in

5 Fakta Mengesankan dari Jerusalem ini Akan Membuatmu Ingin Segera Berkunjung ke Sana

Sebenarnya Jerusalem adalah sebuah kota tua yang menyimpan banyak sekali potensi wisata besar di kawasan Timur Tengah. Kota ini memiliki banyak sekali keindahan terutama dari arsitektur bangunan dan juga banyaknya taman-taman yang dibangun. Sayang, keindahan dari kota ini sepertinya harus diciderai lantaran konflik selalu terjadi di sini dan membuat segala hal jadi kacau.

Ok, kita lupakan sejenak konflik yang terjadi di kota tua yang sangat indah ini. Mari sejenak membahas fakta-fakta hebat dari Jerusalem yang bisa membuatmu ingin segara datang ke tempat ini sekarang juga. Sudah siap? Yuk, kita bahas bersama-sama.

1. Kota 3 Agama

Jerusalem adalah sebuah kota yang membuat tiga bangunan suci dari tiga agama. Bagi Islam, kota ini memiliki bangunan suci berupa Masjid Kubah Emas Al-Aqsa. Selanjutnya bagi umat kristen, tempat ini terdapat Gereja Kebangkitan Kudu dan dipercaya sebagai lokasi Bukit Gorgota. (Tempat penyaliban Yesus.) Terakhir, bagi Yahudi, tempat ini terdapat sisa-sisa Bait Suci yang sering disebut sebagai Tembok Ratapan.

Masjid Al-Aqsa [image source]
Masjid Al-Aqsa [image source]
Adanya tiga bangunan suci ini memperlihatkan jika di masa lalu perbedaan agama adalah hal yang biasa. Sayangnya, saat ini perbedaan ini membuat Jerusalem terus diperebutkan. Bahkan perang tak bisa dihindarkan.

2. Memiliki 1.578 Taman

Kota tua Jerusalem memiliki sekitar 1.578 taman yang tersebar merata di semua wilayah. Salah satu taman paling terkenal di kota ini adalah Jerusalem Botanical Garden yang memiliki luas sekitar 30 acre dan menyimpan sekitar 10.000 spesies tanaman dari berbagai belahan dunia.

Jerusalem Botanical garden [image source]
Jerusalem Botanical garden [image source]
Selain taman yang hebat di atas, Jerusalem juga memiliki taman bernama the Garden of Tomb. Taman ini dianggap sebagai tempat dikuburnya Yesus dan tempat di mana beliau bangkit dari kematian. Taman ini disebut-sebut juga sebagai Bukit Golgota yang merupakan lokasi paling penting bagi umat Kristen.

3. Memiliki 2.000 Situs Arkeologi

Bisa dibilang kota tua ini menyimpan banyak sekali hal-hal yang sangat berharga. Setiap hal di kota ini seperti benda bersejarah yang memiliki nilai sangat tinggi. Di kota ini banyak sekali ditemukan situs arkeologi yang sangat penting seperti City of David yang merupakan tempat pembuangan di era sebelum Babilonia.

Silwan necropolis yang merupakan situs kuburan kuno [image source]
Silwan necropolis yang merupakan situs kuburan kuno [image source]
Selanjutnya Jerusalem juga memiliki Silwan necropolis yang merupakan tempat pemakaman kuno bangsa Yahudi di masa lalu. Diperkirakan tempat ini mulai digunakan antara abad ke-7 hingga abad ke-9 masehi. Saat ini Silwan necropolis menjadi tempat berharga yang menyimpan banyak cerita di masa lalu.

4. Memiliki 60 Museum

Jerusalem memiliki setidaknya 60 museum yang menyimpan banyak sekali barang bersejarah berharga. Salah satu museum yang terkenal dan wajib dikunjungi adalah Yad Vashem. Museum ini setiap tahun memiliki setidaknya satu juta pengunjung dari seluruh penjuru dunia. Museum ini berisi memorabilia tentang pembunuhan bangsa Yahudi di masa lalu.

Museum Yad Vashem [image source]
Museum Yad Vashem [image source]
Selain museum yang berisi masa kelam bangsa Yahudi di masa lalu. Ada sebuah museum hebat bernama L. A. Mayer Museum for Islamic Art. Museum ini menyimpan banyak sekali artefak-artefak dan benda seni dari kebudayaan Islam di masa lalu. Museum ini menunjukkan jika Jerusalem memang kota yang sejak dahulu dimiliki oleh tiga agama besar dunia.

5. Memiliki Tembok Besar yang Mengelilingi Kota

Jerusalem memiliki sebuah tembok yang mengelilingi kota tua ini. Tembok ini telah ada sebelum abad ke-16. Bahkan sejak wilayah ini menjadi bagian dari Turki Ottoman, Sultan Suleiman meminta banyak pekerja memperbaiki reruntuhan tembok agar menjadi lebih tinggi dan kokoh hingga isi kota bisa dilindungi dengan sangat baik.

Tembok besar yang mengelilingi kota tua Jerusalem [image source]
Tembok besar yang mengelilingi kota tua Jerusalem [image source]
Tembok ini memiliki panjang sekitar 4 km dan tinggi rata-rata 12 meter. Ketebalan dari tembok ini kurang lebih 2,5 meter hingga akan tahan jika mendapatkan serangan dari luar. Pada tahun 1981 UNESCO menetapkan jika tembok ini adalah situs warisan budaya dunia yang harus dilindungi dengan sangat baik. Saat ini tembok besar ini menjadi daya tarik turis dari berbagai belahan dunia untuk datang dan melihat kemegahannya.

Inilah lima fakta hebat dari Jerusalem yang terletak di kawasan Israel dan Palestina. Kota ini menyimpan banyak sekali cerita penting dalam peradaban manusia di dunia. Datang ke sini sama halnya menyaksikan masa lalu yang sangat hebat di masa lalu.

Written by Adi Nugroho

Leave a Reply

4 Kekuatan Militer Malaysia yang Harus Diwaspadai Indonesia

Ilustrasi Penggunaan Headset

Selain Sendok dan Gelas, Benda-Benda Ini Juga Tidak Boleh Saling Pinjam