in

Kisah Miris Korban Banjir yang Lahirkan Anak di Perahu, Bayinya Dinamai Siti Nur Banjiriah

Di awal tahun 2021 ini, begitu banyak bencana di Indonesia. Mulai dari gempa, tanah longsor hingga banjir di beberapa daerah. Salah satu daerah yang mengalami banjir cukup parah adalah Kalimantan Selatan. Alhasil, tak sedikit warga yang memilih untuk mengungsi karena pemukiman yang terendam banjir.

Sebuah kisah miris belakangan ini juga viral di media sosial, di mana seorang ibu muda terpaksa melahirkan di atas perahu, dengan genangan air banjir yang memenuhi penjuru rumah. Netizen pun dibuat gagal fokus, karena bayi yang lahir diberi nama Siti Nur Banjiriah. Berikut ini adalah kronologi lahirnya si bayi di tengah banjir Kalsel yang membuat masyarakat prihatin.

Lahir di atas perahu

https://www.instagram.com/p/CKc6sytMn4I/

Bersabar dengan kondisi rumah yang digenangi banjir selama sepekan tentu tak mudah. Terlebih tak ada kendaraan yang bisa menerjang banjir, kecuali perahu. Mirisnya, Ernawati—ibu sang bayi saat itu justru merasakan kontraksi. Awalnya, Ernawati dan keluarga memang berniat untuk pergi ke tempat persalinan. Namun sayangnya, baik klinik dan puskesmas semua terendam banjir. Sementara kelahiran si bayi tak bisa ditunda lagi, Ernawati pun terpaksa lahiran di atas perahu.

Hanya dibantu bidan dan keluarga

Siti Banjiriah [sumber gambar]
Ernawati mengaku jika ia terpaksa melahirkan putri keduanya dengan kondisi yang tak layak. Ernawati memang dibantu oleh bidan, namun kondisi sekitar jauh dari kata steril secara medis. Meski demikian, Ernawati berhasil lahirkan bayi cantik yang sehat seberat 3,3 kg. Diberikan nama Siti Nur Banjiriah adalah untuk mengenang kelahiran si bayi yang termasuk sangat luar biasa. Ernawati mengaku sangat bersyukur dengan kehadiran buah hatinya.

Mendapat banyak bantuan dari warga sekitar

Kisah Siti Nur Banjiriah [sumber gambar]
Meski sama-sama menjadi korban bencana banjir, namun warga sekitar rupanya turut berbahagia atas lahirnya Siti Nur Banjiriah. Tak sedikit yang berbondong-bodong datang menengok kondisi si bayi dan ibunya, membawakan keperluan bayi hingga asupan gizi, agar si bayi bisa tetap sehat meski kondisi alam sedang tidak bersahabat.

Komentar netizen

Siti Nur Banjiriah [sumber gambar]
Para netizen dibuat terharu dengan lahirnya Siti Nur Banjiriah. Melahirkan tentu bukan hal yang mudah, terlebih di tengah-tengah musibah. Tak sedikit netizen yang memberikan doa agar si bayi kelak menjadi anak yang kuat, sekuat ibunya yang berhasil lahirkan buah hati di tengah-tengah bencana alam. Terlebih bayi tersebut juga terlihat sangat cantik, berambut lebat, dan sehat.

BACA JUGA: Kisah Banjir Jakarta Tahun 1918 yang Dulu Bikin Warga Lokal dan Orang Belanda Kalang Kabut

Bencana mungkin membuat seseorang merana, namun kehadiran sang buah hati adalah rezeki yang tak ternilai besarnya. Kelahiran Siti Nur Banjiriah adalah bukti jika Tuhan pasti akan memberikan pelangi setelah hujan.

Written by Nikmatus Solikha

Leave a Reply

Mengenal Sharo, Tradisi Suku Fulani di Mana Mesti Tahan Pukul Agar Dianggap Dewasa

Mengungkap Fakta ‘Dokter Siluman’ di Cina, Rela Menipu Demi Jual Organ Korban Kecelakaan