in

Bank Mandiri Salurkan Kredit Rp 3 Triliun Untuk Pelindo IV

Bank Mandiri Salurkan Kredit Rp 3 Triliun Untuk Pelindo IV via metrotvnews
Bank Mandiri Salurkan Kredit Rp 3 Triliun Untuk Pelindo IV via metrotvnews

PT Bank Mandiri Tbk ikut mendukung program infrastruktur pemerintah melalui penyaluran fasilitas kredit investasi kepada PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) IV senilai Rp 3 triliun untuk mendukung pembangunan Makassar New Port. Selain itu, dana tersebut akan digunakan untuk pengembangan peralatan, fasilitas pelabuhan, serta modernisasi peralatan bongkar muat di berbagai wilayah kerja Pelindo IV. Fasilitas pinjaman akan dikucurkan dalam jangka waktu 7,5 tahun.

Direktur Corporate Banking Bank Mandiri Royke Tumilaar mengatakan aksi korporasi ini dimaksudkan untuk mempercepat pengadaan infrastruktur nasional serta untuk mendukung program tol laut yang telah dicanangkan oleh Presiden Joko Widodo beberapa waktu lalu. “Kami bergembira karena melalui sinergi antar BUMN ini, Bank Mandiri dapat sekali lagi membuktikan komitmennya dalam memperkuat daya dukung infrastruktur kemaritiman nasional, termasuk sektor kepelabuhanan,” katanya, Selasa (12/5).

Hingga saat ini, Bank Mandiri telah mengucurkan pembiayaan kepada sektor kemaritiman sebesar Rp 17,1 triliun atau setara dengan 19,02 persen dari total pembiayaan perbankan nasional. Pembangunan Makassar New Port sendiri merupakan langkah aktif Pelindo IV untuk memenuhi kebutuhan pelabuhan peti kemas Makassar dan menjadi penyambung (konektivitas) antar pulau serta mendukung sistem logistik nasional khususnya di wilayah Indonesia Timur.

Dalam pembangunannya, Pelindo IV yang mengusung tagline menjadi Lokomotif Indonesia Timur akan mengembangkan konsep port create the trade atau mengikuti supply approach strategy. Berdasarkan strategi ini, Makassar New Port nantinya akan terintegrasi dengan rencana proyek jalur kereta api untuk barang di Sulawesi Selatan sehingga mempermudah distribusi barang angkutan. Dengan ini diharapkan dengan adanya pembangunan pelabuhan akan memancing pertumbuhan arus kapal logistik yang didukung oleh pertumbuhan industri di Kawasan Timur Indonesia.

Written by Adys Disty

Leave a Reply

Bank Mandiri Berikan Dana Rp 1 Miliar Untuk Pembangunan Pasar Darurat Klewer

Masuk Dalam Daftar Prostitusi Artis, Ini Penjelasan Hesty Klepek Klepek