BMKG Telah Mencabut Peringatan Tsunami

oleh Admin
17:16 PM on Nov 16, 2014

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyatakan telah terjadi kenaikan gelombang sekitar 30 cm di Pantai Sorong, Papua, pukul 12.41 WIT. “Teramati kenaikan riak gelombang di Pantai Sorong tapi tidak konklusif tsunami,” kata Andi Eka Sakya, Kepala BMKG, Sabtu (15/11).

BMKG mengeluarkan peringatan dini tsunami akibat gempa bumi berkekuatan 7,3 Skala Richter yang terjadi di Kabupaten Halmahera Barat dan sekitarnya. Peringatan dini tsunami dikeluarkan setelah terjadi gempa 7,3 SR pada pukul 09.31 WIB dengan lokasi 1.95 Lintang Utara, 126.46 Bujur Timur dengan kedalaman 48 kilometer laut BitungĀ atau 160 km barat laut Ternate.BMKG Telah Mencabut Peringatan Tsunami

Baca Juga
10 Ilustrasi Ini Bikin ‘Kids Zaman Now’ Sadar Bahwa Perbuatannya Sungguh Merugikan
5 Daerah di Indonesia Ini Berhasil Cetak Wanita Cantik dan Berpendidikan Tinggi, Jomblo Masuk

Berdasarkan data-data yang ada, BMKG menyebutkan telah terdeteksi gelombang dengan ketinggian 0,09 meter di Jailolo pada pukul 09,43 WIB pascagempa. “Masyarakat diminta tidak panik, namun tetap waspada. Segera menjauhi daerah yang berpotensi terjadinya tsunami di sekitar lokasi titik gempa,” ucap Andi.

Warga sempat panik ketika terjadi gempa. Mereka segera berhamburan pergi meninggalkan rumah dan sempat diminta untuk menjauhi pantai. Di Gorontalo, Sulawesi Utara, para siswa dan guru sekolah yang sedang mengikuti kegiatan belajar mengajar berlarian meninggalkan kelas-kelas mereka. Sedangkan di Manado, dilaporkan ada sejumlah kerusakan, namun tidak menyebabkan korban meninggal atau luka-luka.

BMKG dalam keterangannya menyatakan bahwa peringatan dini tsunami yang disebabkan gempa berkekuatan 7,3 pada skala Richter dinyatakan telah berakhir. Pusat gempa berada pada kedalaman 48 kilometer di barat laut Kota Ternate.

Pusat Peringatan Tsunami Pasifik di Hawaii sebelumnya memperingatkan kemungkinan munculnya gelombang dengan tinggi hingga satu meter, namun ahli gempa mengatakan pada Sabtu sore waktu Indonesia timur, potensi ini tidak lagi dinyatakan sebagai ancaman.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Kocak, Obrolan Orang Mesum PDKT Ngajak Chatting Endingnya Malah Bikin Ngakak 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia 10 Postingan Nyeleneh Pengguna Medsos Pamer Kemesraan, Berasa Pingin Nampol Lihatnya Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya 14 Tahun Berlalu, Begini Kabar Pemain Sinetron “Di Sini Ada Setan” yang Dulu Bikin Kamu Bergidik Ngeri Belum 30 Tahun, 5 Cewek Cantik Zaman Now Ini Sudah Bergelimang Harta, Hampir Saingi Syahrini! Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an Dulu Dianggap Naturalisasi Gagal Bersinar, Kini Nasib Van Beukering Malah Bikin Melongo Mulai dari Tikus hingga Lumpur, Inilah 4 Negara Miskin yang Konsumsi Makanan Seadanya
BACA JUGA