in

Beol Cepirit, Becak Online yang Bakal Jadi Saingan Berat Ojol di Jakarta

Zaman sekarang transportasi online sangat laku di pasaran. Entah itu ojek, mobil hingga kurir untuk untuk mengantar barang. Mau bagaimana lagi, di zaman yang maju ini orang lebih suka cari hal yang gak ribet dan cepat. Dan tentu sarana online jadi kunci jawabannya.

Bicara soal sarana online, beberapa waktu yang lalu Jakarta siap mencanangkan transportasi yang baru. Beol Cepirit, becak berbasis online yang akan memudahkan banyak orang. Lalu seberapa efektifkah inovasi yang satu ini? Simak ulasan berikut.

Beol Cepirit, becak zaman now yang siap meluncur

Mendengar namanya saja mungkin bikin geli ya, tapi nyatanya arti sebenarnya dari Beol Cepirit ini memang bikin takjub. Becak Online Cepat dan Irit mungkin jadi sebuah gagasan baru untuk mengatasi beberapa problema di DKI Jakarta. Meskipun awalnya mungkin hanya candaan saja, namun tidak menutup kemungkinan untuk diwujudkan.

Ujicoba Becak Online [sumber gambar]
Kamis, 15 November kemarin Gubernur Jakarta Anies Baswedan telah selesai melakukan uji coba kendaraan yang satu ini. Diharap nantinya becak online ini bisa bersaing dengan kendaraan online lainnya dan tentu lebih difokuskan di daerah pariwisata. Yang jelas hal ini jadi warna baru di Jakarta sana.

Sebuah becak listrik yang beda dengan yang lainnya

Satu hal yang membedakan becak ini dengan yang lain adalah sumber dayanya yang tak perlu mengeluarkan tenaga. Bagaimana tidak, pasalnya becak ini hanya menggunakan energi listrik dan tentu memudahkan para pengemudi agar tidak kelelahan. Awalnya sendiri pembuatan becak ini diperuntukkan untuk para pengayuh yang berusia lanjut sehingga tak perlu mengeluarkan tenaga lagi.

Becak listrik inovasi [sumber gambar]
Pun demikian dengan ide pembuatan becak ini yang ternyata merupakan hasil koordinasi dari para Mahasiswa UI dengan Sebaja. Alhasil terciptalah becak dengan inovasi yang sangat memudahkan dalam pengoprasian maupun para drivernya. Wah transportasi online bisa kalah saing nih ya.

Didesain dengan sebaik mungkin sehingga sangat memudahkan

Hal lain yang jadi pembeda antara Beol Cepirit dengan yang biasa adalah pengemudiannya. Kalau dari bentuk sih tetap sama ya sang pengemudi berada di belakang dan penumpang di depan. Namun ketika belok bagian belakang lah yang begerak tentu sangat berbeda dengan becak biasa yang pakai bagian depan.

Tukang becak [sumber gambar]
Hal ini akan membuat belokan yang dilakukan oleh pengemudi tidak terlalu berat dan mudah untuk dikontrol. Pun  demikian dengan nama Beol Cepirit yang sejatinya hanya candaan saja dan belum paten. Tapi sih ya kalau namanya seunik itu bisa saja menarik masyarakat buat pingin coba.

Sementara ini masih dalam tahap uji coba

Namun sayang ada beberapa hal yang jadi kendala dalam peluncuran becak yang satu ini. Salah satunya adalah penyempurnaan agar lebih efisien dalam penggunaannya. Belum lagi masalah produksi yang juga masih belum banyak. Prototype memang telah dicoba oleh Gubernur, namun mesti diajukan lagi ke pemprov.

Memudahkan pengayuh tua [sumber gambar]
Dan masih belum ada revisi dari Perda barulah kerja sama dengan UI bisa dilakukan kembali. Nah becak yang berbahan bakar sinar matahari ini sejatinya sudah ada 60 unit dan entah kapan akan siap untuk diluncurkan di jalanan. Namun yang jelas tentu sebagian orang sangat menantikan inovasi yang satu ini.

BACA JUGA: V8-VADI, Mobil Listrik Rancangan Adik Vidi Aldiano yang Diminati Militer dan Polri

Becak listrik tentunya jadi sebuah inovasi baru yang memudahkan untuk masyarakat Jakarta atau pengunjung. Terutama para pengayuh becak yang berusia senja sangat diuntungkan karenanya. Masih belum diketahui juga siapa nanti yang mengelola. Mudah-mudahan tepat dan menguntungkan banyak pihak.

Written by Arief

Seng penting yakin.....

Leave a Reply

4 Fakta Bulgaria Volga, Kerajaan Islam Kuno di Rusia yang Dihormati Banyak Negara

10 Meme Kocak Iklan VS Kenyataan yang Bakal Bikin Kamu Mengangguk Setuju