4 Hal ini Jadi Alasan Buatmu Agar Tak Main-Main Ketika Berada di Gunung Arjuna

oleh Rizal
07:00 AM on Jul 31, 2016

Gunung dan mistis memang adalah dua hal yang tak bisa dipisahkan. Kamu tahu kan kalau orang-orang dulu sering mengeramatkan gunung? Tak hanya sebagai simbol, tapi juga makna filosofis lainnya. Bahkan para raja dulu sering memakai gunung sebagai tempat semedi mereka. Makanya, ketika memasuki gunung kita bakal diingatkan untuk menjaga yang namanya sopan santun. Biar tak terjadi hal-hal yang tidak-tidak, kalau kata orang-orang.

Gunung mungkin kelihatannya hanya seperti gundukan tanah tinggi, namun ia bernilai lebih dari itu. Kalau menurut orang-orang gunung itu hidup dan punya jiwa. Semua gunung selalu seperti itu, pun Arjuna yang ada di Jawa Timur. Malah gunung satu ini sudah sejak dulu terkenal akan cerita-ceritanya. Mulai dari yang bikin pendaki hilang sampai rumor-rumor soal Arjuna yang menyimpan banyak makhluk gaib.

Baca Juga
4 Harta Karun Indonesia di Luar Negeri, Konon Bisa Bikin Bumi Pertiwi Langsung Kaya
Mengenal Cempedak, Buah Asli Indonesia Super Lezat yang Kini Mulai Terlupakan

Satu pesan jika ingin ke Arjuna, “hati-hati dan jaga perilaku”, dengan begitu kita bakal aman di mana pun saat berada di dalamnya. Terserah sih kalau mau slengean, tapi siap-siap saja menghadapi hal-hal ini.

1. Gunung Arjuna Masih Memiliki Macan Jawa

Ada satu pantangan besar jika kamu ingin menyusuri kedalaman Arjuna, jangan sekali-kali pecah dari rombongan, apalagi tak bisa baca arah atau jalan. Risikonya sangat besar. Tak hanya kemungkinan tersesat dan tidak bisa pulang, tapi juga bahaya harimau Jawa yang ada di sana.

Macan Gunung Arjuna turun [Image Source]
Macan Gunung Arjuna turun [Image Source]
Ini tidak mengada-ada lho. Rumor soal harimau Jawa di Gunung Arjuna itu kuat. Kalau tak percaya silakan tanya mereka yang sudah bolak-balik naik, atau penduduk setempat. Mereka pasti mengiyakan hal tersebut. Makanya, berhati-hati dan jaga perilaku terutama maintain rombongan jangan sampai ada yang terpencar.

2. Ngerinya Alas Lali Jiwo

Mendaki memang susah, tapi sebisa mungkin bibir kita tak terlontar kata-kata kekesalan, apalagi jika melewati area bernama Alas Lali Jiwo yang ada di dalam Gunung Arjuna. Bisa-bisa hal tersebut bakal jadi tuah untuk celaka kita sendiri.

Alas Lali Jiwo [Image Source]
Alas Lali Jiwo [Image Source]
Alas Lali Jiwo sejak zaman Belanda dulu memang terkenal angker luar biasa. Sudah banyak cerita soal mereka yang hilang di dalam sini dan tak pernah ditemukan lagi. Dari banyak cerita, rata-rata para korban ini memang diduga berkata-kata kotor dan mengumpat ketika melewati tempat itu. Fatal, mereka pun hilang tak kembali. Memang antara percaya tak percaya. Tapi, sangat dianjurkan untuk tidak melakukan itu, kecuali mungkin kamu mau membuktikan kebenarannya.

3. Legenda Pasar Gaib di Dalam Arjuna

Hal mengerikan soal Arjuna tak hanya Alas Lali Jiwo atau macan liarnya, tapi juga pasar gaib yang ada di dalamnya. Kisah ini awalnya berkembang dari mulut ke mulut hingga akhirnya menjadi kisah legenda yang dipercaya oleh banyak orang. Tentang kronologi, kamu pernah mendengar cerita pasar Bubrah di lereng Merapi? Kira-kira seperti itulah pasar gaib di Arjuna.

Ilustrasi pasar gaib [Image Source]
Ilustrasi pasar gaib [Image Source]
Sarannya, tetap bersama rombongan dan jangan pernah sendiri lalu kemudian melamun dan semacamnya. Kondisi semacam ini katanya bisa bikin seseorang kemudian diperlihatkan pasar gaib tersebut dan begitu masuk kemungkinan takkan bisa keluar lagi.

4. Ketika Gunung Arjuna Memainkan Musiknya

Gunung Arjuna memang menampilkan alam yang luar biasa indah, namun jangan pernah terlalu terpukau dan akhirnya menjadi melamun. Usahakan kesadaran selalu stabil karena hal tersebut mutlak diperlukan sebagai modal utama keselamatan. Melamun akan membuatmu merasakan hal-hal tak lazim, selain pasar gaib tadi juga suara-suara aneh.

Gamelan Gunung Arjuna [Image Source]
Gamelan Gunung Arjuna [Image Source]
Di Arjuno ada legenda suara gamelan. Jadi, ketika siang atau pun malam kadang terdengar seperti ada irama gamelan-gamelan yang ditabuh. Jika sudah seperti ini, kata orang-orang adalah hal yang membahayakan. Biasanya seseorang bakal selalu tersesat jika mendengar suara seperti ini. Makanya, selalu jaga kesadaran karena ini sangat-sangat penting.

Siapa sih yang tak kepincut dengan Gunung Arjuna? Alamnya yang menawan itu sungguh bikin hati terpaut. Tapi, pastikan kamu tahu aturan mengunjunginya. Syaratnya hanya satu, sikap sopan dan awas. Dua hal ini konsisten dijaga, gunung Arjuna bakal seindah surga.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan 5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Yakin deh, 25 Pose Absurd Wisatawan dengan Patung Ini Pasti Bikin Kamu Cekikikan Melihatnya Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media 4 Ciri-Ciri Ini Bisa Jadi Indikasi Kalau Sebuah Warung Pasang Jin Penglaris, Hati-Hati! Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo Dulu Mewah, Anak Pencipta Lagu Nomor Satu di Indonesia Ini Sekarang Jadi Kuli Bangunan Inilah Alasan Pakai Rok Saat Bersepeda Motor Sama dengan Bunuh Diri Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an 7 Foto Ini Diambil Hanya Sesaat Sebelum ‘Musibah’ Datang Inilah Fakta Micin, Benda yang Sering Difitnah Masyarakat Kekinian, Beneran Bikin Lemot? Inilah 6 Artis Indonesia yang Bikin ‘Superstar’ Luar Negeri Tergila-gila, Ada yang Sampai Baper Loh
BACA JUGA