5 Bangunan Menakjubkan yang Didirikan Atas Obsesi Para Miliuner Eksentrik

oleh Rizal
15:35 PM on Aug 12, 2015

Bill Gates belakangan sangat getol mengurusi proyek barunya. Bukan tentang Microsoft, tapi sebuah penemuan di bidang kemanusiaan. Bill membangun sebuah mesin yang bisa memproses feses manusia menjadi air langsung minum. Begitu pula dengan Mark Zuckerberg. Baru-baru ini ia sangat sibuk menyediakan layanan internet gratis bagi negara-negara yang membutuhkan lewat wacana internet.org-nya. Indonesia sendiri salah satu yang menerima bantuan Mark tersebut.

Jika diperhatikan kedua orang di atas punya kesamaan. Selain cerdas, mereka juga punya jiwa sosial yang tidak main-main. Namun tidak semua miluner seperti ini lho. Ada cukup banyak orang kaya yang hanya menuruti hawa nafsunya saja tanpa memperhatikan yang lain. Selain hidup bergelimang kemewahan, mereka kerap terobsesi untuk mendirikan bangunan nyentrik demi memuaskan keinginan.

Baca Juga
Dulu Dikenal Gembong Teroris Sadis, Begini Nasib Umar Patek Sekarang Yang Cinta NKRI
UU Menikahi Teman Sekantor Disahkan, Inilah 4 Hal Merugikan yang Mungkin Bisa Terjadi

Kali ini Boombastis akan membahas deretan bangunan yang dibangun para miliuner yang tujuannya hanya untuk memuaskan diri saja. Simak ulasannya berikut.

1. Gereja Ayam

Boombastis pernah membahas tentang seluk beluk Gereja Ayam yang ada di Magelang ini. Jika kamu belum sempat membaca ulasannya, gereja ini dibangun oleh Daniel Alamsyah yang katanya terilhami oleh sebuah wahyu. Dikatakannya kalau ia harus membangun gereja dengan bentuk burung merpati yang akhirnya orang-orang terlanjur menyebutnya dengan gereja ayam.

Gereja Ayam yang ada di Magelang [Image Source]
Gereja Ayam yang ada di Magelang [Image Source]
Untuk merealisasikannya, Daniel membeli sepetak tanah di sebuah bukit yang bernama Rhema dan kemudian membangun gereja ayam ini. Proses pembangunannya dimulai tahun 1994 dan memakan biaya kurang lebih Rp 2 miliar. Jumlah uang yang pastinya sangat banyak ketika itu.

Tempat ini memiliki beberapa lantai yang masing-masingnya punya fungsi sendiri-sendiri. Sayangnya, tempat unik dan terkesan seram ini tidak pernah diselesaikannya. Kini tempat tersebut terbengkalai dan hanya dikunjungi para wisatawan yang penasaran dengan bentuk gereja ayam yang hanya satu-satunya di dunia tersebut. Hmm, benar-benar buang-buang uang bukan?

2. Membangun Gunung Pribadi di Atas Gedung Bertingkat

Seorang miliuner asal China bernama Zhang Biqing ini benar-benar jadi inspirasi para orang kaya lain dalam menghabiskan uang. Percaya atau tidak, untuk memenuhi hasratnya akan tempat unik, ia membangun sebuah gunung pribadi di puncak gedung berlantai 26 miliknya.

Miliuner China bikin gunung di atas gedung [Image Source]
Miliuner China bikin gunung di atas gedung [Image Source]
Gunung buatan ini punya desain yang unik dan menarik. Tidak hanya memiliki bebatuan yang banyak dan berukuran besar, ia juga meletakkan pepohonan dan juga rerumputan. Ada juga sebuah pondokan kecil tempat Zhang beristirahat. Nuansanya benar-benar alami bak hidup di sebuah perbukitan namun dengan view gedung-gedung bertingkat di sekitarnya.

Sayangnya, ternyata Zhang belum menandatangani surat perjanjian membangun gunung buatan tersebut. Tidak hanya itu, hampir selama 6 tahun proses pembangunannya, Zhang sukses membuat gaduh para tetangganya. Banyak sekali surat keluhan yang diterimanya, dan hampir semuanya sepakat kalau gunung buatan ini harus disingkirkan. Waduh, kalau benar harus dihilangkan, bisa rugi berapa juta yuan tuh?

3. Seorang Miliuner Membangun Pulau Bertema Bajak Laut

Jika seorang miliuner bisa membangun sebuah gunung di atas gedung, mendekorasi pulau pribadi dengan tema bajak laut pun bukan hal yang mustahil untuk dilakukan. Seperti yang dilakukan miliuner asal Inggris ini.

Miliuner Inggris ini punya pulau bajak lautnya sendiri.
Miliuner Inggris ini punya pulau bajak lautnya sendiri.

Sang miliuner tersebut diketahui membeli sebuah pulau bernama Coffer Cabin yang letaknya berada di tengah-tengah sebuah danau. Kemudian ia merombak besar-besaran pulau yang luasnya 60 acre ini dengan tema ala dunia Jack Sparrow alias bajak laut.

Apa pun yang kamu temukan dalam film Pirates of Carribean ada di sini. Misalnya saja sebuah pub berdesain old school bernama The Black Doubloon, sebuah perahu dock kecil, air terjun sampai pantai buatan. Bahkan si miliuner yang tidak diketahui namanya ini punya tempat tidur mewah ala bajak laut.

Menurut kabar, si miliuner ini benar-benar membangun pulau tersebut dari awal. Termasuk menaikkan daratan dengan pasir dan tanah, membuat air terjun dan juga membuat kanal-kanal air di dalam pulau. Desainernya sendiri adalah The Master Wishmaker yang kerap kali ditunjuk untuk mendesain bangunan-bangunan spektakuler.

4. Membangun Akuarium Memanjang Sebagai Ganti Pagar

Jika kamu adalah pecinta berat ikan dan juga seorang miliuner, hal gila apa sih yang akan kamu lakukan? Membangun akuarium pribadi besar di dalam rumah? Hmm, mungkin apa yang akan kamu lakukan tidak akan pernah segila miliuner asal Turki bernama Mehmet Ali ini. Bagaimana tidak, ia mengganti semua pagar besi yang mengelilingi rumahnya dengan akuarium panjang yang di dalamnya terdapat ribuan ikan.

Karena pagar dari beton atau besi sudah terlalu mainstream dan tak mahal [Image Source]
Karena pagar dari beton atau besi sudah terlalu mainstream dan tak mahal [Image Source]
Proyek ini dimulai pada tahun 2005 dan menghabiskan dana sekitar $21000. Proses pembuatannya sendiri bisa dibilang cukup rumit. Selain konstruksi, juga bagaimana agar koleksi ikan-ikannya ini tidak mati. Kemudian ia membangun sebuah pipa bawah tanah sepanjang 400 meter yang fungsinya untuk memfilter air yang ada di akuarium. Air yang terus menerus mengalir ini membuat ikan-ikan bisa tetap sehat serta akuariumnya tetap bersih.

Gara-gara pagar yang tidak biasa ini, akhirnya rumah Mehmet banyak dikunjungi orang bahkan wisatawan. Pria kaya tersebut sudah sering melihat orang-orang berfoto atau mengambil video keunikan pagar ‘hidup’- nya tersebut.

Tapi, jangan sekali-kali mencoba memancing atau mendekati akuarium. Mehmet rupanya telah meletakkan belasan CCTV yang bisa mendeteksi wajah untuk menjaga pagar uniknya dari tangan-tangan jahil. Pagar tersebut juga dibekali dengan sebuah sensor gerak, jadi ketika seseorang berupaya mendekat maka alarm akan berbunyi kencang. Hmm, sepertinya ide yang cukup bagus untuk diaplikasikan di rumah.

5. Mendirikan Kantor Unik Berbentuk Pesawat Star Trek

Banyak yang bilang kalau uang tidak bisa membeli segalanya. Memang benar sih, tapi percayalah uang akan memudahkan seseorang untuk memiliki apa pun, termasuk bangunan perkantoran ala pesawat Star Trek. Yup, seorang miliuner asal China berhasil membuat para penggemar Star Trek iri luar biasa lantaran ia bisa membangun sebuah gedung yang sangat mirip dengan USS Enterprice.

Bentuknya sudah mirip, sayangnya tidak bisa terbang [Image Source]
Bentuknya sudah mirip, sayangnya tidak bisa terbang [Image Source]
Miliuner ini bernama Liu Dejian yang juga CEO dari sebuah perusahaan developer game bernama NetDragon. Tak ada alasan khusus kenapa Liu membangun kantornya mirip dengan USS Enterprice selain ia memang terinspirasi olehnya.

Proses pembangunan gedung unik ini memakan biaya hampir $150 juta dan selesai dalam empat tahun yang dimulai pada 2010. Bangunan ini diperkirakan memiliki luas sekitar 260 meter dan punya banyak sekali keunikan di dalamnya.

Ketika memasukinya, kamu akan merasakan atmosfir seperti berada di USS Enterprice asli. Bangunan ini terdiri dari berbagai level dengan masing-masing ruangannya terdapat pintu otomatis. Tidak hanya itu, ada juga sebuah replika fosil T-Rex berskala 1:1 yang terletak di tengah-tengah bangunan.

Liu sendiri adalah orang terkaya nomor 320 se-China. Diperkirakan kekayaannya mencapai $600 juta. Dengan jumlah uang seperti itu, sepertinya Liu bisa membangun beberapa lagi USS Enterprice.

Berbekal uang yang sangat banyak, para miliuner ini tentu bebas mau melakukan apa. Entah memagari rumahnya dengan akuarium atau mendekorasi pulau pribadi dengan tema ala bajak laut. Jika kamu menjadi miliuner suatu saat, hal keren apa yang akan kamu buat?

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo Kocak, Obrolan Orang Mesum PDKT Ngajak Chatting Endingnya Malah Bikin Ngakak Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia Inilah Alasan Pakai Rok Saat Bersepeda Motor Sama dengan Bunuh Diri 10 Postingan Nyeleneh Pengguna Medsos Pamer Kemesraan, Berasa Pingin Nampol Lihatnya 4 Ciri-Ciri Ini Bisa Jadi Indikasi Kalau Sebuah Warung Pasang Jin Penglaris, Hati-Hati! Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis Belum 30 Tahun, 5 Cewek Cantik Zaman Now Ini Sudah Bergelimang Harta, Hampir Saingi Syahrini! Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an
BACA JUGA