in

Belajar dari Sys Ns yang Kisah Hidupnya Bagaikan Roller Coster tapi Hebat

Awan hitam menyelimuti kancah politik di Indonesia. Pasalnya salah satu orang yang ikut mendirikan partai Demokrat meninggal dunia pada hari selasa lalu. Dia adalah Syswanto Ns Soerio Soebagio atau sering dikenal Sys Ns, pria yang memiliki nama panjang ini memang tidak begitu dikenal oleh generasi milenia. Tetapi sepak terjang kehidupannya hampir sama dengan namanya.

Pria kelahiran semarang ini dulunya merupakan anak gaul pada era 1970 an. Dan beberapa aksinya dulu memiliki sumbangsih sangat besar dalam industri radio, hiburan sampai dunia politik. Perjalanan hidupnya sebelum meninggal bisa dikatakan seperti roller coaster naik turun dan hitam putih. Tentu menjadi pelajaran berharga untuk diketahui. Lantas bagaimana kisahnya? Simak ulasannya berikut.

Sys Ns muda pernah kabur dari rumah

Sebagai anak muda di Indonesia tentu memiliki sifat bandel. Meskipun tidak berlaku untuk semua orang di negeri ini, tapi kisah Sys Ns muda tentu berada pada salah satu hal yang saya sebutkan tersebut. waktu masih berumur belasan tahun pria kelahiran semarang ini kabur dari rumah. Cerita tersebut bermula saat ayahnya di pindah tugaskan ke Semarang dari Jakarta.

Sys Ns muda [Image source]
Sebagai anak yang harus mengikuti orang tuanya membuat Sys Ns pergi ke semarang. Tetapi selang beberapa hari di memutuskan kabur untuk kembali ke Jakarta. Meskipun mendapat pertentangan dari RM Soerio Soebagio tapi hal tersebut tidak menghalanginya. Dan akhirnya dia bersekolah di SMA 3 Teladan Jakarta. Keteguhan hati yang tidak bisa digoyahkan.

Karir pendidikannya bisa dikatakan kelam

SMA 3 Teladan Jakarta tentu menjadi awal mula dia berkarir. Meskipun dibarengi dengan kemarahan sang ayah tetapi akhirnya dia tetap masuk ke sekolah tersebut. Hati RM Soerio Soebagio yang luluh sebenarnya dapat membuat untuk berprestasi. Tapi yang terjadi adalah sebaliknya. Pasalnya pria asal kelahiran semarang ini sangat buruk dalam sekolahnya.

SMA 3 Teladan [Image source]

Hal tersebutlah yang menjadikannya harus berpindah sekolah sebanyak 9 kali. Tentu sebuah hal yang tidak patut dicontoh ya sobat. Karir jebloknya tersebut juga dibarengi dengan ketidak betahannya tinggal pada rumah saudaranya yang dia tumpangi. Drama pun terjadi, Sys Ns muda harus tinggal di pos hansip dan untuk urusan ganti baju dilakukan di rumah temannya.

Terjerumus kepada lingkaran hitam

Kehidupan muda dan tidak tinggal bersama keluarga tentu sangat rawan masuk ke dalam lubang hitam. Mungkin hal ini yang dirasakan Sys Ns muda yang tinggal pos hansip. Pasalnya tempat dia tidur tersebut sering digunakan untuk minum-minuman bahkan judi. Karena itulah menjadikannya ikut terjerumus. Bahkan sering melakukan pemalakan kepada sebagian orang.

Mabuk-Mabukan [Image source]
Aksi kriminalnya tidak berhenti di situ, pasalnya pria bernama lengkap Syswanto Ns Soerio Soebagio juga pernah membacok orang. Kejadian tersebut berawal pada saat ingin membela temannya saat bertengkar dengan geng motor. Karena hal tersebut dia akhirnya diringkus ke dalam penjara Komando Daerah Kepolisian Metro Jaya. Tapi berawal dari hal itu akhirnya hidupnya berubah.

Legendanya Radio di Indonesia

1970 tentu merupakan tahun happening-nya radio yang kata Sheila On 7 selalu sejukan hari. Bagai mendapat sebuah petunjuk, Sys muda mendapatkan pekerjaannya sebagai penjual formulir lagu yang ingin di putar pada Radio Gembel. Tapi tidak lama kemudian akibat adanya perseteruan di Prambors membuatnya lebih mendalam mengenal Radio.

Sys Ns di Radio [Image source]
Hal ini disebabkan oleh para pentolan yang keluar tersebut mendirikan radio baru ABM. Lalu bagaikan mendapatkan durian runtuh. Sys menjadi terkenal akibat stasiun suara tersebut. Tetapi tidak berlangsung lama karena ABM juga bubar. Tapi kepopulerannya semakin tinggi saat menjadi bagian dari Prambors. Karirnya melambung dan banyak menggawangi radio lokal di sana, sebut saja Radio Bahana, Muara dan menjadi ketua umum seni Prambors pada tahun 1977.

Menjadi salah satu orang yang mendirikan partai Demokrat

Darah politiknya mengalir deras pada dirinya. Mungkin hal tersebut yang menjadikannya ikut serta dalam mendirikan Partai Demokrat pada tahun 2001 yang lalu. Bahkan pada tahun 2005 dengan berani medeklarasikan sebagai ketua umum partai berwarna biru tersebut. Tapi karena kalah pada kongres di Bali, Syswanto Ns Soerio Soebagio memutuskan untuk mundur.

Sys Ns demokrat [Image source]
Visi dan Misi yang bertentangan dengan dirinya menjadi alasan utama Sys angkat kaki dari Partai Demokrat. Keputusannya tersebut tentu mengingatkan pada kisah ketika dia pergi dari semarang. Tapi karir politiknya tetap berlanjut dengan mendirikan NKRI (Partai Negara Kesatuan Republik Indonesia). Meskipun tidak menjadi pemimpin tetapi kisah jatuh bangkit lagi, merupakan hal yang patut ditiru ya sobat.

Kisah hitam dan putih tentu selalu menghiasi banyak tokoh yang berpulung. Tetapi sebagai orang Indonesia, kita harus tetap mengapresiasi aksi dari Sys, yang bisa dikatakan memiliki sumbangsih terhadap negara. Tentu radio adalah buktinya, tetapi dibalik itu semua kita belajar bahwa hidup tidak selalu lurus pasti akan naik turut. Dan dari hal tersebut sobat siapkanlah hidup dengan baik. Agar nantinya dapat berguna untuk sesama. Selamat jalan Mas Sys Ns.

Written by Galih

Galih R Prasetyo,Lahir di Kediri, Anak pertama dari dua bersaudara. Bergabung dengan Boombastis.com pada tahun 2017,Merupakan salah satu Penulis Konten di sana. Lulusan Pendidikan Geografi Universitas Negeri Malang. Awalnya ingin menjadi pemain Sepak Bola tapi waktu dan ruang justru mengantarkan Ke Profesinya sekarang. Mencintai sepak
bola dan semua isinya. Tukang analisis Receh dari pergolakan masyarakat Indonesia.

Leave a Reply

Kisah Tragis 5 Polisi yang Disiksa Oleh Korban Tilangannya Sendiri

Sekolah Tarik Iuran Rp. 300.000, Ayah Sekaligus Tukang Becak Ini Langsung Banjir Air Mata