Ada pepatah yang mengatakan ‘semakin tinggi sebuah pohon, semakin kencang angin akan menerpa’, begitulah hal yang dialami oleh mantan istri Alm. Ustad Jefri Al Buchori, Pipik Dian Irawati atau yang kerap di sama Umi Pipik. Sejak beberapa bulan terakhir, Umi Pipik mantap menutup sempurna auratnya dan memutuskan memakai cadar. Namun, belakangan ini dirinya kerap diterpa isu miring, dari menikah siri hingga menjadi pelakor.

Menanggapi hal tersebut, Umi Pipik cukup tegar dan tidak memberi komentar apapun tentang dirinya. Berbagai gossip malah menguatakan Umi untuk tetap melangkah dan berhijrah ke ranah yang lebih baik. Bisa sampai hingga titik ini, rekam jejak Umi Pipik mungkin bisa menjadi inspirasi untuk muslimah zaman now.

Umi Pipik muda mengawali karier sebagai model majalah Aneka

Terlahir dengan paras cantik tentu menjadi nilai plus tersendiri untuk seorang perempuan. Jauh sebelum seperti sekarang, Umi Pipik muda terjun ke dunia selebriti sebagai model sebuah majalah remaja tahun 1995, Aneka. Sebagai model tentu Umi Pipik sering tampil seksi dengan pakaian terbuka. Ia tambah dikenal setelah menjadi bintang dalam sebuah video klip Stinky, band yang digawangi oleh Andre Taulany pada era 90-an. Video berdurasi hampir 5 menit tersebut memang menampilkan Umi Pipik dalam balutan seksi busana pantai. Inilah yang bikin heboh netijen belakangan ini!

Meninggalkan dunia model dan menikah dengan Uje

Pernikahan Umi Pipik dan Uje [Image source]
Umi Pipik tak lama menggeluti dunia model, pada tahun 1999 ia memutuskan untuk menikah dengan Ustad Jefri Al-Buchori dan fokus mengurus rumah tangganya. Seteah menikah,Umi Pipik merubah penampilan menjadi lebih tertutup dan berjilbab. Uje yang ketika itu juga memiliki masa lalu sebagai pecandu narkoba dan akrab dengan dunia malam juga mulai berbenah. Dari pernikahannya, mereka dikaruniai 4 anak, Adiba Khanza Az-Zahra, Abidzar Al Ghifari, Ayla Azuhro, dan Attaya Bilal Rizkillah. Rumah tangga Umi Pipik dan Uje sangat jauh dari dari isu tak sedap, bahkan sampai Uje meninggal pada 2013.

Perjalanan cinta yang dimuat dalam film ‘Hijrah Cinta’

Uje dan Umi Pipik [Image source]
Film ‘Hijrah Cinta’ rilis satu tahun setelah Uje meninggal. Ya, film ini berkisah tentang kehidupan keduanya sebelum menikah serta hal yang menjadi warna dalam pernikahan. Umi Pipik menuturkan kalau ketika awal masa pernikahan, Uje adalah sosok yang tempramen, gampang terpancing emosinya bahkan pernah overdosis. Tapi kesabaran Umi Pipik berbuah manis ketika Uje bilang mau tobat dan berhijrah.

Tak goyah walaupun diterpa gossip miring

Umi Pipik dan Sunu [Image source]
Selama beberapa bulan terakhir tahun 2017 kemarin, jagad maya heboh dengan pemberitaan nikah siri Umi Pipik dan Sunu –eks Matta Band-. Berbagai media sosial bahkan tak ragu untuk menyebut Umi Pipik sebagai pelakor alias perebut laki orang. Sayangnya, pemberitaan yang santer tak membuat perempuan empat anak ini goyah, seolah sudah tahan banting dengan gossip tak sedap, Umi Pipik tak ambil pusing dengan segala pemberitaan negative dirinya.

Mantap memutusan bercadar

Umi Pipik mantap bercadar [Image source]
Bagi seorang Pipik menjadi muslimah seutuhnya bisa dilakukan dengan menutup semua aurat, inilah yang membuat Umi mantap memilih untuk bercadar. Punya keinginan sejak tahun 2015, namun baru terealisasi di tahun 2017 lalu. Karena memutuskan memakai cadar, Umi Pipik mengaku dirinya sempat kehilangan tawaran pekerjaan karena penampilannya itu dinilai terlalu ekstrem.

Menjadi ayah sekaligus ibu bukanlah peran mudah, tapi berbekal kesabaran Umi Pipik bisa menghadapi semuanya. Sosoknya yang sekarang aktif menggeluti dunia dakwah bisa dijadikan inspirasi contoh real, muslimah yang tangguh dan tak goyah menerjang setiap pemberitaan negative. Yang penting toh memperbaiki diri!