Emas selalu diasosiasikan sebagai benda mewah yang mahal. Tidak salah sih karena benda ini memang dibanderol tidak biasa. Untuk satu gramnya saja kamu butuh mengeluarkan cukup banyak duit. Emas mungkin mahal dan kesannya mewah, tapi benda satu ini tentu bukanlah yang paling mahal. Ya, di dunia ini ada begitu banyak benda yang harganya lebih greget dari si logam kuning ini. Salah satunya adalah benda bernama Ambergris.

Ambergris sendiri bukanlah logam melainkan sebuah benda aneh yang bisa dibilang sangat menjijikkan. Bagaimana tidak, benda ini berasal dari buangan ikan paus. Meskipun faktanya seperti itu, namun soal harga, Ambergris ini sangat mahal. Bayangkan, untuk sedikit dari benda ini, seseorang harus mengeluarkan uang sampai ratusan juta Rupiah.

Hmm, kok bisa ya benda menjijikkan tapi dihargai sampai sebegitunya? Tentu ada alasan khusus kenapa seperti itu. Dan untuk lebih lengkapnya, berikut ini adalah fakta-fakta Ambergris yang pasti akan mengejutkanmu.

Ambergris yang Menjijikkan

Dari banyak benda berharga mahal di dunia, mungkin hanya Ambergris yang paling menjijikkan. Ya, seperti yang sudah dijelaskan di atas, benda ini berasal dari pembuangan ikan paus. Bukan feses atau kotoran sih, melainkan semacam zat lilin yang menumpuk lama di usus paus lalu dikeluarkan oleh tubuh.

Ambergris yang menjijikkan [Image Source]
Ambergris yang menjijikkan [Image Source]
Ambergris biasanya akan tenggelam di kedalaman, namun sebagian malah mengapung untuk kemudian terbawa ombak dan terpinggirkan di pantai. Ambergris sendiri biasanya putih, tapi ada juga yang warnanya agak sedikit abu-abu bahkan kehitaman. Yang lebih menjijikkan lagi, Ambergris kalau disentuh agak lengket dan berminyak. Bisa dibayangkan sendiri, ya?

Harga Ambergris yang Bikin Jantungan

Meskipun menjijikkan dan bikin muntah, tapi Ambergris berharga sangat mahal. Pernah ada seseorang yang menjual benda ini dengan harga sampai Rp. 600 juta. Padahal ia hanya menemukan sebuah Ambergris kecil yang ukurannya tak sampai satu kilogram.

Harga Ambergris yang sangat mahal [Image Source]
Harga Ambergris yang sangat mahal [Image Source]
Di dunia ini ada begitu banyak penemuan Ambergris yang terjadi. Beberapa yang paling mengejutkan misalnya yang terjadi di tahun 2012 lalu. Seorang pelajar asal Inggris berhasil menemukan Ambergris seberat 589 dan kemudian ditawar sampai Rp. 830 juta. Ada pula di tahun 2013 ketika seseorang berhasil menemukan Ambergris seberat 2,7 kilogram yang berhasil terjual sampai Rp. 2,2 miliar.

Kenapa Ambergris Sangat Mahal?

Tentu sedari tadi kamu bertanya-tanya, kenapa benda yang harusnya bikin jijik ini malah dihargai sangat mahal. Alasannya tak lain adalah karena benda ini memerankan peran dalam industri perparfuman dunia. Ya, Ambergris dipakai sebagai salah satu bahan penting dalam parfum.

Sebagai bahan parfum [Image Source]
Sebagai bahan parfum [Image Source]
Fungsinya sendiri adalah sebagai penguat aroma serta memberikan wewangian yang sangat khas dan disukai manusia. Tak hanya itu, parfum yang terkandung Ambergris di dalamnya akan memberikan sensasi menyenangkan pada kulit. Selama ini banyak industri parfum terkenal yang memakai Ambergris, beberapa di antaranya adalah Chanel dan Lanvin.

Parfum Ambergris Sangat Disukai Pencintanya

Ambergris mentah mungkin berbau sangat tidak menyenangkan. Namun, ketika ia diolah sedemikian rupa, hasilnya sangat luar biasa. Seperti yang disinggung sebelumnya, parfum berbahan Ambergris memberikan sensasi tersendiri yang sangat disukai manusia. Makanya, harga parfum macam begini mahal. Bisa sampai jutaan.

Parfum Ambergris sangat disukai [Image Source]
Parfum Ambergris sangat disukai [Image Source]
Bagi penyuka parfum yang bukan abal-abal, adalah tidak masalah membeli parfum Ambergris yang mahal. Bukan hanya karena aroma dan sensasinya, tapi juga pamor serta value dari parfum ini. Kalau diibaratkan sebuah koleksi piringan hitam, parfum Ambergris ini seperti karya The Beatles edisi pertama yang mahal dan jarang ada.

Beberapa Negara Menganggap Ambergris Ilegal

Ketika Ambergris jadi benda yang paling dicari karena nilainya, ternyata ada beberapa negara yang tidak mengizinkan peredaran benda ini. Ya, di negara-negara tertentu adalah hal ilegal ketika seseorang mengambil dan mengolah Ambergris. Alasannya sendiri lebih karena hal tersebut bisa dianggap mengancam keberadaan para paus.

Ambergris ilegal [Image Source]
Ambergris ilegal [Image Source]
Ambergris ini memang dihasilkan oleh paus Sperma di mana jumlahnya sekarang makin menipis. Pemerintah negara-negara itu menganggap, orang-orang bakal rela memburu paus-paus hanya untuk diambil Ambergris-nya. Di satu sisi benda ini dilarang, tapi di sisi yang lain Ambergris sangat ramai permintaan.

Nah, sekarang sudah tahu kan kalau benda ini sangat mahal? Makanya, kalau main ke pantai jangan lupa menoleh kanan kiri. Siapa tahu menemukan gundukan Ambergris besar yang bakal membuatmu jadi jutawan dalam sekejap.