Waspada, Bahaya yang Mungkin Mengintai di balik Asyiknya Permainan Fidget Spinner

Meskipun sangat menyenangkan, namun diperlukan kehati-hatian

oleh Arief Dian
10:00 AM on Jun 11, 2017

Akhir-akhir ini, jenis mainan baru bernama fidget spinner benar-benar menjadi booming di masyarakat. Bukan hanya seru, namun permainan ini dipercaya dapat menghilangkan stress pada para penggunanya. Oleh sebab itu sangat banyak pemuda yang berbondong-bondong membeli mainan ini karena lagi tren.

Namun demikian ternyata mainan asal Amerika ini ternyata juga bisa berbahaya bagi penggunanya. Bukan hanya secara fisik namun juga psikis penggunanya juga ikut terancam. Meskipun terlihat biasa saja, namun diperlukan kehati-hatian dan kontrol diri saat menggunakan. Jadi bahaya apa saja yang bisa mengancam? Simak ulasan berikut.

Baca Juga
Dulu Dikenal Gembong Teroris Sadis, Begini Nasib Umar Patek Sekarang Yang Cinta NKRI
UU Menikahi Teman Sekantor Disahkan, Inilah 4 Hal Merugikan yang Mungkin Bisa Terjadi

Waspada roller bisa tertelan ke kerongkongan

Kita tahu kalau mainan yang fidget spinner ini benar-benar sedang tren di masyarakat. Namun meskipun begitu, saat memainkannya mesti sangat waspada. Terutama para anak-anak, karena mereka masih polos dan tidak tahu apa-apa. Ternyata roller dalam fidget spinner itu cukup berbahaya kalau ditelan. Pasalnya bagiannya yang licin, membuatnya bisa dengan mudah masuk ke dalam tenggorokan.

Tersangkut tenggorokan [image source]
Seperti kisah seorang anak di Amerika ini, lantaran ingin membersihkan bagian roller, dia menggunakan air liur di mulutnya sendiri. Namun nahas ternyata roller tersebut tertelan ke mulut dan masuk kerongkongan. Akhirnya anak tersebut masuk ke rumah sakit dan beruntung nyawanya masih bisa terselamatkan meskipun melewati operasi yang menakutkan. Ini menjadi pelajaran bagi kita juga untuk anak-anak agar tidak memasukkan fidget spinner ke dalam mulut, karena sangat berbahaya.

Jari bisa tersangkut pada fidget spinner

Ada berbagai jenis fidget spinner, namun yang paling umum adalah yang memilik lubang di bagian pinggirnya. Namun siapa sangka, kalau tipe yang umum ini ternyata juga lumayan berbahaya. Pasalnya bagian lubang itu kadang ada yang muat untuk di masukan jari. Itulah yang membuat bahaya, karena jika jari sudah di masukan, maka sangat sulit sekali dicabut kembali.

Jari hampir putus [image source]
Akibatnya, jari akan tersangkut di bagian tersebut. Tidak ada cara lain selain haru memotong bagian tersebut dengan gunting atau benda tajam lainnya. Kecelakaan semacam ini pernah terjadi pada seorang anak yang mengakibatkan orang tuanya mesti membawanya ke rumah sakit.

Bahaya pada mata untuk yang versi tajam

Berbeda dengan yang versi umum, ada pula fidget spinner yang memiliki sisi tajam di bagian pinggirnya. Kalau dilihat memang tampak menarik, namun pastinya memiliki sisi berbahayanya pula. Bagian tajam tersebut, bisa dengan muda melukai kulit atau mata.

mata hampir buta [image source]
Akibatnya mulai dari luka gores hingga kebutaan bisa terjadi. Faktanya hal kasus tersebut ternyata telah terjadi beberapa kali. Baik orang dewasa maupun anak-anak, sama-sama memiliki potensi yang sama untuk mengalami kecelakaan yang serupa. Jadi mesti sangat hati-hati.

Kecanduan yang parah

Selain dari sisi fisik, ternyata fidget spinner ini juga bisa berakibat fatal bagi mental penggunanya. Ternyata permainan ini selain dipercaya menghilangkan strees ternyata juga bisa menjadi penggunanya jadi kecanduan. Oleh sebab itu saat ini sudah banyak sekolah maupun tempat kerja yang melarang untuk membawa mainan yang lagi tren tersebut.

bisa kecanduan [image source]
Meskipun mungkin dipercaya menghilangkan stress namun hasilnya fokus para pelajar dan pegawai jadi makin menurun karena tidak bisa menahan keinginan untuk memainkannya. Hal ini akhirnya mempengaruhi produktivitas dan konsentrasi belajar para penggunanya. Wajar kalau permainan ini sering ditentang di beberapa sekolah dan perusahaan.

Ternyata di balik kesenangan yang ditawarkan mainan ini ada bahaya yang mengintai. Namun itu semua bisa saja ditanggulangi  dengan kehati-hatian si pengguna. Oke saja sih kalau mau main fidget spinner ini namun harus selalu waspada. Kalau tidak, bukannya menghilangkan stress malah diri ini yang kena musibah.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan 5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget Kocak, Obrolan Orang Mesum PDKT Ngajak Chatting Endingnya Malah Bikin Ngakak Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia Inilah Alasan Pakai Rok Saat Bersepeda Motor Sama dengan Bunuh Diri 10 Postingan Nyeleneh Pengguna Medsos Pamer Kemesraan, Berasa Pingin Nampol Lihatnya Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis Belum 30 Tahun, 5 Cewek Cantik Zaman Now Ini Sudah Bergelimang Harta, Hampir Saingi Syahrini! Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an 4 Barang Ini di Indonesia Harganya Luar Biasa, Tapi di Afrika Orang Miskin pun Wajib Punya
BACA JUGA