4 Benda Milik Mantan Presiden Pertama Indonesia Ini Dijual dengan Harga Ugal-Ugalan

Wajar kalau sampai ada yang sampai 29 M

oleh Arief Dian
10:00 AM on Jul 15, 2017

Bukan hal yang aneh kalau orang yang mempunyai nama populer membuat segala yang di sekelilingnya jadi ikut tenar. Terutama saat orang terkenal itu meninggal dunia, barang peninggalannya bisa naik harganya hingga berkali-kali lipat. Dan fenomena ini tak hanya terjadi di luar sana, di Indonesia pun ada banyak.

Contohnya, barang milik preseden Soekarno, ternyata barang peninggalannya dijual dengan sangat mahal. Salah satunya adalah yang ada di berita beberapa waktu lalu tentang rumah sang proklamator yang berhasil terjual sampai 29 miliar. Benar-benar luar biasa mahal. Dan tak hanya itu saja, masih ada beberapa benda peninggalan ayah bu Mega yang harganya juga tak karuan. Simak ulasan menariknya berikut.

Baca Juga
Inilah 4 Cara Greget BNN dalam Menghukum Para Bandar Narkoba yang Mulai Merajarela
6 Bencana Terbesar di Indonesia Ini Menjadi Penanda Pergantian Tahun yang Kelam

Rumah Soekarno dijual dengan harga ugal-ugalan

Tepatnya di Yogyakarta, rumah peninggalan sang putra fajar ini akhirnya dijual. Rumah yang juga sempat menjadi tempat persembunyian presiden Soekarno saat Agresi I itu dihargai sampai Rp 29 Miliar di sebuah situs online. Di sana dituliskan bahwa rumah bersejarah itu dijual beserta perabotan dan tanah yang masih utuh seperti saat dihuni oleh Soekarno.

Rumah Soekarno [image source]
Menurut pakar sejarah, hal ini wajar dihargai seperti itu, mengingat memang sangat banyak tragedi sejarah yang terjadi di rumah itu. Bahkan seharusnya malah dihargai sangat lebih ketimbang hanyan Rp 29 Miliar. Sampai sekarang masih belum diketahui apakah rumah itu berhasil terjual atau diambil alih oleh negara.

Mobil Soekarno ditawar hingga Rp 2 Miliar

Ternyata tidak hanya rumah, kendaraan pribadi milik presiden Soekarno juga dijual dengan harga mahal. Mobil sedan tua Holden tahun 1963 itu ternyata juga bernilai mahal terutama di mata para kolektor. Kini mobil itu di tangan H Asnawi yang sudah memilikinya sejak 1989 yang lalu.

mobil Soekarno [image source]
Waktu tahu bahwa mobil itu adalah milik presiden pertama Indonesia, tanpa pikir panjang Asnawi membelinya dengan harga Rp 1,2 juta pada waktu itu. Mengetahui hal tersebut, banyak kolektor barang langka yang mencoba merebut hati H Asnawi untuk menjualnya, bahkan salah satunya sampai menawar hingga Rp 2 Miliar. Namun sayang H Asnawi tidak mau menjualnya, kini mobil itu tetap jadi miliknya.

Foto dan tanda tangan asli milik Soekarno dijual gila-gilaan

Sebuah situs Online ternama Indonesia menjual satu lagi barang peninggalan Soekarno. Sebuah foto lama dan tanda tangan surat asli Soekarno ternyata dijual dengan harga yang luar biasa.  Bagaimana tidak, dokumen lama ini dihargai sampai Rp 60 juta oleh penjualnya.

Foto Soekarno [image source]
Dalam foto tersebut juga terdapat tanda tangan asli dari presiden Soekarno yang tertulis dengan tinta bulpoin. Selain itu,   juga terdapat surat yang dilengkapi dengan dokumen dari kabinet presiden, dan  itu sudah terbukti keasliannya. Namun sampai sekarang masih belum ada kolektor barang antik yang mau menego barang bersejarah dan langkah ini.

Cindera mata milik Soekarno tidak kalah mahalnya

Tidak kalah mahal dengan yang lain, sebuah cendera mata dari zaman presiden pertama Indonesia itu juga dijual lumayan mahal. Bagaimana tidak, sebuah teko dan gelas yang berasal dari kuningan itu di bawahnya bertuliskan nama dan tanda tangan asli dari presiden Soekarno.

Cinderamata soekarno [image source]
Meskipun barang yang kecil namun nilai sejarahnya lumayan tinggi. Oleh sebab itu cinderamata peninggalan Soekarno itu dihargai mencapai Rp 20 juta per itemnya. Meskipun harganya lumayan tinggi, berdasarkan data situs online itu sudah banyak yang lumayan berminat dengan benda langkah tersebut.

Bisa sampai semahal itu memang bukan hal yang aneh. Ini bukti kalau presiden Indonesia ternyata juga merupakan orang yang sangat populer. Sebenarnya agak disayangkan kalau barang-barang peninggalan orang penting harus dijual padahal itu bisa jadi bukti sejarah. Namun uang kadang bisa membuat orang merelakan segalanya, kecuali H Asnawi mungkin ya.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya Kocak, Obrolan Orang Mesum PDKT Ngajak Chatting Endingnya Malah Bikin Ngakak 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia 10 Postingan Nyeleneh Pengguna Medsos Pamer Kemesraan, Berasa Pingin Nampol Lihatnya Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis 14 Tahun Berlalu, Begini Kabar Pemain Sinetron “Di Sini Ada Setan” yang Dulu Bikin Kamu Bergidik Ngeri Belum 30 Tahun, 5 Cewek Cantik Zaman Now Ini Sudah Bergelimang Harta, Hampir Saingi Syahrini! Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an Dulu Dianggap Naturalisasi Gagal Bersinar, Kini Nasib Van Beukering Malah Bikin Melongo 4 Barang Ini di Indonesia Harganya Luar Biasa, Tapi di Afrika Orang Miskin pun Wajib Punya
BACA JUGA