Kamu mungkin sudah tahu benda-benda yang tidak boleh saling pinjam dengan orang lain. Benda-benda itu seperti sendok, gelas, sabun mandi batangan ataupun handuk. Benda-benda ini tidak boleh dipakai bersama-sama karena dapat berdampak buruk terhadap kesehatan.

Baca Juga : Awas Jangan Tertipu! Barang-Barang Ini Terbuat dari Cokelat Loh

Tapi ternyata tidak hanya itu loh. Benda-benda ini, yang mungkin kamu juga belum tahu, ternyata juga tidak boleh saling pinjam atau dipakai bersama-sama dengan orang lain. Benda apa sajakah itu? Yuk simak selengkapnya di bawah ini:

1. Earphone Atau Headset

Ternyata, earphone atau headset itu tidak boleh dipakai secara bergantian dengan orang lain loh. Karena pada benda tersebut terdapat bakteri dari telinga yang telah menempel. Itu tandanya, kalau earphone itu dipakai ke orang lain, maka bakteri tersebut juga ikut berpindah.

Ilustrasi Penggunaan Headset
Ilustrasi Penggunaan Headset

Earphone yang tidak pernah dibersihkan alias kotor ternyata juga bisa menyebabkan infeksi pada saluran telinga bagian luar. Maka dari itu, agar telingamu tetap sehat dan tidak ada infeksi, rajin-rajinlah membersihkan earphone mulai dari sekarang.

2. Alat Make Up Dan Sisir Rambut

Buat wanita, saling pinjam alat make up itu mungkin adalah hal yang lumrah. Biasanya sih yang paling sering dipinjamkan adalah lipstick. Padahal, bibir merupakan salah satu anggota tubuh yang bisa menyebarkan penyakit loh.

Cewek Biasanya Seneng Pakai Make up Bareng
Cewek Biasanya Seneng Pakai Make up Bareng [via]
Sisir juga tidak boleh saling pinjam loh. Pasalnya sisir merupakan benda yang bersentuhan langsung dengan kulit kepala. Bayangkan jika orang yang meminjam sisir itu memiliki penyakit kurap di kulit kepalanya, atau di rambutnya terdapat banyak kutu. Hi… bisa-bisa kita tertular deh.

3. Gunting Kuku Dan Pisau Cukur

Sekali lagi, benda apapun yang bersentuhan langsung dengan kulit tidak boleh saling pinjam. Termasuk gunting kuku dan pisau cukur, karena kedua benda ini memang bersentuhan langsung dengan kulit kita. Besar kemungkinan ada bakteri atau virus yang masih menempel pada benda tersebut.

Walau Cuma 'Gunting Kuku' Tetap Gak Boleh Gantian ya!
Walau Cuma ‘Gunting Kuku’ Tetap Gak Boleh Gantian ya! [via]
Pasalnya, walau sudah dicuci, resiko tertular akan bakteri dan virus tersebut tetap ada nih. Kamu pasti gak mau kan tertular virus yang dapat mengganggu kesehatanmu. Memang sudah sebaiknya, masing-masing orang punya gunting kuku dan alat cukur sendiri.

4. Deodoran

Benda yang satu ini bersentuhan langsung dengan kulit ketiak. Kalau kamu saling pinjam dengan orang lain, partikel rambut dan sel kulit yang menempel pada kulit nantinya akan menempel di deodoran tersebut. Yang bisa dibayangkan, nantinya juga akan menempel pada ketiak pemakai setelahnya.

 

Deodoran Harus Higienis
Deodoran Harus Higienis [via]
Intinya jangan sekali-kali meminjamkan barang ini kepada siapapun ya. Lagipula, sepertinya sangat menjijikkan jika benda ini dipakai secara bergantian. Apalagi kalau yang meminjam ketiaknya bau, hiii kebayang deh kayak apa gelinya.

5. Sikat dan Pasta Gigi

Kenapa sikat gigi juga tidak boleh saling pinjam? Karena pada saat menyikat gigi, kandungan bakteri dalam darah meningkat. Sikat gigi sangat beresiko menularkan penyakit melalui darah. Kalau kamu berbagi sikat gigi, artinya kamu menyebarkan virus dari mulut ke mulut.

Jangan Sampai Minjemin Sikat Gigi ke Orang Lain ya
Jangan Sampai Minjemin Sikat Gigi ke Orang Lain ya

Pasta gigi juga tidak boleh saling minta loh. Saat terjadi kontak fisik antara bulu-bulu sikat gigi dan pasta gigi dapat terjadi penyebaran bakteri nih. Kalau emang kepepet, usahakan jangan sampai bulu-bulu sikat gigimu menyentuh tabung pasta gigi.

Baca Juga : Ilustrasi Kebiasaan Masyarakat Indonesia yang Bikin Malu dan Menampar

Itulah tadi beberapa benda yang tidak boleh dipakai secara bergantian atau saling pinjam. Berbagi sih boleh, tapi kalau hal itu dapat merusak kesehatan, mendingan gak usah deh. Memang sudah seharusnya masing-masing dari kita punya benda-benda tersebut sendiri, jadi tidak usah saling pinjam yang beresiko menularkan penyakit. Setuju readers?