in

Jangan Nekat! 5 Hal Ini Wajib Diperhatikan Saat Berhadapan dengan Bus atau Truk di Jalan

Sebagai pengguna sepeda motor, rata-rata paling malas jika sudah berhadapan dengan raja jalanan. Ya siapa lagi kalau bukan si truk atau bus. Kalau sudah ada dua kendaraan tersebut di depan atau belakang kita, pasti rasanya ingin mutar balik saja. Namun apa daya, nasib tidak berpihak kepada kita. Mau mendahului takut celaka, ingin mengalah tapi takut terlambat. Jadi serba salah seperti lagunya mbak Raisa.

Tapi memang sih kalau sudah bertemu dengan bus atau truk di jalan, kendaraan lain harus mengalah. Kalau tidak, bisa-bisa kita mengalami yang namanya kecelakaan. Untuk itu supaya kita selamat, harus memperhatikan beberapa hal jika berhadapan dengan kedua kendaraan tersebut. Lalu, hal apa sajakah itu?

Jika jalanmu diambil dari arah berlawanan, bisa lakukan hal ini

Terkadang kita suka sebal ketika ada bus atau truk tiba-tiba mengambil jalur dari arah yang berlawanan. Padahal, kita sudah berada di jalur yang benar, tapi mereka tetap tidak peduli. Hal yang terpenting bagi mereka yaitu bisa sampai di tujuan dengan cepat tanpa ada halangan dan rintangan.

Jalan diambil oleh bus dari arah berlawanan [Sumber Gambar]
Jadi kalau kalian mengalami hal pelik tersebut, wajib sekali untuk mengurangi kecepatan. Lalu jangan pernah menyalakan lampu dim terus menerus ya. Karena selain bisa membuat pengendara lain terganggu, hal tersebut sangatlah tidak sopan. Cukup dengan menyalakan lampu sein, kalian pasti akan diberi jalan kok. Slow aja, jangan mendadak emosi..

Kalau ingin menyalip bus, perhatikan aturan ini

Menemui bus di jalan apalagi waktu kita sedang tergesa-gesa sangatlah menjengkelkan. Mau mendahului takut, tapi kalau tidak menyalip bisa terlambat. Tapi sebenarnya kita tidak perlu khawatir dengan itu Saboom. Ada cara jika ingin menyalip bus dengan aman dan dijamin tidak akan terlambat sampai tujuan.

Motor menyalip bus [Sumber Gambar]

Caranya cukup berikan lampu dim sebelum menyalip bus dan jangan lupa juga bunyikan klakson. Tapi hal yang perlu diperhatikan adalah lampu dim dan klakson hanya boleh diberikan sekali saja. Karena itu merupakan salah satu etika berkendara di jalanan. Dengan melakukan itu, kemungkinan besar kalian akan diberi jalan. Namun kalau tidak diberi jalan ya harus mengalah. Jangan sampai kalian berkata kasar karena itu akan memancing keributan.

Hal ini yang harus dilakukan kalau ingin menyalip bus tapi di depannya ada truk

Mungkin kalian pernah mengalami ketika ingin menyalip bus, di depannya malah ada truk. Kalau sudah dalam kondisi seperti itu, biasanya kita hanya diam pasrah menunggu kedua kendaraan tersebut sampai menjauh. Namun sebenarnya kita bisa kok untuk mendahuluinya, akan tetapi ada beberapa hal yang wajib diperhatikan.

Menyalip bus dan truk di depan [Sumber Gambar]
Ketika kita di belakang bus, maka nyalakan lampu dim sekali untuk memberitahu kalau kalian ingin mendahuluinya. Nah, setelah itu perhatikan lampu sein yang dinyalakan oleh bus. Jika lampu sein kanan dinyalakan terus, maka di depan aman dan kalian bisa untuk menyalip. Lalu jika lampu yang dinyalakan adalah bagian kanan terus kiri, artinya ada kendaraan dari arah berlawanan. Selanjutnya, jika lampu sein kanan hanya dinyalakan sebentar, maka kalian boleh mengikuti bus ataupun tidak.

Bertemu bus dari arah berlawanan juga ada aturannya

Biasanya kita tidak terlalu khawatir jika ada bus dari arah berlawanan tapi menggunakan jalan yang berbeda dari kita. Sebab, kita beranggapan kalau bus tersebut tidak akan menganggu jalur yang kita lewati. Akan tetapi, sebetulnya kita juga wajib waspada dengan itu karena bisa saja di belakang bus ada kendaraan besar lain yang mengikutinya. Untuk mengetahuinya, kita lihat saja lampu sein yang dinyalakan.

Bus dari arah berlawanan [Sumber Gambar]
Apabila lampu sein kiri yang menyala, maka di belakang ada kendaraan lain ingin menyalip juga. Sedangkan jika lampu utama bus mati dan memasang hazard, artinya kendaraan tersebut meminta kalian untuk memberi jalan karena di belakangnya ada transportasi lain yang ingin mendahului dalam jarak dekat. Tapi kalau lampu sein mati ya berarti teruskan saja perjalananmu. Jangan malah ditunggu, nanti yang ada kalian akan membuat macet jalanan.

Harus lakukan ini jika berada di antara bus dan truk

Kemunculan bus dan truk di jalan raya memang tak terduga-duga. Ada yang dari arah berlawanan dan bisa juga tiba-tiba nongol di samping kita. Hal itu biasanya membuat kita jengkel lantaran jalanan pasti akan sedikit macet karena kehadiran mereka. Apalagi jika kita sudah terhimpit di antara keduanya.

Berada di antara bus dan truk [Sumber Gambar]
Tapi jangan bingung dan bimbang Saboom. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk melepaskan diri dari kasus pelik tersebut. Jika dalam kondisi lampu hijau, perlambat kendaraan supaya bus bisa mendahului kita. Kemudian kalau kita sudah terjebak di lampu merah dan terapit di antara keduanya, maka kalian harus menjaga jarak.

Bagaimana, sudah tahu kan aturan-aturannya? Hal yang paling penting di sini adalah jangan pernah nekat untuk mendahului kedua kendaraan tersebut. Karena mereka lebih besar daripada kendaraan yang kalian gunakan. Harus sabar dan tetap perhatikan lampu sein dari bus ataupun truk.

Written by Firdha

Firdha Rahma, dilahirkan di Kota Malang tanggal 5 Agustus 1994. Ia tergabung di Boombastis.com sejak bulan Desember 2017. Perempuan bermata sipit ini suka sekali warna merah dan hewan yang bernama kucing. Dia mempunyai hobi menonton film segala genre, menulis dan baca-baca artikel tentang teknologi ponsel yang terbaru.
Punya hobi menulis sejak SMK, tapi belum begitu aktif di dunia blog. Nah, karena kuliah ada sedikit waktu senggang jadi kegiatan menulis bisa diterapkan kembali ke dalam blog. Blognya berisi tentang travelling, kuliner dan review film.

Leave a Reply

Ini Lho 4 Hal yang Membuktikan Kalau Micin Ternyata Tidak Membuat Otak Tumpul

Cowok Harus Tau, Inilah yang Bakal Dihadapi Pria Jika Telah Menikah dengan Wanita Impian