5 Aturan ini Jangan Diremehkan Kalau Ingin Selamat Hidup di Kalimantan

oleh Rizal
15:19 PM on Mar 12, 2016

Sebagai salah satu provinsi terbesar di Indonesia, Kalimantan menawarkan banyak hal. Tak hanya tentang alamnya yang eksotis itu, tapi juga peluang besar untuk mengembangkan karir. Ya, Kalimantan selama ini dianggap sebagai tempat mencari pekerjaan yang oke banget. Sehingga tak heran kalau daerah ini makin banyak dikunjungi orang luar yang kemudian menetap.

Baca Juga : 5 Fakta Panglima Burung, Sosok Sakti yang Sangat Dihormati Oleh Suku Dayak

Baca Juga
Inilah 4 Hal yang Terjadi Jika Indonesia Benar-benar Memboikot Produk Amerika
Mulai dari Akhir Israel Hingga Bencana, Inilah 4 Prediksi Nostradamus Tentang 2018 yang Bikin Merinding

Hidup di Kalimantan itu mudah, sama seperti di banyak tempat lain. Intinya, asal kita berkelakuan baik, maka segalanya akan berjalan sebagaimana mestinya. Namun sebaliknya, ketika kita melakukan sesuatu yang buruk, maka akan ada konsekuensi untuk itu. Apalagi ini adalah tanah Kalimantan di mana klenik dan magisnya masih sangat kuat.

Di Kalimantan juga ada semacam aturan khusus yang tak boleh dilanggar siapa pun, apalagi pendatang. Konon, ketika seseorang tidak mengindahkan ini, maka sesuatu yang buruk akan terjadi. Lalu, aturan apa saja yang dimaksud? Simak ulasannya berikut.

1. Jangan Menghina Patung Kayu di Sana

Jika kamu perhatikan, di Kalimantan banyak rumah-rumah adat yang di depannya terdapat patung-patung kayu. Konon, ini bukanlah patung biasa melainkan sebagai simbol orang-orang yang sudah meninggal. Aturan yang ada tentang patung kayu ini adalah jangan pernah menghina bentuknya, sekalipun dalam hati.

Patung kayu [Image Source]
Patung kayu [Image Source]
Ada banyak kejadian orang-orang yang menghina patung-patung ini dan kemudian diganggu oleh makhluk-makhluk halus. Tak hanya diganggu secara visual, kadang ada yang sampai mengalami keanehan fisik. Gangguan ini akan tetap ada sepanjang seseorang tidak lekas meminta maaf kepada keluarga si pemilik patung tersebut. Terdengar tidak masuk akal, namun hal ini sering terjadi di sana.

2. Jangan Memandang Rendah Orang Dayak

Sebagai pendatang, maka sudah jadi kewajiban kalau kita harus menghormati penduduk asli setempat. Kalimantan adalah tanahnya orang Dayak, maka kita harus menghormati mereka. Jangan sekalipun mencari gara-gara atau menghina mereka. Takutnya, sesuatu yang fatal mungkin akan terjadi.

Orang Dayak [Image Source]
Orang Dayak [Image Source]
Orang Dayak, mereka punya magis yang kuat. Ketika diganggu, mereka takkan segan mengerahkan kesaktian untuk membalas sakit hatinya. Hal yang perlu diketahui, Dayak merupakan salah satu suku di dunia dengan kekuatan sihir terkuat. Tak hanya dengan sihir, orang Dayak bisa melukai musuhnya dengan mandau yang sakti atau sumpit beracunnya yang mematikan itu. Jadi? Ya, jangan sampai hal ini kepada kita.

3. Jangan Pernah Mempermainkan Gadis Dayak

Siapa sih yang bisa menampik cantiknya gadis-gadis Dayak? Paras ayu nan alami itu pasti bisa menjerat siapa pun untuk jatuh cinta, termasuk para pendatang. Nah, ada satu hal yang perlu diperhatikan terkait dengan gadis-gadis Dayak. Ini adalah tentang larangan untuk tidak pernah mengganggu mereka atau mempermainkannya.

Gadis Dayak [Image Source]
Gadis Dayak [Image Source]
Ada mitos yang beredar, siapapun yang mengganggu mereka lebih-lebih mempermainkannya, maka dipastikan akan hilang alat vitalnya. Memang terdengar mustahil, namun sudah banyak cerita-cerita tentang ini. Hal tersebut cukup masuk akal juga mengingat orang Dayak itu magisnya sangat ampuh. Makanya, jangan pernah macam-macam dengan gadis Dayak atau hilang masa depan.

4. Sopanlah Ketika Mampir ke Makam Orang Dayak

Akan jadi pengalaman unik tersendiri jika bisa mampir ke tempat-tempat sakralnya orang Dayak. Salah satunya misalnya adalah areal pemakamannya. Cara perkuburan orang Dayak cukup unik. Mereka membuat semacam makam di atas tanah berbentuk seperti bangunan balok yang disangga. Sangat unik, namun kental mistis.

Makam orang Dayak [Image Source]
Makam orang Dayak [Image Source]
Aturannya, kita harus sopan ketika ada di tempat-tempat seperti ini. Pasalnya ya tadi, orang-orang Dayak amat mengeramatkan kuburan moyangnya. Jangan keceplosan mengeluarkan kata-kata tidak pantas atau mengumpat. Mereka bisa merasa terhina dan akan membuat urusan ini jadi panjang.

5. Jangan Bermain-Main Dengan Mandau

Mandau adalah senjata keramat orang-orang Dayak. Meskipun bentuknya seperti parang biasa, ia tidak bisa dipakai semaunya. Harus ada alasan khusus kenapa Mandau sampai keluar dari sarungnya. Pasalnya, menurut orang-orang Dayak, Mandau yang keluar dari sarungnya biasanya akan memakan korban.

Mandau [Image Source]
Mandau [Image Source]
Makanya, bagi pendatang, jangan bermain-main dengan senjata satu ini. Memang sangat artistik dengan ukiran-ukirannya, namun jangan sampai Mandau tercabut dari sarungnya. Orang-orang setempat sangat menghormati senjata ini, makanya kita pun harus melakukan hal yang sama.

Baca Juga : 5 Hal yang Membuat Suku Dayak Disegani Dunia

Lima hal ini adalah sebagian kecil dari aturan yang harus kita ketahui sebelum menjejakkan kaki di Kalimantan. Intinya, sebagai pendatang kita harus hormati kebudayaan dan adat setempat. Patuhi semua hal, dengan demikian kita akan selamat di mana pun berada.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu 5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget 4 Ciri-Ciri Ini Bisa Jadi Indikasi Kalau Sebuah Warung Pasang Jin Penglaris, Hati-Hati! 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Yakin deh, 25 Pose Absurd Wisatawan dengan Patung Ini Pasti Bikin Kamu Cekikikan Melihatnya Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo Dulu Mewah, Anak Pencipta Lagu Nomor Satu di Indonesia Ini Sekarang Jadi Kuli Bangunan Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Inilah Alasan Pakai Rok Saat Bersepeda Motor Sama dengan Bunuh Diri Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Inilah 6 Artis Indonesia yang Bikin ‘Superstar’ Luar Negeri Tergila-gila, Ada yang Sampai Baper Loh 7 Foto Ini Diambil Hanya Sesaat Sebelum ‘Musibah’ Datang Dibangun Mewah Berjuta-juta, TKW Ini Robohkan Rumah Barunya dengan Alasan yang Ngelus Dada Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia
BACA JUGA