in

6 Amalan yang Dipercaya Mendatangkan Banyak Rezeki

Meskipun konteks bekerja dan melakukan usaha adalah untuk memenuhi kebutuhan hidup, namun pada akhirnya semua itu tujuannya sama, yakni jadi orang kaya. Ya, siapa pun itu pasti punya angan-angan untuk bisa menikmati rumah mewah, kendaraan bagus, dan menyenangkan hidup dengan liburan dan belanja barang-barang cantik. Sayangnya, untuk jadi kaya memang tak pernah mudah.

Bekerja banting tulang, eh ternyata juga tidak mendatangkan kekayaan yang dimaksud. Semua orang mengalami ini dan hampir mayoritas juga lupa jika kekayaan sebenarnya tak harus dicari dengan jalan yang kelihatan saja. Maksudnya bukan lewat jalan sesat, melainkan cara-cara lain yang sangat dianjurkan oleh agama. Sudah banyak orang yang membuktikan jika mereka ketimpahan banyak sekali rezeki lantaran melakukan amaliah tertentu.

Tak bermaksud untuk mengajarkan malas bekerja fisik, namun lakukan pula amalan-amalan ini agar rezeki bisa makin luas sehingga kekayaan bisa melimpah. Berikut ulasannya.

1. Sholat Dhuha

Sudah banyak cerita-cerita tentang orang yang merutinkan sholat dhuha dan mendapati rezeki mereka lancar luar biasa. Sholat duha dilakuan sama seperti sholat fardu hanya saja jumlah rokaatnya yang menyesuaikan serta waktunya yang berbeda pula. Sholat dhuha bisa dilakukan minimal dua rokaat hingga maksimal 12 rokaat. Sedangkan waktunya adalah setelah fajar atau tergelincirnya matahari.

Sholat duha-lah maka pintu rezeki akan dibuka selebar-lebarnya [Image Source]
Sholat duha-lah maka pintu rezeki akan dibuka selebar-lebarnya [Image Source]
Banyak riwayat yang menunjukkan keutamaan sholat dhuha, terutama yang urusannya dengan rezeki. Tergantung dari berapa banyak jumlah rokaat yang kita lakukan, maka semakin besar pahalanya. Bahkan ada suatu riwayat yang mengatakan jika kita rutin 12 rokaat sholat duha, maka Allah akan membangunkan sebuah rumah indah di surga nanti. Manfaatkan sedikit waktu luang ketika pagi untuk melakukan amalan ini. Insyaallah maka segala usaha akan lancar.

2. Dengan Bersedekah

Surat Al An’am ayat 160 menjelaskan dengan sangat gamblang jika kita bersedekah satu balasannya minimal 10. Jika Allah saja sudah berjanji demikian, lantas kenapa kita tidak mempercayai hal ini? Maka dari itu, kita bisa memanfaatkan ini sebagai jalan untuk memperlancar rezeki.

Kaya lewat sedekah adalah hal yang justru diajurkan [Image Source]
Kaya lewat sedekah adalah hal yang justru diajurkan [Image Source]
Sedekah seribu rupiah, sudah barang pasti akan dibalas sebanyak 10 kali lipat. Namun tidak mesti uang, tapi bisa pula dengan terhindar dari bencana, kerjaan lancar dan sebagainya. Jadi, makin banyak kita sedekah makin besar pula balasannya. Mungkin ada yang bertanya, sedekah kok tidak ikhlas? Apakah bermasalah jika kita justru mengharap kepada Allah? Justru Allah sendiri yang meminta kita untuk berdoa atas semua hajat-hajat yang diinginkan.

3. Membaca Surat Wakiah

Surat Wakiah berada di urutan 96 setelah Surat Ar-Rahman. Wakiah sudah lama diketahui sebagai cara agar kita lebih mudah mendapatkan rezeki. Bahkan surat ini sering pula dijuluki dengan surat rezeki.

Membaca surat Waqiah juga berkhasiat untuk memperlancar rezeki [Image Source]
Membaca surat Waqiah juga berkhasiat untuk memperlancar rezeki [Image Source]
Tidak ada cara khusus untuk mengamalkan surat Wakiah ini melainkan hanya cukup dibaca saja. Waktunya sendiri juga tidak tentu dan bisa kita sesuaikan, misalnya setelah sholat fardu. Banyak orang yang merutinkan membaca Wakiah dan tak lama kemudian dibanjiri dengan rezeki-rezeki yang tak diduga.

4. Puasa Senin Kamis

Puasa Senin Kamis juga jadi amalan pengumpul rezeki. Bahkan tak hanya itu, fadilah puasa ini bisa membuat kita diampuni dalam rentang waktu selama berpuasa. Terlebih lagi dengan puasa kita bisa mampu mengendalikan hawa nafsu.

Puasa senin kamis juga dipercaya akan memudahkan kita mendapatkan banyak rezeki [Image Source]
Puasa senin kamis juga dipercaya akan memudahkan kita mendapatkan banyak rezeki [Image Source]
Rasul sangat menyukai puasa Senin Kamis dan orang yang melakukannya. Sehingga amalan ini pun makin bertambah nilainya karena juga termasuk sunnah yang diutamakan. Perlu diketahui, barang siapa menyukai sunnah Nabi Muhammad maka ia akan bersama dengannya di surga nanti.

5. Istighfar dan Sholawat

Istighfar dan sholawat kepada Nabi Muhammad juga sering kali dikaitkan dengan amalan penjaring rezeki. Tata cara pelaksanaannya bisa sewaktu-waktu dengan jumlah yang tidak ditentukan. Namun minimal setidaknya 100 kali dalam sehari.

Merutinkan istighfar dan sholawat juga akan membawa dampak rezeki buat kita [Image Source]
Merutinkan istighfar dan sholawat juga akan membawa dampak rezeki buat kita [Image Source]
Tak susah kok melakukan amalan ini karena bisa dilakukan kapan pun. Entah ketika di jalan berangkat ke kantor, jeda makan siang, atau ketika sedang bekerja sambil diucapkan dalam hati. Fadilah istighfar kita akan diampuni oleh Allah, sedangkan sholawat akan mendekatkan kita kepada Nabi Muhammad. Sehingga nantinya kita nantinya insyaallah akan mendapatkan syafaatnya.

6. Sholat Tahajud

Waktu kecil dulu, ketika kita sangat dekat dengan orangtua, maka mereka akan dengan gampangnya memberikan apa yang kita inginkan. Analogi ini sama seperti hubungan kita dengan Allah. Ketika kita makin dekat denganNya, maka makin mudah pula Allah memberikan apa yang kita butuhkan. Nah, sholat tahajud adalah salah satu cara media keintiman kita kepada Sang Pencipta.

Allah menjamin siapa pun yang mau susah-susah bangun malam dan mendirikan sholat tahajud [Image Source]
Allah menjamin siapa pun yang mau susah-susah bangun malam dan mendirikan sholat tahajud [Image Source]
Malam hari ketika orang-orang tertidur dengan lelapnya, Allah turun ke Bumi untuk melihat hamba-hambanya yang menegakkan sholat dan meminta dengan sungguh-sungguh. Allah menjamin barang siapa meminta di waktu mustajab seperti ini maka dikabulkan. Buktinya sendiri adalah para pembesar dan orang-orang sukses negeri ini. Ya, di antara mereka pasti ada yang memiliki amalan sholat tahajud sebagai kunci pembuka rezekinya.

Menjadi kaya bukan hal yang susah sebenarnya jika kita tahu caranya. Salah satunya lewat cara-cara di atas. Sudah banyak cerita orang sukses yang berawal dari mengamalkan deretan amalan di atas. Meskipun demikian, kaya sejatinya tidak selalu berupa harta benda. Bahkan ketika kita bisa sabar, baik kepada sesama, tidak mudah membenci, maka hal-hal tersebut juga bisa dibilang kaya. Bahkan nilainya tidak terhingga. Setuju?

Written by Rizal

Hanya seorang lulusan IT yang nyasar ke dunia tulis menulis. Pengalamannya sudah tiga tahun sejak tulisan pertama dimuat di dunia jurnalisme online. Harapannya bisa membuat tulisan yang super kece, bisa diterima siapa pun, dan juga membawa influence yang baik.

Contact me on my Facebook account!

Leave a Reply

kesalahan nobel

5 Kontroversi Pemenang Nobel yang Dianggap Gagal Menjadikan Bumi Lebih Baik

5 Alasan Mengapa 2015 Adalah Tahun Penuh Ironi Bagi Bangsa Indonesia