in

Bikin Bangga! Inilah 6 Fakta Tentang Indonesia yang Membuat Kagum Negara Lain

Pernahkah kamu berfikir jika ada banyak sekali fakta tentang Indonesia yang membuat negara lain tercengang dan kagum. Tak hanya sebatas tambang, destinasi yang indahnya luar biasa, serta orangnya yang ramah saja. Beberapa negara di dunia bahkan mencatat Indonesia sebagai negara yang pernah berinteraksi dengan mereka dalam sebuah peradaban.

Selama ini fakta apa saja yang sudah kamu ketahui tentang Indonesia, yang mungkin belum banyak diketahui orang lain? Nah, kali ini Boombastis akan mengupas tuntas tentang fakta negara kita yang membuat negara lain tercengang. Cekidot!

Congklak yang merupakan permainan tertua di dunia

Congklak

Pernah bermain Congklak? Ketika masih SD, Congklak adalah hal yang sering sekali dimainkan oleh anak perempuan. Nah, permainan lawas yang menggunakan batu dan lumbung ini adalah permainan tertua di dunia loh. Congklak sendiri dibawa oleh para pedagang dari India dan Arab ke Asia Tenggara pada abad ke 15. Dengan cara menggunakan batu yang dimasukkan ke dalam 16 lubang, yang paling banyak memperoleh biji akan menjadi pemenang. Ada filosofi tersembunyi di balik Congklak ini loh. Biji yang digunakan sebagai media utama tersebut adalah bentuk penghormatan kepada para nenek moyang kita.

Jumlah anak muda Indonesia setara 4 negara tetangga

Anak Muda Indonesia

Negara Indonesia itu dikenal dengan penduduknya yang banyak dan padat, tentunya generasi muda yang kita miliki juga menjamur. Faktanya, jika ingin dibandingkan dengan jumlah anak muda di negara lain, maka hal tersebut sama saja seperti jumlah penduduk di 4 negara tetangga, mencakup Malaysia, Singapura, Australia, dan Thailand. Hal ini seharusnya jadi kebanggaan, potensi Indonesia itu lebih besar dari negara lain bukan?

Memiliki cadangan gas alam dan tambang terbaik di dunia

Tambang emas Freeport

Lihat saja berapa banyak pihak asing yang datang demi kekayaan alam Indonesia? Contohnya Freeport, tambang belerang, minyak bumi? Negara kita sebenarnya sangat kaya, hanya saja orang-orang di dalamnya masih belum bisa memanfaatkan hal tersebut dengan baik, sehingga masuklah campur tangan asing. Emas yang ada di bumi Indonesia dikenal sebagai logam mulia terbaik yang pernah ada, penambangan migas di Pulau Natuna nilainya juga mencapai triliunan rupiah. Apakah masih rela kalau kekayaan milik kita masih dikuasai pihak asing?

Bencana dahsyat yang efeknya dirasakan negara lain

Penampakan letusan Krakatau

Fenomena letusan Krakatau yang terjadi pada 27 Agustus 1883 menjadi bencana yang akan dikenang oleh dunia mana pun juga. Pasalnya, gunung yang terletak di Selat Sunda ini memuntahkan material di dalamnya hingga menewaskan setidaknya 120 ribu jiwa manusia. Letusan Krakatau ini 10.000 kali lebih kuat dari bom atom yang meluluhlantakkan Hiroshima dan Nagasaki di Jepang, dahsyat sekali bukan Saboom? Tercatat dalam sejarah akibat letusan ini berdampak terhadap iklim seluruh dunia. Selain itu, juga membuat terhentinya perekonomian kolonial selama berabad-abad.

Flora dan Fauna terbesar dunia ada di Indonesia

Komodo dan Rafflesia

Kaya akan satwa dan tumbuhan membuat Indonesia memiliki flora dan fauna terbesar di dunia. Komodo yang ada di Indonesia bukan hanya spesies kadal yang ada di dunia saja, hewan ini disebut sebagai generasi Dinosaurus yang masih bertahan di dunia hingga kini. Negara tropis Indonesia juga merupakan rumah tinggal untuk jenis bunga terbesar di dunia, yaitu Rafflesia Arnoldi atau sering disebut sebagai bunga bangkai karena berbau busuk.

Garis pantai terpanjang yang dikagumi dunia

Garis pantai Indonesia

Nah, kalau yang satu ini sudah jangan diragukan lagi jika Indonesia adalah negara dengan garis pantai terpanjang. Lihat saja seberapa panjangnya pantai selatan, atau pantai yang ada di pulau Lombok dan Bali. Tercatat dalam rekor jika garis pantai Indonesia mencapai 85.000 km. Ya, tak heran jika turis mancanegara sangat suka sekali berplesir ke Indonesia.

Nah, Saboom itulah tadi 6 fakta tentang Indonesia yang bisa membuat kagum. Indonesia itu hebat, Indonesia itu kaya, Indonesia itu punya potensi untuk membuat negara lain bertekuk lutut. Namun, mungkin ada yang masih harus kita benahi untuk menjadikan negara ini dikenal dunia, bukan hanya didatangi untuk kemudian dikuras kekayaannya. Nah, hal ini tentu menjadi tugas kalian para generasi muda. Apakah sudah siap membangun Indonesia?

Written by Ayu

Ayu Lestari, bergabung di Boombastis.com sejak 2017. Seorang ambivert yang jatuh cinta pada tulisan, karena menurutnya dalam menulis tak akan ada puisi yang sumbang dan akan membuat seseorang abadi dalam ingatan. Selain menulis, perempuan kelahiran Palembang ini juga gemar menyanyi, walaupun suaranya tak bisa disetarakan dengan Siti Nurhalizah. Bermimpi bisa melihat setiap pelosok indah Indonesia. Penyuka hujan, senja, puisi dan ungu.

Leave a Reply

Inilah 5 Fakta Golongan Darah A, Si Perencana Ulung yang Selalu Bisa Dijadikan Andalan

Dulu Tampan Sekarang Cantiknya Kebangetan, 5 Artis Transgender Ini Tak Malu Akui Statusnya