in

Fenomena Sholat Bersama Jin yang Bikin Ibadah Nggak Konsen Gara-Gara Merinding

Sholat adalah salah satu ibadah yang diwajibkan bagi umat Islam. Bukan hanya dari bangsa manusia, jin muslim juga memiliki kewajiban yang sama. Hanya saja, manusia tak pernah bisa melihat aktivitas beribadah makhluk gaib tersebut.

Namun, beberapa dari kita mungkin pernah merasakan fenomena aneh saat melaksanakan sholat seorang diri. Misalnya saja, ketika tiba-tiba saja muncul perasaan waspada, takut, bulu kuduk berdiri, atau bahkan merasa ada banyak orang di sekitar, padahal saat itu kamu sedang sendirian. Tidak bermaksud menakuti, tapi hal tersebut bisa jadi tanda kalau sesuatu tengah terjadi.

Bukan hanya setan yang ingin menggoda kita sholat, tapi kadang bisa juga jin-jin tertentu yang ingin sholat bersama. Yang terakhir ini memang cukup sering kejadian dan sensasinya luar biasa. Sholat dibatalkan itu haram, tapi rasa takutnya juga bikin ingin lari sekencang-kencangnya. Lalu, seperti apa sih sebenarnya tentang fenomena sholat bersama jin ini? Berikut ulasannya.

Perilaku jin yang sesuai dengan manusia

Seperti halnya orang baik yang gemar berkawan dengan orang yang baik pula. Maka hal tersebut juga berlaku pada jin. Kaum tak kasat mata itu juga tinggal bersama orang-orang yang sekiranya memiliki perilaku yang tak jauh berbeda. Misalnya saja, jin sesat yang tinggal bersama di rumah para penjahat atau sebaliknya.

ilustrasi jin muslim [image source]
Sebaliknya, jin muslim akan memilih tinggal di rumah-rumah orang yang taat beribadah seperti pondok pesantren, rumah ustadz, atau manusia yang ahli ibadah. Rumah yang ditempati untuk sholat juga pasti akan digunakan oleh jin, kita berdampingan meski manusia tidak bisa melihatnya.

Ayat yang membuktikan bahwa jin juga diwajibkan untuk beribadah

Sebenarnya fenomena jin yang ngikut sholat ini adalah hal yang biasa. Pasalnya, sama seperti kita yang muslim, bangsa halus ini juga dikenai kewajiban beribadah, terutama sholat. Hal ini juga tersemat dalam Al-Qur’an surat Az Zariyah ayat 56 yang berbunyi, “Dan Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka menyembah-Ku”..

ilustrasi jin muslimah [image source]
Jadi, tak perlu merasa aneh ketika kita beribadah kemudian secara tiba-tiba kok ada yang ikut gerakan. Mereka sama seperti kita yang juga melakukan sholat. Tapi, memang sih, tiba-tiba mendapati kejadian macam begitu bikin jantung copot dan bulu kuduk merinding.

Jin suka berjamaah dengan manusia

Ada perbedaan antara jin muslim dan jin kafir. Bangsa jin yang kafir gemar menampakkan diri mereka di depan manusia, tapi jin muslim tidak demikian. Meski sebenarnya, kaum jin muslim gemar melakukan interaksi dengan kita.

sholat berjamaah [image source]
Makanya, jika ingin menemui manusia, biasanya jin muslim selalu masuk dalam mimpi dengan wujud cantik atau tampan. Sehingga manusia pun tidak akan takut padanya. Demikian saat mereka ingin sholat berjamaah, wujud mereka tidak terlihat. Namun manusia yang peka biasanya akan menyadari keberadaan mereka.

Apa yang harus dilakukan jika jin menjadi makmun sholat kita?

Kasus didapuk menjadi imam dari para jin pernah menimpa seorang bernama Shafwan. Saat sedang melaksanakan sholat seorang diri, tiba-tiba saja terdengar suara yang sangat ribut dari belakang. Sontak hal itu memang membuat bulu kuduknya berdiri.

Ketika itu bacaannya pun kacau sampai akhirnya malah muncul suara yang berbunyi, “Hai, hamba Allah, janganlah engkau takut. Kami ini adalah saudara-saudaramu dari bangsa jin yang ingin beribadah bersamamu.” Dari pengalaman tersebut, mungkin kita bisa belajar, dalam sholat tak perlu ada ketakutan jika dirasa ada makhluk gaib yang turut andil menjadi makmum. Tetap fokus, karena saat itu, kita dipercaya menjadi imam dan bertanggung jawab atas ibadah bersama tersebut.

Dari penjelasan di atas, kita tak perlu lagi merasa resah jika merasakan fenomena aneh sedang melaksanakan sholat. Jin juga sama seperti kita yang butuh beribadah. Dan mereka pasti punya alasan baik kenapa sampai berjamaah dengan kita. Namun, seandainya tetap takut, solusinya ya kita sholat berjamaah.

Written by Nikmatus Solikha

Leave a Reply

Deretan Rambu Lalu Lintas di Indonesia yang Bakal Bikin Kamu Terpingkal Bacanya

5 Fakta Enaknya Kerja di Freeport yang Bikin Pegawai Kantoran Manapun Iri Sejadi-jadinya