6 Pekerjaan Ini Hanya Bisa Dilakukan Orang Indonesia

oleh Riris Permatasari
15:13 PM on Mar 12, 2016

Banyak orang berkata bahwa negeri kita diisi orang-orang konsumtif yang bekerja bagai robot, namun tak sanggup menghasilkan sesuatu yang berarti. Guys, mulai sekarang jangan sekali-sekali meremehkan Indonesia! Walau hingga saat ini masih berstatus negara berkembang, namun orang-orang Indonesia ternyata sangat kreatif dalam hal mencari nafkah.

Sebagian besar orang Indonesia menganut prinsip ‘rela bekerja apapun asalkan halal’. Alhasil, Indonesia pun dipenuhi oleh berbagai profesi yang sebenarnya sangat mencengangkan, namun terbukti bisa memberikan penghidupan yang layak. Profesi yang akan kita bahas kali ini mungkin sangat biasa kalian lihat dalam kehidupan sehari-hari. Namun kalian mungkin tak menyadari bahwa pekerjaan ini hanya dilakukan di Indonesia.

Baca Juga
Inilah 4 Kisah Pria Beruntung 2017, yang Berhasil Bikin Bule “Ngebet” Nikah
Inilah Perbandingan Kekuatan Militer Palestina dan Israel, Ibarat Semut Lawan Gajah

1. Ojek Payung

Sementara banyak orang lebih memilih berteduh saat hujan, beberapa lainnya justru memanfaatkan momen ini untuk mencari nafkah. Para ojek payung ini akan menghampiri calon pelanggan yang menurut mereka butuh bantuan. Mereka menawarkan jasa sewa payung agar pelanggan bisa berpindah tempat tanpa kehujanan.

Jasa ojek payung [image source]
Uniknya, kebanyakan pelaku profesi ini adalah anak-anak atau remaja. Para ojek payung sendiri akan mengawal si pengguna jasa, tanpa peduli derasnya hujan yang mengguyur tubuh mereka. Tak apalah mereka yang basah asal pelanggan puas dengan jasa mereka. Ojek payung ada di berbagai bagian wilayah Indonesia dengan tarif yang berbeda.

2. Pemulung

Beberapa orang menganggap pekerjaan ini sebelah mata karena sistem kerjanya yang dianggap jorok. Namun percayalah, selain berjasa besar, para pemulung ini juga menjadi salah satu keunikan negeri kita. Pasalnya, hanya di negara kita orang rela berjibaku dengan sampah untuk menemukan barang-barang yang layak jual.

Pemulung memilah smapah [image source]
Bahkan beberapa di antara mereka akhirnya berhasil dan mandiri dengan pekerjaan ini. Tapi memang hasilnya tidak bisa instan dan butuh ketekunan serta tekad tingkat tinggi untuk melakukan pekerjaan ini.

3. Tukang Tambal Ban

Orang Indonesia ternyata memiliki jiwa ekonomi yang sangat tinggi. Di luar negeri, orang akan membeli ban baru sebagai ganti milik mereka yang kempes, bocor, dan lain-lain. Luar biasanya, orang Indonesia memilih untuk menambal!

Tambal ban [image source]
Tambal ban [image source]
Ya profesi tambal ban ini begitu vital di Indonesia dan bisa ditemukan setiap beberapa kilometer di pinggir jalan. Hebatnya, para penambal ban juga telah menemukan teknologi paling praktis untuk menambal ban. Bukankah seharusnya mereka dapat penghargaan sebagai ilmuwan?

4. Joki 3 in 1

DKI Jakarta adalah salah satu wilayah yang menerapkan jalur 3 in 1 demi mengurangi kemacetan. Di wilayah tertentu, mobil yang lewat harus berpenumpang minimal 3 orang, dan akan mendapat sanksi jika hal ini dilanggar. Namun ternyata, hal ini bisa diakali dengan cara yang sangat brilian.

Joki 3 in 1 [image source]
Joki 3 in 1 [image source]
Beberapa meter sebelum memasuki jalur 3 in 1, para joki telah berjajar untuk menawarkan jasa mereka. Mobil yang penumpangnya kurang dari 3 orang akan menyewa beberapa dari mereka untuk duduk di dalam mobil hingga keluar dari jalur tersebut.

5. Vending Machine Berjalan

Di Indonesia, terutama Jakarta, kalian akan menjumpai penjual minuman yang bermobilisasi dengan sepeda gowes. Dia membawa serta berbagai minuman, mulai dari kopi, teh, susu, dan berbagai minuman instan lainnya. Dia juga menyediakan termos berisi air panas untuk menyeduh minuman tersebut.

Vending machine berjalan [image source]
Vending machine berjalan [image source]
Kita bisa mendapatkan minuman apapun layaknya di vendor machine. Tadinya, profesi ini juga banyak ‘menyelinap’ di dalam kereta api maupun bus secara bebas, tapi kini untuk penjualan seperti ini di angkutan umum hanya tersedia dari instansi bersangkutan. Sementara penjual seperti ini kini harus survive di jalanan.

6. Polisi Bayaran

Satu lagi profesi unik di Indonesia adalah polisi bayaran. Dia adalah petugas yang biasa standy di pertigaan, perempatan, atau lokasi yang menjadi titik penyeberangan kendaraan.

Polisi cepek [image source]
Polisi cepek [image source]
Tanpa diminta, dia mengatur lalu lintas di persimpangan, atau sekedar membantu kendaraan yang ingin menyeberang. Biasanya dia mendapatkan uang dari pengemudi kendaraan yang dibantunya.

Masih tidak percaya kalau profesi di atas hanya dilakukan orang Indonesia? Well, tinggal di kawasan berpenduduk padat membuat orang Indonesia harus kreatif dan pintar-pintar mencari nafkah. Jika tidak, kita akan kalah saing dengan 200 juta orang Indonesia lain yang berlomba mendapatkan penghidupan yang layak. Selain profesi di atas, masih banyak lho pekerjaan lain yang hanya dimiliki negeri kita. Masih bilang Indonesia tidak kreatif?

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Kocak, Obrolan Orang Mesum PDKT Ngajak Chatting Endingnya Malah Bikin Ngakak 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan Inilah Perbandingan Kekuatan Militer Palestina dan Israel, Ibarat Semut Lawan Gajah Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis 10 Postingan Nyeleneh Pengguna Medsos Pamer Kemesraan, Berasa Pingin Nampol Lihatnya Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya 14 Tahun Berlalu, Begini Kabar Pemain Sinetron “Di Sini Ada Setan” yang Dulu Bikin Kamu Bergidik Ngeri Mulai dari Tikus hingga Lumpur, Inilah 4 Negara Miskin yang Konsumsi Makanan Seadanya Belum 30 Tahun, 5 Cewek Cantik Zaman Now Ini Sudah Bergelimang Harta, Hampir Saingi Syahrini! Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an
BACA JUGA