunia.

Dunia hiburan Tanah Air kembali diselimuti kabar duka. Aktris senior Marjolien Tambajong atau lebih dikenal sebagai Rima Melati meninggal dunia pada Kamis (23/6/2022). Berita tersebut pertama kali diketahui melalui Instagram Story Marisa Tumbuan, menantu Rima Melati. Jenazah Rima Melati kini tengah disemayamkan di Rumah Duka Sentosa RSPAD Gatot Soebroto. Rencananya, jenazah Rima akan dimakamkan di Tanah Kusir pada Minggu (26/6/2022).

Rima Melati diketahui menderita dekubitus yaitu luka pada kulit dan jaringan di bawahnya. Akibat dari penyakit tersebut, Rima mengalami demam tinggi sehingga harus menjalani perawatan intensif di RSPAD Gatot Soebroto sebelum meninggal dunia. Rima juga rutin cuci darah dua hari sekali karena ia mengalami gagal ginjal. Apa itu dekubitus? Seperti apa gejala dekubitus dan cara mencegahnya? Simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

Kisah di balik nama Rima Melati

Nama asli Rima Melati adalah Marjolien Tambajong dengan panggilan Lientje. Saat mengandung anak kedua, ia ingin memberi nama anaknya Rima yang terinspirasi dari tokoh film Green Mansion (1959). Namun, ia mengalami keguguran. Ia pun ingin menggunakan nama Rima untuk dirinya sendiri.

Rima Melati saat masih sehat. [Sumber Gambar]
Rima Melati saat masih sehat. [Sumber Gambar]
Rima Melati kecil dulu sering diajak sang ayah mengunjungi Soekarno saat masih tinggal di Yogyakarta. Sehingga hubungan mereka terbilang dekat. Kemudian ia menceritakan perihal nama itu kepada Soekarno. Mantan presiden pertama Indonesia tersebut pun menambahkan kata Melati. Jadilah sejak saat itu, Marjolien Tambajong dikenal sebagai Rima Melati.

Rima Melati bintangi lebih dari 100 film

Jenazah Rima Melati disemayamkan di rumah duka. [Sumber Gambar]
Jenazah Rima Melati disemayamkan di rumah duka. [Sumber Gambar]

Rima Melati merupakan aktris senior yang telah malang melintang di dunia hiburan Tanah Air selama sekitar 60 tahun. Rima memulai karir aktingnya dengan membintangi film pada 1958. Ia pun akhirnya mendapatkan peran utama dalam film Kasih Tak Sampai pada 1961. Sejak saat itu, Rima membintangi lebih dari 100 film. Ia pun bermain peran di beberapa judul sinetron yang tayang di televisi nasional. Selain dikenal sebagai aktris, Rima pun pernah menjadi penyanyi yang tergabung dalam grup Baby Dolls.

Dekubitus muncul akibat tubuh yang tertekan lama

Rima Melati semasa hidup. [Sumber Gambar]
Rima Melati semasa hidup. [Sumber Gambar]
Rima Melati diketahui menderita sejumlah penyakit. Seperti kanker payudara sehingga ia menjalani kemoterapi. Ia juga menderita gagal ginjal dan dekubitus sebelum meninggal dunia. Dekubitus atau disebut juga bed sores merupakan penyakit yang timbul akibat luka pada bagian tubuh tertentu yang tertekan terlalu lama. Misalnya karena posisi tubuh yang tidak berganti dalam waktu cukup lama.  Umumnya, luka muncul di bagian tumit, siku, pinggul, dan tulang ekor.

Penyebab dekubitus

Ilustrasi orang berbaring di kursi roda. [Sumber Gambar}
Ilustrasi orang berbaring di kursi roda. [Sumber Gambar]
Penyebab utama dekubitus yaitu adanya tekanan dan gesekan pada kulit yang tertekan terlalu lama. Akibatnya, aliran darah yang mengalir ke bagian tersebut tidak lancar sampai menimbulkan luka. Ada juga beberapa faktor yang meningkatkan risiko dekubitus. Di antaranya adalah turunnya kemampuan indra perasa, kekurangan cairan dan nutrisi, dan gangguan aliran darah.

Gejala dekubitus

Ilustrasi pasien di rumah sakit. [Sumber Gambar]
Ilustrasi pasien di rumah sakit. [Sumber Gambar]
Gejala dekubitus muncul berdasarkan tingkat keparahan penyakit. Terdapat 4 tingkatan dengan gejala tersendiri. Pada tingkat 1, gejala dekubitus terlihat dari perubahan warna pada bagian tubuh tertentu biasanya menjadi kebiruan atau kemerahan disertai rasa gatal atau sakit. Kemudian akan muncul luka lecet atau luka terbuka jika sudah masuk tingkat dekubitus ke-2. Apabila luka terbuka tersebut tidak ditangani maka akan semakin dalam sampai ke lapisan kulit dalam yang termasuk tingkat 3. Pada tingkat 4, luka akan mencapai otot dan tulang.

BACA JUGA: Mantan Jubir Satgas Covid-19 Derita Kanker Usus Sebelum Meninggal, Kenali Gejala dan Penyebabnya

Apabila orang di rumahmu sedang sakit yang membuatnya berbaring atau duduk di kursi roda dalam waktu lama, perlu mewaspadai dekubitus. Jika ia mengalami demam atau luka bengkak dan keluar nanah maka segera bawa ke dokter.

Written by Galih Hayu

Suhu Di Makkah Capai 50 Derajat Celsius, Puluhan Jemaah Haji Jatuh Sakit hingga Kaki Melepuh

Ilmuwan Sebut Matahari di Usia Paruh Baya, Perilaku Menyimpang sampai Prediksi Akan Meledak