Gay, Lesbian, serta Transgender merupakan topik yang sedikit tabu untuk diperbincangkan di negeri ini. Meskipun begitu, ada beberapa orang yang mengatasnamakan Hak Asasi Manusia dan tidak malu mengakui dirinya sebagai bagian dari tiga golongan tersebut. Akhir-akhir ini problema transgender seringkali dibahas oleh akun gosip @lambe_turah.

Hal tersebut berkaitan dengan Lucinta Luna, penyanyi dangdut yang diduga sebagai transgender tetapi tidak mengakui hal tersebut. Namun, di sisi lain, sudah ada banyak public figure tanah air yang berani mengakui bahwa dirinya adalah seorang transgender. Bahkan, kecantikannya sudah 10x lipat dari wanita asli. Penasaran siapa mereka? Simak ulasannya berikut ini.

1. Dena Rachman, kecantikannya fix bikin kaum hawa ngiri

Dena Rachman Now [sumber gambar]
Ngaku generasi ‘90an? Kamu pasti kenal dengan sosok satu ini. Dulu, sosok bernama lengkap Renaldy Denada Rachman ini merupakan seorang penyanyi cilik yang terjun ke dunia sinetron pula. Namun, pada tahun 2013 ia mengejutkan publik dengan pengakuannya. Ia menyatakan dirinya sekarang seorang wanita dan mengonfirmasi jika dirinya adalah seorang transgender. Keberaniannya pun membuat netizen salut dan mengapresiasinya.

2. Dorce Gamalama, berhijab membuatnya semakin ngademin

Dorce Gamalama Now [sumber gambar]
Sebelum Dena Rachman, Dorce Gamalama atau yang lebih sering dipanggil Bunda Dorce ini sudah lebih dulu menjadi seorang transgender. Ia pun tak segan mengakuinya di depan publik. Pemilik nama asli Dedi Yuliardi Ashadi ini kemudian mengubah penampilannya yang serba wah menjadi berhijab. Diketahui, Bunda Dorce juga sering melakukan kegiatan amal dan membangun masjid. Keren banget, ya!

3. Dinda Syarif, berprestasi di ajang Miss International Queen

Before After Dinda Syarif [sumber gambar]
Awal bulan Maret lalu, Indonesia dihebohkan dengan sosok Dinda Syarif, seorang transgender asal tanah air yang berprestasi di kontes Miss International Queen–ajang kecantikan untuk para Transgender pada tahun 2018. Ia memenangkan penghargaan Best Costume di ajang tersebut. Salutnya, ia menyatakan pada masyarakat bahwa meski dirinya sekarang transgender dan berfisik perempuan, ia ingin menghadap Yang Kuasa sesuai kodrat ketika dirinya dilahirkan.

4. Solena Chaniago, berkarir di luar negeri sebagai penata rambut Justin Bieber

Before After Solena Chaniago [sumber gambar]
Bukti bahwa seorang transgender tak akan kehilangan pekerjaan adalah sosok satu ini. Mungkin beberapa dari kalian belum pernah mendengar namanya, namun Solena Chaniago ini benar-benar membawa nama Indonesia ke kancah dunia. Ia merupakan seorang penata rambut yang tengah berkarir di New York, Amerika Serikat. Ia pun tak malu mengakui bahwa dirinya adalah seorang transgender. Malahan, pelanggannya bertambah banyak, dari kalangan artis seperti Justin Bieber pula!

5. Julia Robex, dijuluki Ratu Waria tanah air

Before After Julia Robex [sumber gambar]
Sama seperti Solena Chaniago, kalian juga pasti awam dengan nama Julia Robex. Hal tersebut dikarenakan ia mulai jarang tampil di layar kaca. Sosok kelahiran Malang, Jawa Timur, ini dulunya sangat aktif di FTV maupun film horor layar lebar. Layaknya empat rekan di atas, pemilik nama asli Boby Wijaya Nasroen ini juga tak malu mengakui bahwa dirinya adalah seorang transgender.

Bagaimana dengan Lucinta Luna dan Millen Cyrus yang belum mengaku?

Lucinta Luna dan Millen Cyrus [sumber gambar]
Beberapa hari ini, akun gosip @lambe_turah tengah getol mengungkapkan bukti-bukti bahwa Lucinta Luna adalah seorang transgender. Namun, yang bersangkutan belum mengakui hal tersebut hingga kini dan menyebut dirinya sebagai wanita tulen. Sama halnya dengan Millen Cyrus, meski Ashanty—sang tante, menyebutkan bahwa dirinya dulu seorang laki-laki, Millen tak terketuk hatinya untuk mengonfirmasi siapa dirinya sebenarnya. Meski belum melakukan operasi, Millen kini kerap berdandan seperti wanita.

Meski mayoritas artis Indonesia yang transgender mengakui bahwa dirinya dulu seorang laki-laki, masih banyak juga dari mereka yang tetap menjadi laki-laki dengan bergaya ala perempuan. Di sisi lain, ada juga yang menyangkal dan bersikeras bahwa dirinya seorang wanita tulen, seperti Lucinta Luna. Bagaimana pendapat kalian mengenai fenomena ini, Saboom? Tuliskan di kolom komentar, ya!