in

Jadi Perdebatan, Ternyata Inilah Fakta dari Sikat Gigi dan Berkumur Ketika Berpuasa

Pasti kalian pernah mengalami keraguan dalam melakukan sesuatu saat berpuasa. Ya alasannya karena banyak pendapat yang berbeda-beda tentang hal tersebut. Salah satunya adalah tentang berkumur dan sikat gigi ketika berpuasa. Namun sayangnya, hal tersebut sampai saat ini masih belum jelas bagaimana kebenarannya.

Banyak orang berpendapat kalau berkumur dan sikat gigi bisa membatalkan puasa. Itu disebabkan sikat gigi yang memiliki rasa dan berkumur sama saja dengan memasukkan suatu benda ke dalam mulut. Kemudian, ada juga yang mengungkapkan jika kedua kegiatan tersebut tidak membatalkan puasa. Alasannya pun cukup masuk akal, lantaran kegiatan itu hanya berfungsi untuk membersihkan mulut dan gigi saja. Lagipula melakukan keduanya tidak ada niat untuk membatalkan puasa. Nah, jadi bingung kan mana yang benar dan salah?

Sikat gigi saat puasa [Sumber Gambar]
Ternyata berkumur dan sikat gigi ketika puasa itu dapat membatalkan puasa Sahabat Boombastis. Hal ini disebabkan menyikat gigi menggunakan odol membuat lidah menelan rasa dari pasta tersebut. Ini juga berlaku untuk orang yang menggunakan obat kumur ya. Jadi bisa dipastikan puasanya jadi makruh. Bahkan dapat membatalkan puasa ketika kita tidak sengaja menelan sedikit dari obat kumur tersebut.

Tapi berbeda lagi dengan berkumur menggunakan air. Ketika kita menggunakan air, maka tidak akan ada rasa yang tertelan, sehingga itu diperbolehkan saja. Akan tetapi, harus tetap berhati-hati karena air bisa masuk ke dalam tenggorokan kapan saja tanpa diketahui. Namun ingat, berkumurnya harus menggunakan air biasa ya. Jangan pakai air dari kuah rendang yang bisa membuat kita langsung batal saat itu juga.

Berkumur ketika puasa [Sumber Gambar]
Mungkin bagi beberapa orang hal ini memberatkan. Penyebabnya puasa dapat membuat bau nafas menjadi tidak mengenakkan. Apalagi jika ia bekerja sebagai marketing, kebersihan mulut menjadi prioritas yang paling utama. Namun mau bagaimana lagi, ini adalah peraturan dari agama. Alangkah lebih baik jika tidak perlu kita lakukan daripada puasa menjadi batal. Jangan khawatir, bau mulut orang yang berpuasa serupa dengan wangi dari bunga kasturi. Jadi, semua orang yang berhadapan dengan kalian pasti memahaminya kok.

Akan tetapi, untuk kalian yang masih kurang nyaman dengan bau mulut ketika berpuasa, jangan galau dahulu. Ada cara-cara untuk menyiasatinya. Dilansir dari islamcendekia.com, lakukan sikat gigi ketika sudah melakukan makan sahur atau sebelum imsak. Kemudian, sikat gigi kembali pada saat sebelum dzuhur, tapi menggunakan air ya, jangan memakai odol. Dengan begitu, mulut kalian akan terasa segar dan bau mulut dapat dikurangi.

Written by Firdha

Firdha Rahma, dilahirkan di Kota Malang tanggal 5 Agustus 1994. Ia tergabung di Boombastis.com sejak bulan Desember 2017. Perempuan bermata sipit ini suka sekali warna merah dan hewan yang bernama kucing. Dia mempunyai hobi menonton film segala genre, menulis dan baca-baca artikel tentang teknologi ponsel yang terbaru.
Punya hobi menulis sejak SMK, tapi belum begitu aktif di dunia blog. Nah, karena kuliah ada sedikit waktu senggang jadi kegiatan menulis bisa diterapkan kembali ke dalam blog. Blognya berisi tentang travelling, kuliner dan review film.

Leave a Reply

14 Cuitan Kocak #RecehkanTwitter Ini Dijamin Akan Membuatmu Terpingkal Sampai Mules

Via Vallen Curhat Dilecehkan Pesepakbola, Ternyata Sosok Ini yang Disebut-sebut sebagai Pelaku