4 Kisah Kelahiran Bayi di Tempat Tak Terduga Ini Akan Membuatmu Sadar Besarnya Pengorbanan Seorang Ibu

Betapa hebatnya para perempuan ini, mulai dari yang harus melahirkan di pinggir jalan tol sampai di dalam angkot

oleh Faradina
14:00 PM on Jul 3, 2017

Proses kelahiran bayi tentu menjadi momen yang ditunggu-tunggu oleh banyak orang ya. Tidak hanya oleh sang ibu maupun ayah, seluruh keluarga besar pasti sudah tak sabar menanti datangnya calon keluarga baru ini. Maka dari itu banyak keluarga yang akan menyiapkan dari jauh-jauh hari segala hal menjelang proses tersebut. Mulai dari perlengkapan bayi sampai yang paling penting adalah tempat bersalin. Wajarnya sih perempuan harus melahirkan di rumah sakit agar mendapat pertolongan medis dengan tepat.

Tapi apa yang terjadi bila ternyata si calon ibu justru harus menjalani proses kelahiran di tempat lain. Tentunya di waktu tidak terduga, serta tanpa adanya bantuan medis yang tepat. Pasti semua ibu hamil tidak ingin mengalaminya ya. Seperti halnya empat wanita di bawah ini, yang mungkin sudah merencanakan proses persalinannya dengan rapi, tapi ternyata kenyataan berkata lain. Mereka yang pada akhirnya melahirkan sang buah hati di waktu dan tempat tidak terduga.

Baca Juga
Dulu Dikenal Gembong Teroris Sadis, Begini Nasib Umar Patek Sekarang Yang Cinta NKRI
UU Menikahi Teman Sekantor Disahkan, Inilah 4 Hal Merugikan yang Mungkin Bisa Terjadi

Melahirkan di pinggir jalan tol

Baru-baru ini masyarakat dihebohkan dengan cerita tentang seorang ibu yang melahirkan sang bayi di pinggir jalan Tol Cipali km 82 saat arus balik lebaran. Yang namanya arus balik tentu saja jalanan akan dipadati kendaraan berlalu lalang. Saat itu sang ibu bernama Sukiati yang baru saja pulang kampung di daerah Jawa Tengah tiba-tiba merasa ingin melahirkan. Seketika itu pula bis yang ditumpanginya menepi dan Sukiati langsung mendapat penanganan dari petugas kepolisian.

Melahirkan di jalan tol [image source]
Dengan bantuan penumpang lain, akhirnya bayi Sukiati dapat lahir dengan kondisi sehat. Proses kelahiran saat itu memang terpaksa dilakukan di pinggir jalan tol karena waktu tidak memungkinkan bila sang ibu harus dibawa ke rumah sakit. Belum lagi Sukiati kala itu hanya bepergian sendirian tanpa didampingi suami maupun keluarga yang lain. Namun demikian, setelah sang bayi berhasil dilahirkan dengan segera ibu dan anak itu dibawa menuju RS Siloam Purwakarta untuk mendapatkan penanganan medis.

Kelahiran bayi di pesawat

Kalau Ibu Sukiati berhasil melahirkan sang bayi di pinggir jalan tol dengan bantuan polisi dan beberapa ibu lainnya, beda halnya dengan Yohana Ellu. Kejadian ini terjadi pada awal April lalu, di mana Yohanna merupakan salah satu penumpang maskapai Lion Air yang sedang bertolak dari Medan menuju Nusa Tenggara Timur. Belum sampai di tujuan, ternyata Yohanna terlebih dahulu merasa kesakitan layaknya akan melahirkan. Untung saja saat itu pesawatnya tengah berhenti di Bandara Internasional Hang Nadim, Batam.

Ilustrasi pesawat Lion Air [image source]
Namun proses kelahiran memang terjadi di dalam pesawat dengan bantuan pramugari. Sesampainya pesawat di bandara, petugas kesehatan memang sudah mengetahui bahwa akan ada perempuan yang melahirkan. Tapi ternyata sang bayi terlebih dahulu lahir sebelum para petugas kesehatan ini tiba di pesawat. Tapi untungnya berkat sang pramugari yang telah membantu proses persalinan berdasarkan prosedur, ibu dan anak bisa selamat. Setelah itu barulah mereka dibawa menuju Rumah Sakit Elizabeth Batam Centre untuk mendapat perawatan lanjutan.

Melahirkan bayi di toilet mall

Tak hanya di jalan tol maupun pesawat, ternyata juga ada seorang ibu muda yang melahirkan buah hatinya di toilet sebuah pusat perbelanjaan. Saat itu Nur Hakiki, mendadak merasa ingin melahirkan ketika sedang bekerja di Plaza Semanggi, Jakarta. Tanpa pikir panjang, kemudian Nur langsung menuju toilet wanita mall tersebut agar bisa melahirkan. Untungnya ketika sedang mengalami kontraksi, ada petugas kebersihan yang mengetahuinya.

Nur Hakiki [image source]
Segera setelah itu si petugas melaporkan hal tersebut pada pihak manajemen mall. Awalnya tak ada yang percaya dengan laporan tersebut, sampai kemudian dari manajemen memeriksa ke toilet dan melihat Nur sedang melakukan proses kelahiran. Setelah itu kemudian pihak Plaza Semanggi langsung membuat pengumuman melalui pengeras suara guna memanggil pengunjung yang berprofesi sebagai dokter untuk membantu. Syukurlah karena kemudian total ada empat dokter perempuan yang membantu proses persalinan sampai selesai. Setelah sang bayi lahir, barulah ibu dan anak dibawa menuju rumah sakit.

Proses persalinan di dalam angkot

Kalau sebelumnya Ibu Yohanna berhasil melahirkan di dalam pesawat yang baru saja berhenti, berbeda halnya dengan Komala. Warga Cianjur, Jawa Barat ini terpaksa harus menjalani proses persalinan di dalam sebuah angkot yang sedang berjalan. Belum lagi jalanan yang mereka lalui kondisinya rusak parah. Namun untungnya saat itu Komala sedang didampingi seorang bidan dan juga keluarganya.

Ilustrasi angkot [image source]
Kejadian bermula saat bidan desa meminta Komala menuju puskesmas karena dirasa dirinya harus mendapatkan penanganan medis saat melahirkan, sebab kandungannya bermasalah. Jadilah kemudian keluarga Komala menyewa angkot untuk membawa sang ibu. Namun apa mau dikata, kalau ternyata di tengah perjalanan Komala merasakan sakit akan melahirkan. Dengan sigap kemudian sang bidan membantu persalinan sambil terus meminta angkot dijalankan agar sampai di puskesmas secepatnya. Kejadian yang berlaku cukup cepat itu tentu saja membuat orang di dalam kendaraan tersebut bingung, namun sang bidan mampu menangani semuanya dengan baik.

Momen-momen melahirkan memang susah-susah gampang untuk ditebak waktunya. Terkadang ada orang yang sudah cukup lama menunggu di rumah sakit namun sang bayi memang belum saatnya keluar. Ada pula kasus-kasus seperti di atas, di mana para perempuan itu tidak tahu bahwa mereka akan melahirkan di waktu tak terduga. Sulit dibayangkan memang bila seorang wanita harus menjalani proses persalinan seperti di atas. Tapi syukurlah para perempuan tersebut bisa melaluinya dengan baik meski kondisi jauh dari bayangan. Mereka sekaligus juga membuktikan bahwa ibu adalah sosok perempuan kuat yang tidak bisa dipandang sebelah mata.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan 5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget Kocak, Obrolan Orang Mesum PDKT Ngajak Chatting Endingnya Malah Bikin Ngakak Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia Inilah Alasan Pakai Rok Saat Bersepeda Motor Sama dengan Bunuh Diri 10 Postingan Nyeleneh Pengguna Medsos Pamer Kemesraan, Berasa Pingin Nampol Lihatnya Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis Belum 30 Tahun, 5 Cewek Cantik Zaman Now Ini Sudah Bergelimang Harta, Hampir Saingi Syahrini! Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an 4 Barang Ini di Indonesia Harganya Luar Biasa, Tapi di Afrika Orang Miskin pun Wajib Punya
BACA JUGA