in

Bacaan Sholawat Saat Memiliki Hajat atau Keinginan, Tak Hanya Terkabul tapi Juga Diampuni Dosanya

Setiap manusia pasti memiliki hajat atau keinginan. Entah itu keinganan duniawi maupun akhirat. Islam menganjurkan umat muslim untuk memperbanyak membaca sholawat jika memiliki keinginan.

Namun tak hanya itu, membaca sholawat juga dapat mendatangkan kedamaian dan ketenangan. Membaca sholawat juga merupakan tanda cinta umat muslim kepada Nabi Muhammad SAW. Berikut keutamaan serta bacaan sholawat yang bisa diamalkan oleh umat muslim.

Menjadi penghapus dosa

Muslim berdoa [sumber gambar]
Manusia adalah mahkluk yang bergelimang dosa. Dosa-dosa itu bisa menjadi penyebab tidak terkabulnya doa dan hilangnya pahala. Nabi Muhammad SAW memerintahkan umat muslim untuk membaca sholawat karena itu adalah penghancur dosa. Dalam salah satu hadist, Nabi Muhammad  SAW bersabda bersholawat sebanyak 40 hari di hari Jumat, maka Allah SWT akan menghapus semua dosa-dosanya.

Terhindar dari kesulitan dunia dan akhirat

Kesulitan hidup [sumber gambar]
Hidup penuh kemudahan di dunia pasti menjadi dambaan banyak orang. Namun tak hanya itu, umat muslim juga mengharap kemudahan di akhirat karena dunia hanya menjadi tempat singgah sementara, sedangkah akhirat adalah alam yang kekal. Dari At-Tufail ibnu Ubay, seorang pria pernah bertanya kepada Rasulullah SAW bagaimana jika dia menjadikan semua doanya untuk Nabi. Rasulullah SAW menjawab Allah SWT akan menghindarkan pria itu dari kesulitan di dunia dan akhirat.

Dijauhkan dari api neraka

Ilustrasi neraka [sumber gambar]
Surga adalah janji Allah SWT bagi umat muslim yang memegang teguh imannya. Tapi Allah SWT juga menciptakan neraka bagi manusia yang ingkar dan tidak beriman. Salah satu cara agar dijauhkan dari panasnya api neraka adalah membaca sholawat. Rasulullah SAW bersabda barangsiapa bersholawat seribu kali, maka tak akan disentuh api neraka. Sebaliknya, orang yang rajin bersholawat tidak akan meninggal dunia kecuali dihadiahkan masuk surga.

Terkabulnya hajat

Muslim berdoa [sumber gambar]
Ada kalanya kita merasa sudah berdoa namun keinginan kita belum dikabulkan. Mungkin saja hal itu disebabkan kita jarang membaca sholawat, padahal salah satu manfaat sholawat adalah dikabulaknnya hajat. Ibnu Hajar dalam kita Al-Shawa’iq berkata siapa saja yang membaca sholawat kepada Nabi Muhammad SAW sebanyak seratus kali, maka Allah akan mengabulkan 70 hajatnya di akhirat dan 30 untuk hajat dunianya.

Bacaan sholawat ketika memiliki hajat

Sholawat hajat [sumber gambar]
Allohumma sholli ‘ala sayyidina muhammadin wa ‘ala aali sayidina muhammadin wa ‘ala ahli baitihi. “Ya Allah, limpahkanlah rahmat kepada junjungan kami, Nabi Muhammad, kepada keluarganya dan kepada penghuni rumahnya (ahlil bait).” Syaikh Yusuf bin Ismail Al-Nabhani dalam kitab Afdalus Shalawat ‘ala Sayyidis Sadat menganjurkan memperbanyak bacaan sholawat tersebut agar keinginan kita dikabulkan.

BACA JUGA: 6 Amalan yang Dipercaya Mendatangkan Banyak Rezeki

Selain keutamaan di atas, membaca sholawat juga membuat umat muslim mendapatkan pertolongan atau syafaat dari Rasulullah SAW kelak di hari akhir. Membaca sholawat setiap hari juga menambah banyak pahala. Apalagi membaca sholawat di bulan Ramadan yang penuh berkah.

Written by F A Agustina

7 Hal Ini Makruh Dilakukan di Saat Berpuasa

Melihat Pernikahan Mewah Hyun Bin dan Son Ye Jin, Biaya Selangit sampai Deretan Artis Papan Atas