Selain konglomerat asal Timur Tengah, ternyata sepak bola Eropa juga tengah di invasi oleh miliarder asal Asia Tenggara. Dengan pundi-pundi uang yang besar mereka membeli sejumlah klub di kompetisi elite Benua Biru. Seperti salah satunya adalah orang terlanjur kaya asal Malaysia yakni Vincent Tan yang kini jadi pemilik saham terbesar di salah satu klub kasta teratas kompetisi Inggris.

Ngomong-ngomong tentang Vincent Tan pastinya sahabat Boombastis masih asing mendengar namanya. Apalagi untuk pencinta bola zaman now, tentunya pria Malaysia itu meninggalkan tanda taya yang besar. Nah, untuk menjawab rasa penasaranmu tentang salah satu orang kaya Negeri Jiran ini. Berikut saya berikan faktanya untuk kalian.

Pemilik klub promosi Premier League Cardiff City

Sebagai seorang orang kaya ternyata Vincent Tan memiliki ketertarikan terhadap olahraga. Seperti mencium bau keuntungan akhirnya pada priode 2013-an ia membeli salah satu klub yang ada di kompetisi Inggris. Kendati sempat memunculkan kegaduhan dengan kebijakan abrsud Tan, namun seiring berjalannya waktu klub tersebut merasakan buah manisnya.

Vincent Tan menyaksikan pertandingan Cardiff City [Sumber Gambar]
Kini klub identik kostum biru mampu promosi dan masuk kasta teratas Liga Inggris. Dalam kiprahnya klub milik konglomerat Malaysia itu tengah duduk di peringkat 16 klasemen dengan mengumpulkan poin dua dari empat pertandingan.

Sempat jadi pemegang saham tertinggi sejumlah klub Liga Eropa

Selain menjadi pemilik saham tertinggi Cardiff City, ternyata pria 66 tahun ini juga sempat jadi bos di sejumlah klub Eropa. Tercatat ada satu kesebelasan kasta tetinggi Liga Belgia dan Bosnia yang Tan miliki. Ketika melebarkan sayap di Bosnia pria asal Negeri Jiran membeli FK Sarajevo. Sedangkan ketika di Eropa Barat, ia miliki klub bernama KV Kortrijkt dengan 5 Juta Euro.

Tan memiliki FK Sarajevo [Sumber Gambar]
Dari beberapa kesebelasan Benua Biru yang dimiliki oleh Vincent Tan prestasi terbaik yang didapatkan adalah gelar juara di kompetisi Bosnia dan bantu Cardiff City promosi ke kasta teratas seperti yang telah dijelaskan tadi. Selain Eropa, Tan rupanya masih punya satu klub lagi di jagad sepak bola Amerika Serikat.

Miliader yang rajin mendonasikan kekayaannya untuk kegiatan amal

Kiprah Vicent Tan sebagai orang kaya bisa dibilang tidak hanya digunakan untuk mengumpulkan pundi-pundi uang saja. Lewat perusahaannya yang tersohor yakni Berjaya Group, ia kerap mendonasikan uangnya untuk amal. Melansir laman Liputan 6, bersama mitra bisnisnya Gawd Kalinga Tan sudah membangun ratusan rumah di Filipina.

Vincent Tan mendonasikan sebagian kekayaan [Sumber Gambar]
Perilaku positif yang dilakukannya ini adalah bentuk balas budi terhadap orang-orang miskin. Menurutnya tidak ada orang kaya di dunia tanpa bantuan mereka yang memiliki ekonomi yang sulit. Selain Filipina pria 66 tahun juga membantu mereka yang tidak mampu di tanah Malaysia.

Orang kaya yang sempat tidak tamat dalam urusan pendidikan

Apa yang didapatkan oleh Vincent Tan bisa dibilang bukanlah buah kerja yang biasa-biasa saja. Di balik tumpukan uang yang menggunung, ia memiliki sebuah kisah perjuangan kerja keras yang luar biasa hebat. Melansir laman Viva.com, Tan dulunya merupakan salah satu pelajar yang tidak tamat/ lulus dalam pendidikannya.

Ilustrasi Tan gagal lulus sekolah [Sumber Gambar]
Namun keterbatasan tersebut tidak pernah sekalipun menghalanginya untuk sukses. Banyak usaha besar yang dimilikinya, mulai bisnis makanan cepat saji seperti Mcdonald sampai bidang olahraga Toto Sport. Melihat rilisan orang kaya yang dikeluarkan oleh majalah Forbes tahun 2010 ia memiliki kekayaan sejumlah 1.6 Miliar Dollar atau setara 16 triliun rupiah.

Beberapa ulasan ini menjadi gambaran, jika tidak semua keberhasilan ditentukan oleh tingkat pendidikan. Vincent Tan membuktikan meski tidak tamat sekolah tapi ia bisa menjadi orang sukses dan miliarder Asia Tenggara. Kendati bukan faktor penentu utama, namun sejatinya pendidikan tetap barang penting untuk kehidupan.