in

Kisah di Balik Benteng Pendem, Pertahanan Belanda yang Disebut Punya Terowongan Gaib

Cilacap merupakan kabupaten yang mempunyai wilayah paling luas di Jawa Barat. Tak heran kalau banyak sekali kekayaan alam, kearifan lokal, objek-objek vital, dan perusahaan multinasional yang berdiri di sana. Salah satunya adalah Benteng Pendem. Benteng ini dibangun pada masa penjajahan Belanda tahun 1861 ini masih berdiri kokoh.

Namun, di baliknya, ternyata ada banyak sekali mitos yang terkenal dari Benteng Pendem ini. Salah satunya tentang terowongan gaib yang konon ada di sana. Seperti apa sih ceritanya? Simak dalam ulasan Boombastis.com berikut ya!

Benteng Pendem yang dikerjakan oleh rakyat Indonesia dalam kerja paksa

Benteng Pendem [sumber gambar]
Melansir ensiklopediaindonesia.com, pembangunan Benteng Pendem dimulai dari tahun 1861 Dibangun oleh orang-orang Indonesia yang kerja paksa oleh tentara-tentara Belanda. Menurut cerita dari pemandu wisata di benteng pendem ini para pekerja paksa tersebut sudah pasti mati dicambuk di dalam terowongan di ruang eksekusi oleh orang-orang Belanda, karena takut membocorkan rahasia dan seluk beluk pertahanan tentang benteng pendem ini.

Benteng yang sempat terpendam

Benteng Pendem [sumber gambar]

Benteng ini selesai dibangun pada tahun 1879 setelah 18 tahun dibangun. Setelah dibangun, ia ditimbun dengan tanah sampai kedalaman 3,5 meter. Benteng Pendem ini merupakan garis pertahanan selatan pulau Jawa yang dipakai oleh Belanda untuk bertahan dari musuh-musuhnya seandainya mereka menyerang dari jalur laut. Nah, saat Belanda kalah dan terusir dari Indonesia, benteng ini digali dan digunakan sebagai tempat latihan perang dan pendaratan laut. Sayang hingga kini, masih banyak ruangan yang tidak berhasil ditemukan.

Ruangan yang ada di dalam Benteng Pendem

Misteri terowongan menuju Nusakambangan [sumber gambar]
Sebagai markas pertahanan pada masanya, sudah pasti ada banyak sekali ruang yang ada di dalam benteng ini. Ia punya beberapa bagian ruang rapat, ruang amunisi, ruang meriam, ruang penjara, ruang senjata, ruang barak, ruang klinik, serta ruang pertahanan. Selain itu, ada juga benteng pengintai, ruang eksekusi bagi tahanan, dapur, ruang perwira dan ada juga sebuah terowongan yang menghubungkan sampai ke benteng-benteng pertahanan di Nusakambangan. Namun, terowongan menuju Nusakambangan hingga sekarang masih menjadi misteri, guys.

Terowongan bawah laut yang dianggap sebagai tempat gaib

Dalam satu reality show, Benteng Pendem ini sering dijadikan sebagai tempat uji nyali, karena konon memang ada tempat gaib yang tidak pernah berhasil di temukan, penghubung ke dimensi lain. Terowongan gaib yang dimaksud ini adalah jalan menuju ke Nusakambangan. Namun, tidak ada satu pun yang berhasil menemukan wujud terowongannya. “Ya kalau cerita orangtua zaman dulu ada terowongan bawah laut. Tapi sampai sekarang belum bisa dibuktikan, saya sendiri tidak tahu keberadaannya,” ujar salah satu warga, dilansir dari satelitpost.com.

BACA JUGA: 5 Tempat Paling Angker di Medan yang Cocok Untuk Uji Nyali, Berani?

Tetapi, di balik semua cerita mistis yang ada, Benteng Pendem ini lebih terkenal karena sejarahnya di masa lalu, yang mana dibangun oleh rakyat Indonesia saat dijajah Belanda. Kalau kamu mau mencoba ke sini, biaya tiket masuknya tidaklah mahal loh, hanya berkisar Rp5000-Rp8000 saja.

Written by Ayu

Ayu Lestari, bergabung di Boombastis.com sejak 2017. Seorang ambivert yang jatuh cinta pada tulisan, karena menurutnya dalam menulis tak akan ada puisi yang sumbang dan akan membuat seseorang abadi dalam ingatan. Selain menulis, perempuan kelahiran Palembang ini juga gemar menyanyi, walaupun suaranya tak bisa disetarakan dengan Siti Nurhalizah. Bermimpi bisa melihat setiap pelosok indah Indonesia. Penyuka hujan, senja, puisi dan ungu.

Leave a Reply

Menular di Game Free Fire hingga Menyebar Lewat Mata, Inilah Hoax Soal Virus Corona di RI

Kisah Kakek La Udu, Tinggal di Gua Selama 10 Tahun karena Tak Punya Rumah dan Keluarga