in

Kisah Novi Listiana, Biduan Dangdut yang Memutuskan Hijrah dan Jadi Petani Sejak Pandemi

Novi [sumber gambar]

Sejak kemunculan virus Corona, kehidupan kita memang tak bisa disamakan dengan sebelumnya. Hampir semua profesi merasakan dampaknya. Tak hanya satu dua pengusaha yang dulunya kaya raya, kini harus gulung tikar. Tak sedikit pula yang harus banting setir agar bisa menyambung hidup.

Salah satu kisah menarik datang dari Novi Listiana, dalam akun Tiktok-nya @novilisty_ dia sering membagikan kegiatan sehari-hari setelah ganti profesi sebagai petani. Alih-alih malu, gadis yang dulunya seorang biduan dangdut ini justru bangga. Seperti apa kisah Novi? Berikut ini ulasannya.

Viral karena memanggul hasil kebun

@novilisty_

SYUKURI APA YANG ADA🙂#fyp

♬ original sound – MITTY ZASIA – MITTY ZASIA

Nama Novi Listiana mulai dikenal sejak videonya viral di Tiktok dan akhirnya menyebar ke beberapa media sosial lain. Dalam video berdurasi singkat tersebut, nampak Novi yang sedang memanggul daun bawang dengan ikatan cukup besar di punggungnya. Tak ada raut lelah dan malu di wajahnya. Novi tampak ceria dan percaya diri, dengan balutan baju tertutup dan juga hijab. Video tersebut sudah disukai ratusan ribu pengguna Tiktok, juga mendapat ribuan komen. Rata-rata sih yang komen para cowok halu yang ingin menjadikannya istri, secara si Novi memang sederhana, cantik dan soleha… hehe…

Alasan memutuskan hijrah

Novi yang berhijrah

Novi menjadi penyanyi dangdut sejak tahun 2014, saat itu Novi baru duduk di bangku SMP. Novi sendiri menjadi biduan untuk menafkahi keluarga. Namun sayangnya, sejak pandemi permintaan untuk manggung menurun drastis. Tak ingin berpangku tangan, Novi memutuskan banting stir menjadi petani. Tak hanya itu, Novi pun mengubah penampilannya lebih sopan bahkan mengenakan hijab. Hal itu tentu bukan tanpa alasan, Novi mengaku jika ia ingin lebih memaknai hidup. Dengan menggukana pakaian tertutup dan juga hijab, hatinya merasa lebih tenang.

Tanggapan netizen saat melihat perubahan Novi

@novilisty_

SETELAH ADANYA PANDEMI SIAPA NIH YANG GANTI KERJAAN😁. #fyp

♬ original sound – Novii Listiana – Novii Listiana

Ada satu unggahan Novi yang juga tak kalah viral dengan video memanggul daun bawang, yaitu saat Novi membagikan kompilasi foto saat dia masih menjadi biduan dangdut, dan saat dia sudah beralih profesi menjadi petani. Perubahan drastis tersebut ternyata disambut haru oleh para netizen. Menurut netizen, perubahan tersebut tak hanya karena pandemi, namun juga karena niatan di hati. Karena jika mau, Novi harusnya masih bisa tetap bertahan dengan profesinya yang dulu.

Kerap membagikan kegiatannya sebagai petani

Novi [sumber gambar]

Tak lagi tampil modis dengan segala macam riasan yang membuat Novi terlihat glowing, bukan alasan untuk terus eksis di Tiktok. Karena saat menjadi petani dengan penampilan tertutup dan seadanya, Novi masih suka membagikan video pengalaman saat menjadi petani. Mulai dari menyemprot obat tanaman, memanen, hingga memanggul hasil kebun.

Jadi petani di desa memang bikin hati adem

Kadang meninggalkan kota besar demi bisa menikmati suasana pedesaan juga lebih membahagiakan. Kalian mungkin nggak asing dengan YouTube Liziqi, gadis China yang mendedikasikan hidupnya untuk hidup di desa dengan segala kealamian dan kesederhanaan.

Nuraishah dan Liziqi [sumber gambar]
Nyatanya kehidupan tersebut memang menenangkan. Jika nggak percaya, kalian bisa intip kisah Nuraishah, gadis Kuala Lumpur yang memilih resign jadi pekerja kantoran dengan gaji besar dan memutuskan untuk menjadi petani dan terjun langsung di kebun. Peralihan pekerjaan tersebut tentu nggak sederhana, namun jika dilakukan dengan cinta, semua terasa membahagiakan.

BACA JUGA: Kisah Mantan Pekerja Kantoran yang Resign dan jadi Petani demi Hidup yang Lebih Baik

Itulah sedikit ulasan tentang perubahan Novi Listiana dari biduan dangdut menjadi petani. Kini sudah hijrah, semoga hijrahnya istiqomah dan rezekinya sebagai petani juga lancar selalu ya.

 

 

Written by Nikmatus Solikha

Cerita di Balik Viralnya Video 3 Anak SD Bergelantungan Menyeberangi Sungai untuk Sekolah

4 Fakta Video Wasit Sepak Bola Kampung Yaman, Pakai AK-47 Gantikan Peluit Bikin Pemain Pada Nurut