Berbicara kegiatan pemain bola setelah pensiun tentu ada banyak. Mulai melanjutkan karier di dunia pelatih, membuka usaha, atau berinvestasi dengan pundi-pundi uangnya. Khusus, hal terakhir tersebut ternyata kini mulai banyak pesepakbola membelanjakan tabungannya untuk membeli sebuah klub. Meski bukan tim besar yang diakusisi, namun cukuplah untuk membuat mereka menjadi bos.

Selain itu, waktu panjang yang dimiliki mereka setelah gantung sepatu, juga membuat berinvestasi bisa dikatakan menjadi sebuah pilihan cocok. Hal ini lantaran, selain bisa mendapatkan pengalaman baru di sepak bola, para pensiunan itu juga bisa fokus mengelola tim. Keuntungan lainnya adalah pundi-pundi uang mereka juga bisa berkembang. Lalu siapa sajakah, mantan pesepakbola top mempunyai klub? Berikut daftranya.

Bintang Brazil, Ronaldo Nazario membeli klub Spanyol

Ronaldo dan Valladolid [Sumber Gambar]
Pada bulan September lalu, secara mengejutkan sosok legenda Brazil yakni Ronaldo Nazzario mengakusisi sebuah klub dari Spanyol. Menggelontorkan dana 30 juta Euro atau setara dengan 516 miliar, mantan Real Madrid kini menjadi mantan pemain yang memegang 51% saham Real Valladolid. Melansir laman Bola.Okozone.com, alasan membeli klub ini adalah ingin membangkitkan klub dan juga mengembangkannya. Rasa cintanya kepada kota ini Valladolid juga menjadi alasan lain ia mau untuk membeli kesebelasan ini. Valladolid sendiri kini berada di peringkat 15 La Liga Satander.

Legenda Manchester United, Beckham mengakusisi klub Negri Paman Sam

Beckham dan Miami [Sumber Gambar]
Seperti halnya mantan rekannya di Real Madrid tersebut, David Beckham juga menjadi pesiunan lapangan hijau yang kini mempunyai sebuah klub sepak bola. Melansir laman Kompas.com, pria asal Inggris ini mengakusisi salah satu kesebelasan yang ada di Liga Amerika (MLS). Dilansir Boombastis dari laman PanditFootball, rencananya di klub bernama Inter Miami FC itu, David bercita-cinta membangun akademi terbaik. Nantinya, kami ingin menjadi pusat pengembangan pemain muda di Amerika wilayah ini. Selain hal tersebut, kini mantan pemain AC Milan itu juga sedang menyusun rencana pembangunan stadion.

Salah satu Klub MLS, dimiliki Didier Drogba

Didier Drogba [Sumber Gambar]
Masih berbicara tentang mantan pemain mempunyai klub bola. Didier Drogba juga menjadi nama yang saat ini menjadi pemilik klub. Seperti halnya Beckham tadi, mega bintang Pantai Gading juga mengakusisi kesebelasan dari Negeri Paman Sam Bernama Phoenix Rising, klubnya tersebut kini berlaga di kompetisi kasta kedua (United Soccer League). Berkat mempunyai tim itu, kini Drogba menjadi pemain dan pemilik klub pertama dalam sejarah dunia sepak bola. Alasannya membeli Phoenix Rising sendiri, selain untuk mengembangkan klub adalah bentuk persiapan dirinya menyambut masa senja. Kini Drobga berada di usia kepala empat.

Klub divisi enam Inggris, Salford dibeli Anggota Class United 99

Pemilik klub Salford City [Sumber Gambar]
Selain nama-nama tadi, Class United 99 juga mengakusisi klub sepak bola. Meski berasal dari non liga, namun Ryan Giggs, Paul Scholes, Nicky Butt dan Neville bersaudara, Gary serta Phil kini mengendalikan penuh operasinya. Di bawah kepemimpinan mereka kini Salford City menunjukkan prestasi menanjak dengan mampu lolos ke liga nasional Inggris kasta kelima. Cukup menjadi bukti kalau tim ini dikelola dengan niat yang besar dari pemiliknya.

BACA JUGA: 4 Konglomerat Timur Tengah yang ‘Hambur-Hamburkan’ Uangnya di Jagad Sepak Bola

Melihat langkah mereka untuk berinvestasi, tentu menjadi hal patut di contoh untuk banyak para pensiun lapangan hijau lainnya. Pasalnya, dengan hal itu mereka berpeluang besar semakin menambah isi dompet setelah tidak lagi mendapat bayaran. Selain itu juga bisa menjadi persiapan untuk menghadapi hari tua.