in

Keripik Hingga Bir, Inilah 4 Barang Tak Terduga Indonesia yang Ternyata Digandrungi Warga Korea

Cemilan Indo di Korsel [sumber gambar]

Kemajuan  saat ini di Korea Selatan sebagai negara yang dulu pernah mengalami ketertinggalan adalah satu hal yang ingin dicontoh Indonesia. Bagaimana tidak, selain dalam bidang teknologi, Korean wave ternyata berhasil membuat budaya dari negeri ginseng itu tersebar di seluruh penjuru dunia.

Bicara soal Korea, siapa sangka barang dari Indonesia banyak yang digandrungi di sana loh. Bayangkan saja, mulai dari keripik hingga bir pun laris di negara maju itu. Lalu barang-barang nyeleneh apa saja itu? Simak ulasan berikut ini.

Meski hanya keripik, ternyata banyak warga Korsel mencintainya

Bukan lagi rahasia kalau kudapan keripik asal Indonesia memang mempunyai citra rasa yang khas. Mungkin hal itu pula yang membuat warga Korea jadi sangat demen untuk membelinya. Dalam ajang Seoul Food 2018 di KINTEX, keripik Indonesia ternyata sangat laris dan diserbu warga di sana. Bagaimana tidak, hanya dalam gelaran pameran yang diselenggarakan selama empat hari itu kita dapat untung luar biasa.

Cemilan Indo di Korsel [sumber gambar]
Buktinya Pavilion Indonesia mendapatkan untung  sebesar US$8,19 Juta atau senilai Rp113 milyar atas transaksi langsung dalam penjualan keripik. Menurut beberapa pengunjung yang membeli keripik Indonesia ini mengaku kesengsem dengan rasa yang khas, dan pengolahan yang terjamin.

Indonesia kaya SDA, limbah kayunya dibawa ke Korea

Kekayaan sumber daya alam Indonesia mungkin sudah tak perlu dipertanyakan lagi. Mungkin hal itu pula yang membuat Korea jadi berminat dalam melakukan eskpor beberapa komoditas. Nah, beberapa waktu yang lalu ternyata negeri ginseng tersebut tertarik dalam melakukan ekspor limbah kayu asal Progo, Jogja.

Pabrik limbah kayu kerja sama dua negara [sumber gambar]

Tak sampai disitu, bahkan Korea berniat melakukan investasi dengan membangun beberapa pabrik di Indonesia khusus untuk mengolah limbah kayu ini untuk dijadikan biomassa. Hal ini serupa dengan apa yang dikatakan oleh Direktur Jenderal Perhutanan Sosial dan Kemitraan Lingkungan KLHK, Hadi Daryanto bahwa Korsel butuh lahan banyak untuk investasi ini. Proposal yang diajukan sekitar 200 ribu ha dan yang sudah disetujui Menhut sekitar 140 ribu ha dengan nilai investasi Rp 6 triliun.

Jangan kaget, bir Indonesia diekspor sampai Korea

Di Indonesia, penjualan bir memang sengat diatur ketat oleh negara, semua demi kepentingan bersama dan nasib generasi muda. Namun siapa sangka, justru komoditi ini yang diminati oleh Korea Selatan loh. Ya, lantaran penjualan di negeri terbatas, ternyata beberapa produsen mencoba peruntungan di negeri ginseng sana.

bir Bintang di Korea [sumber gambar]
Dan benarlah apa yang diperkirakan kalau bir bermerk Bintang ternyata laris di pasar sana. Hal ini sejatinya jadi kebanggaan tersendiri, meskipun masyarakat kita mayoritas tidak mengkonsumsinya, namun di Korea sendiri digandrungi. Bagaimana tidak, di sana setiap barang yang masuk termasuk bir harus memenuhi standar tinggi yang tidak sembarangan.

Yang selalu jadi idola, mie instan Indonesia

Tentu hampir seluruh penjuru dunia tahu mengenai kelezatan mie asal Indonesia. Bagaimana tidak, dengan dipadukan dengan beberapa rasa dari tanah air membuat makanan instan ini bikin banyak orang ketagihan. Bahkan sampai-sampai punya banyak pabrik di luar negeri sana lantaran digandrunginya.

Mie Indonesia di Korea [sumber gambar]
Pun demikian di Korea Selatan sana, dimana mie instan seperti ramen sangat digandrungi. Indomie sepertinya sudah menjadi alternatif baru mie instan di sana yang bosan dengan rasa itu-itu saja. Hal ini diketahui saat Korea International Noodle Expo 2016 dimana antrian stand Indomie selalu panjang dan ramai.

Tentu menjadi kebanggaan tersendiri buat negara kita dimana banyak barang yang ternyata digandrungi di Korea Selatan sana, meskipun banyak yang tak terduga. Bisa saja hal ini menjadi sebuah tanda-tanda hubungan kedua negara yang makin erat dan saling menguntungkan untuk keduanya.

Written by Arief

Seng penting yakin.....

Leave a Reply

Tak Banyak yang Tahu, 6 Artis Ini Diam-diam Melangsungkan Pernikahannya di Luar Negeri

7 Fitur Whatsapp Ini Kebangetan Canggih, dari Lindungi Privasi Sampai Bikin Chat Tambah Seru