Sangar! Cuma Modal YouTube Pria Kamboja Ini Bisa Bikin Pesawat Terbang Sendiri

Ini menjadi contoh pemanfaatan teknologi yang semestinya.

oleh Faisal Bosnia Ahmad
12:00 PM on Jun 11, 2017

Zaman sekarang inspirasi bisa diperoleh dari mana saja. Terutama semenjak kehadiran teknologi yang semakin canggih dan akses internet yang semakin baik. Cukup masukkan beberapa kata pendukung yang berkaitan dengan apa yang sedang kamu pikirkan di mesin pencari dan hasilnya akan langsung keluar dalam hitungan detik.

Contoh termutakhir dari kasus semacam ini datang dari Kamboja. Ada seorang montir yang tinggal di pedesaan yang mendadak tenar lantaran mampu merancang sebuah pesawat tanpa bantuan orang lain. Satu hal yang membikin kisah ini luar biasa, adalah karena pria ini hanya mempelajarinya lewat internet, lebih tepatnya bantuan YouTube.

Baca Juga
Nggak Semua Pejabat #SukaKemewahan, 5 Sosok Ini Malah Hobi Naik Transportasi Umum
Sang Ibu Terserang Kanker Ganas, Perjuangan 2 Bocah Ini Mengharukan, Siap-siap Tisu!

Anak petani yang punya mimpi selangit

Paen Long namanya. Ia hanya orang biasa yang hidup di pedesaan Kamboja. Paen adalah anak seorang petani yang dibesarkan di era pemulihan akibat konflik berkepanjangan yang melibatkan Khmer Merah.

Penampakkan bengkel kecil milik Paen Long. [Image Source]
Sejak kecil kecintaan Long terhadap kendaraan udara sudah muncul tatkala dirinya melihat sebuah helikopter yang melintas di langit wilayahnya. Meski saat ia kecil jarang ada pesawat yang mengudara di Kamboja, namun ia tahu kalau kendaraan itu ada dan ia terus bermimpi agar suatu saat nanti dapat menerbangkan pesawatnya sendiri.

Mimpi indah dan ambisius itu sempat harus dikubur oleh Paen. Biar bagaimanapun ia harus mencoba ikhlas menerima fakta bahwa ia anak petani, bukan miliuner. Ia juga harus putus sekolah karena suatu alasan dan menyibukkan dirinya dengan bekerja sebagai montir. Tak disangka, justru profesi non-pertanian inilah yang kelak akan membantu merajut mimpinya.

Berkat YouTube, ia mulai merajut mimpinya

Memasuki usia kepala tiga, Paen justru semakin bersemangat mewujudkan fantasi kecilnya. Di sebuah garasi kecil miliknya, ia pun mulai menyusun tangga impiannya. Ketika istrinya terlelap, Paen selalu terjaga di malam hari untuk mewujudkan mimpinya sedikit demi sedikit. Adalah YouTube, media yang paling berjasa membantunya.

Gigih dalam berkarya. [Image Source]
Ia mengaku awalnya hanya mengetikkan kata “jet” dan YouTube kemudian memperlihatkan deretan video yang menunjukkan pesawat lepas landas dan mendarat, simulasi penerbangan, hingga tur ke virtual ke pabrik pesawat terbang. Ia pun mulai mempelajari seluk beluk pembuatan pesawat lewat video pembuatan pesawat yang ia temukan di situs streaming video ini.

Sadar bahwa membuat pesawat tak sama dengan menjual kacang goreng, ia kemudian memutuskan untuk menabung banyak uang. Di garasi kecil tersebut, setiap malamnya, ia terus merancang pesawat impiannya. Semua proses melelahkan ini ia jalani selama tiga tahun lamanya.

Pesawat ciptaannya punya konsep dasar seperti pesawat Jepang yang digunakan dalam Perang Dunia II. Pesawat tersebut punya rentang sayap 5,5 meter dengan satu kursi dalam kokpit. Sebagian besar komponen disusun dari bahan daur ulang, seperti kursi pilot yang merupakan kursi plastik hingga panel kontrol hasil modifikasi dasbor mobil.

Kegagalan pertama yang disambut gelak tawa para warga

Usaha Paen mendapat cibiran dari warga sekitar. Namun, tak sedikit pula yang mengagumi kegigihannya. Mereka menganggap Paen sebagai orang yang “gila” dalam artian yang baik tentunya.

Hampir semuanya terbuat dari bahan daur ulang. [Image Source]
Setelah pesawat ini benar-benar rampung, Paen mulai melakukan uji coba. Dengan bantuan beberapa orang, Paen membawa pesawat ini ke jalan raya yang ia pikir sudah cukup menjadi tempat lepas landas. Usahanya ini disaksikan oleh sekitar 200 hingga 300 orang.

Paen akhirnya berhasil menerbangkan pesawat itu. Tapi, tak begitu tinggi. Hanya 50 meter, itupun menurut klaim dirinya. Hingga akhirnya pesawat tersebut menghantam tanah. Bukannya ditolong, orang-orang malah menyambutnya dengan gelak tawa. Paen sempat berderai air mata atas sikap warganya tersebut.

Bertekad kembali untuk beraksi dan terbang bersama pesawat impiannya

Namun, bukan Paen namanya jika menyerah begitu saja. Tak mau terlalu lama meratapi kegagalannya, Paen kemudian mulai mengerjakan proyek baru. Kali ini ia membangun pesawat amfibi yang menurutnya punya bobot lebih ringan dibanding pesawat ciptaan pertamanya yang gagal.

Akan kembali beraksi meski sempat dicibir. [Image Source]
Biaya pembuatannya saja, meski sama-sama berbahan daur ulang, tetap tidak murah loh. Nominalnya sekitar USD3.000 atau sekitar Rp39 juta jika dirupiahkan. Padahal, upah rata-rata penduduk Kamboja hanya sekitar Rp2 jutaan saja. Namun, Paen sudah bertekad untuk mencurahkan semua tenaga, waktu, dan biaya yang ia punya.

Banyak orang yang mengkhawatirkan dirinya, termasuk sang istri, Hing Muoyheng. Ia takut terjadi hal buruk pada suaminya. Padahal kedua anak mereka masih berusia belia. Tapi, sama seperti sebagian orang di kampungnya, Hing mendukung aksi suaminya.

Saat ini, Paen masih meninjau karyanya. Apabila tak ada aral melintang, Juli nanti ia siap kembali beraksi. Tentu saja hal buruk bisa terjadi. Namun, Paen sudah siap dengan segala risiko yang mungkin akan ia hadapi.

Itulah Paen, ketika kebanyakan orang mengunjungi YouTube hanya untuk nonton video musik, video game, atau keseharian YouTuber yang relatif tak banyak berfaedah, Paen justru memanfaatkan media gratisan ini sebaik mungkin. Inilah pelajaran berharga yang bisa kita petik darinya selain tentu saja kegigihannya untuk mewujudkan ambisi masa kecilnya.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan 5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Yakin deh, 25 Pose Absurd Wisatawan dengan Patung Ini Pasti Bikin Kamu Cekikikan Melihatnya 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo 4 Ciri-Ciri Ini Bisa Jadi Indikasi Kalau Sebuah Warung Pasang Jin Penglaris, Hati-Hati! Inilah Alasan Pakai Rok Saat Bersepeda Motor Sama dengan Bunuh Diri Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya Dulu Mewah, Anak Pencipta Lagu Nomor Satu di Indonesia Ini Sekarang Jadi Kuli Bangunan Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia 7 Foto Ini Diambil Hanya Sesaat Sebelum ‘Musibah’ Datang Kocak, Obrolan Orang Mesum PDKT Ngajak Chatting Endingnya Malah Bikin Ngakak Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis
BACA JUGA