in

Waspada, Bahaya yang Mungkin Mengintai di balik Asyiknya Permainan Fidget Spinner

Jari hampir putus [image source]

Akhir-akhir ini, jenis mainan baru bernama fidget spinner benar-benar menjadi booming di masyarakat. Bukan hanya seru, namun permainan ini dipercaya dapat menghilangkan stress pada para penggunanya. Oleh sebab itu sangat banyak pemuda yang berbondong-bondong membeli mainan ini karena lagi tren.

Namun demikian ternyata mainan asal Amerika ini ternyata juga bisa berbahaya bagi penggunanya. Bukan hanya secara fisik namun juga psikis penggunanya juga ikut terancam. Meskipun terlihat biasa saja, namun diperlukan kehati-hatian dan kontrol diri saat menggunakan. Jadi bahaya apa saja yang bisa mengancam? Simak ulasan berikut.

Waspada roller bisa tertelan ke kerongkongan

Kita tahu kalau mainan yang fidget spinner ini benar-benar sedang tren di masyarakat. Namun meskipun begitu, saat memainkannya mesti sangat waspada. Terutama para anak-anak, karena mereka masih polos dan tidak tahu apa-apa. Ternyata roller dalam fidget spinner itu cukup berbahaya kalau ditelan. Pasalnya bagiannya yang licin, membuatnya bisa dengan mudah masuk ke dalam tenggorokan.

Tersangkut tenggorokan [image source]
Seperti kisah seorang anak di Amerika ini, lantaran ingin membersihkan bagian roller, dia menggunakan air liur di mulutnya sendiri. Namun nahas ternyata roller tersebut tertelan ke mulut dan masuk kerongkongan. Akhirnya anak tersebut masuk ke rumah sakit dan beruntung nyawanya masih bisa terselamatkan meskipun melewati operasi yang menakutkan. Ini menjadi pelajaran bagi kita juga untuk anak-anak agar tidak memasukkan fidget spinner ke dalam mulut, karena sangat berbahaya.

Jari bisa tersangkut pada fidget spinner

Ada berbagai jenis fidget spinner, namun yang paling umum adalah yang memilik lubang di bagian pinggirnya. Namun siapa sangka, kalau tipe yang umum ini ternyata juga lumayan berbahaya. Pasalnya bagian lubang itu kadang ada yang muat untuk di masukan jari. Itulah yang membuat bahaya, karena jika jari sudah di masukan, maka sangat sulit sekali dicabut kembali.

Jari hampir putus [image source]
Akibatnya, jari akan tersangkut di bagian tersebut. Tidak ada cara lain selain haru memotong bagian tersebut dengan gunting atau benda tajam lainnya. Kecelakaan semacam ini pernah terjadi pada seorang anak yang mengakibatkan orang tuanya mesti membawanya ke rumah sakit.

Bahaya pada mata untuk yang versi tajam

Berbeda dengan yang versi umum, ada pula fidget spinner yang memiliki sisi tajam di bagian pinggirnya. Kalau dilihat memang tampak menarik, namun pastinya memiliki sisi berbahayanya pula. Bagian tajam tersebut, bisa dengan muda melukai kulit atau mata.

mata hampir buta [image source]
Akibatnya mulai dari luka gores hingga kebutaan bisa terjadi. Faktanya hal kasus tersebut ternyata telah terjadi beberapa kali. Baik orang dewasa maupun anak-anak, sama-sama memiliki potensi yang sama untuk mengalami kecelakaan yang serupa. Jadi mesti sangat hati-hati.

Kecanduan yang parah

Selain dari sisi fisik, ternyata fidget spinner ini juga bisa berakibat fatal bagi mental penggunanya. Ternyata permainan ini selain dipercaya menghilangkan strees ternyata juga bisa menjadi penggunanya jadi kecanduan. Oleh sebab itu saat ini sudah banyak sekolah maupun tempat kerja yang melarang untuk membawa mainan yang lagi tren tersebut.

bisa kecanduan [image source]
Meskipun mungkin dipercaya menghilangkan stress namun hasilnya fokus para pelajar dan pegawai jadi makin menurun karena tidak bisa menahan keinginan untuk memainkannya. Hal ini akhirnya mempengaruhi produktivitas dan konsentrasi belajar para penggunanya. Wajar kalau permainan ini sering ditentang di beberapa sekolah dan perusahaan.

Ternyata di balik kesenangan yang ditawarkan mainan ini ada bahaya yang mengintai. Namun itu semua bisa saja ditanggulangi  dengan kehati-hatian si pengguna. Oke saja sih kalau mau main fidget spinner ini namun harus selalu waspada. Kalau tidak, bukannya menghilangkan stress malah diri ini yang kena musibah.

Written by Arief

Seng penting yakin.....

Leave a Reply

Menengok Jantung Kemiskinan Eropa yang Jarang Tersentuh Mata Kamera

Lucunya Meme ‘Mulai dari Nol’ ala SPBU Ini Bakal Bikin Kamu Ketawa Saat Isi BBM