in

Pahami Kebiasaan Bernyanyi di Kamar Mandi, Ternyata Ini Hukumnya

Bagi sebagian orang, mandi menjadi me time setelah seharian beraktivitas dengan orang lain. Mereka pun sering menghabiskan waktu selama berjam-jam di kamar mandi. Bahkan ada yang membaca buku, koran, dan membawa ponsel untuk mengusir kejenuhan saat berada di kamar mandi.

Ada juga yang memiliki hobi bernyanyi di kamar mandi. Bahkan beberapa miliarder membuat kamar mandi menjadi senyaman mungkin dengan memasang speaker untuk mendengarkan musik. Sepertinya, mandi sambil beryanyi diiringi musik terlihat asik. Namun bagaimana hukum bernyanyi di kamar mandi menurut Islam? Simak informasi selengkapnya.

Islam melarang kebiasaan bernyanyi di kamar mandi

Hukum bernyanyi saat mandi adalah makruh. Bernyanyi yang dimaksud tidak hanya melantunkan lagu, namun juga berbicara, bersiul, apalagi berdzikir. Hal itu sama dengan larangan berbicara saat buang air besar. Dalam hadist riwayat Abu Dawud, Rasulullah SAW bersabda: “Janganlah dua orang bersama-sama membuang hajat sambil membuka aurat dan berbicara. Karena sesungguhnya Allah SWT. membenci atau memurkai perbuatan tersebut”.

Bernyanyi di kamar mandi [sumber gambar]
Dalam kitab Fiqhu al-Manhaji ‘Ala Mazhab al-Syafi’i dituliskan berbicara, makan, minum, main-main, dan bernyanyi adalah perbuatan yang dilarang di kamar mandi. Hukum ini didukung oleh Sayyid Sa’id bin Muhammad Ba’alawi al-Hadhrami dalam kitabnya Busyra al-Karim bi Syarhi Masȃili al-Ta’lim halaman 121. Beliau menegaskan seseorang tidak boleh berbicara selama masih berada di toilet. Meski dia tidak berniat buang hajat, hukumnya tetap makruh.

Kamar mandi adalah tempat tinggal iblis

Kamar mandi berantakan [sumber gambar]
Dalam hadist riwayat Bukhari, Rasulullah SAW berkata iblis meminta tempat tinggal di bumi dan Allah SWT berfirman: “Tempat tinggalmu adalah kamar mandi atau jamban”. Kemudian iblis pun menggoda manusia untuk melakukan perbuatan terlarang di kamar mandi, seperti berbuat asusila, mendengarkan musik, membiarkan pakaian menggantung, telanjang saat berwudhu, dan lain sebagainya.

Bernyanyi di kamar mandi membuat tubuh terserang penyakit

Sakit perut [sumber gambar]
Kamar mandi adalah tempat yang kotor dan penuh dengan kuman. Beberapa yang berbahaya adalah virus gastrointestinal yang bisa menimbulkan sakit perut. Selain itu, ada pathogen enteric yang membuat manusia mengalami diare, dan jamur dermatophitic yang menyerang kulit kaki. Berlama-lama di kamar mandi juga membuat manusia terkena bakteri staphylococcus aurea yang menimbulkan penyakit kulit dan gangguan pernapasan. Semakin sering bernyanyi, maka semakin lama seseorang membuka mulut dan kemungkinan terserang kuman-kumat tersebut akan meningkat.

BACA JUGA: Jadi Perdebatan, Ternyata Inilah Fakta dari Sikat Gigi dan Berkumur Ketika Berpuasa

Pada dasarnya sesuatu yang dilarang dalam Islam pasti memiliki sebab akibat. Hal itu juga bisa dibuktikan secara ilmiah. Sebaiknya hindari kebiasaan buruk di kamar mandi agar tak membawa efek negatif dalam hidup kita.

Written by F A Agustina

Ada yang Sambil Main Judi Online, Ini 5 Kejadian Unik Saat Salat Tarawih

Bonus Rp600 Juta Atlet PON Papua Ini Belum Cair, Gagal Berinvestasi dan Ikut SEA Games 2021