Seperti yang kita tahu, kalau tusuk gigi sering sekali digunakan orang banyak. Fungsinya yang membuat gigi kita menjadi bersih itulah jadi alasan utamanya. Lalu, dengan tusuk gigi, kita tidak perlu lagi membawa sikat ke mana-mana untuk membersihkan organ di dalam mulut. Jadi, bisa disimpulkan deh kalau tusuk gigi bisa membuat senyum kita menjadi lebih kece lagi.

Tapi, menurut Farichah Hanum selaku Ketua Umum Persatuan Dokter Gigi Indonesia menyebutkan kalau penggunaan alat tersebut dapat merusak gigi. Bahkan, ada efek-efek lain yang bisa ditimbulkan oleh pembersih gigi satu ini. Contoh dampak dari tusuk gigi ini adalah sebagai berikut.

Gigi pun jadi terkena efek buruknya

Sebabkan gigi berlubang [Sumber Gambar]
Penggunaan tusuk gigi memang sangat tidak dianjurkan karena ada beberapa alasan. Seperti yang pernah diungkapkan oleh Dr. Alatishe Muhammad, ahli Kedokteran Gigi di Ilorin kalau alat tersebut bisa menyebabkan abrasi pada organ pengunyah makanan itu. Jika kita menggunakan alat tersebut secara terus menerus, maka gigi kita akan menjadi berlubang. Lebih parahnya lagi, gigi juga dapat mengalami pengeroposan. Bisa dibayangkan dong kalau kita terus menggunakan tusuk gigi?

Gusi pun juga bisa terkena dampaknya

Mengakibatkan gusi bengkak [Sumber Gambar]
Selain bisa membuat gigi menjadi abrasi, penggunaan alat tersebut ternyata mengundang kerusakan pada gusi. Salah satunya adalah gusi mengeluarkan darah. Hal ini juga sudah diamini oleh Dedy Yudha Rismanto selaku Dokter Gigi di Indonesia. Jika gusi mengeluarkan darah, secara otomatis bisa membuat luka pada organ tersebut. Akibatnya, akan ada penyakit-penyakit baru yang muncul pada gusi. Contohnya saja sariawan atau gusi bengkak.

Akan ada banyak bakteri yang berkumpul di dalam mulut

Timbulkan penyakit gigi dan gusi [Sumber Gambar]
Ada lagi nih akibat yang ditimbulkan dari pemakaian tusuk gigi ini. Adalah bisa menjadi media penyebar bakteri yang telah disebutkan oleh Drg. Callista Angelina. Ini dikarenakan tusuk gigi terbuat dari bahan kayu dan plastik yang kemungkinan besar menjadi tempat berkembang biaknya bakteri. Jikalau bakteri tersebut jumlahnya sangat banyak, maka akan mengakibatkan penyakit gigi maupun gusi.

Penampilan kalian jadi tak keren lagi

Menyebabkan gigi renggang [Sumber Gambar]
Ternyata, alat pembersih dari tersebut tidak hanya membuat penyakit baru pada gigi dan organ dalam mulut lainnya. Tapi juga berdampak pada tatanan gigi Sahabat Boombastis. Berdasarkan hasil penelitian yang dipublikasikan dalam British Dental Journal, kalau penggunaan benda kecil ini bisa membuat gigi menjadi merenggang atau melebar. Ini bisa terjadi jika bagian yang diperlakukan dengan tusuk gigi adalah sama setiap harinya. Kalau gigi merenggang, maka akan ada lebih banyak sisa makanan yang terjebak di sana. Sehingga akan membuat karang gigi berkembang lebih cepat.

Kalau sudah seperti ini, alangkah lebih baik kurangi penggunaan tusuk gigi ya. Agar gigi dan semua organ dalam mulut terhindar dari yang namanya beragam penyakit. Tapi jika kalian masih terbiasa menggunakan tusuk gigi, ada benda lain kok yang bisa menggantikannya. Yaitu menggunakan dental floss. Menurut Richard Kabanda seorang Dokter Gigi di Uganda mengungkapkan kalau dental floss ini sangat aman digunakan dan berisiko kecil melukai gusi atau organ mulut lainnya. Bagi yang belum tahu, dental floss merupakan benang yang sangat tipis dan fungsinya sama seperti tusuk gigi. Namun, sebelum kalian menggunakan benda tersebut harus konsultasikan dulu ke dokter gigi ya.