Setiap kata-kata yang sering dijadikan guyonan di Indonesia pasti ada asal muasal orang yang mempopulerkannya, salah satunya jokes yang sangat terkenal ‘Dari Hong Kong’. Hong Kong adalah salah satu yang ada di bagian negara Tiongkok yang terkenal sekali kemajuannya.

Entah mengapa orang Indonesia sering sekali menggunakan frasa ini, kira-kira siapa yang berhasil mempopulerkannya ya? Mengapa memang harus Hong Kong, kenapa tidak New Delhi, Amerika, atau Inggris saja? Lebih lengkapnya, simak dalam artikel berikut ini ya!

Arti kata ‘Dari Hong Kong’ yang dijadikan bahan candaan

Meme dari Hong Kong [Sumber gambar]
Ketika disebut ‘Dari Hong Kong’ yang pertama terlintas adalah jokes receh yang sering ditemui dalam meme-meme atau percakapan sehari-hari. Frasa ini sendiri bermakna ketidakbenaran atau sangkalan terhadap sesuatu yang sedang kamu alami. Kata-kata ini mungkin hanya populer untuk generasi 90-2000an karena memang hits pada masanya. Bapak-bapak kalian yang masuk dalam generasi tua pastinya kurang paham saat ada yang bilang ‘Dari Hong Kong’.

Versi pertama mengapa Hong Kong menjadi tren di Indonesia

Versi pertama karena mahasiwa UI yang berbohong [Sumber gambar]
Seorang mahasiswa UI di tahun 70’an pernah pamer foto kuburan China yang ia potret di Hong Kong kepada teman-temannya. Tapi, seiring waktu, ternyata mahasiswa ini terbukti berbohong dan ternyata foto tersebut di potret di Medan. Sejak saat itu, mahasiswa ini disindir dengan kata “..dari Hong Kong”. Karena mahasiswa inilah akhirnya, kata ‘Dari Hong Kong’ dipakai untuk merujuk kepada setiap tindakan kebohongan, pengabaian, penolakan, dan segala hal yang tidak sesuai dengan fakta sebenarnya. Hingga saat ini, ia sukses menjadi guyonan renyah para generasi muda di seluruh tanah air.

Versi kedua yang menunjukkan barang impor Hong Kong yang diminati

Barang dan baju impor dari Hong Kong [Sumber gambar]Sedikit berbeda dengan versi pertama, istilah ini lebih merepresentasikan Hong Kong sebagai kota yang maju dan bagus kualitas barang impor-nya. Pada tahun 1960an, Indonesia banyak menerima barang impor berupa baju dan perlengkapan lain. Indonesia yang ketika itu masih memakai pakaian tradisional perlahan bergeser pada baju-baju yang keren dan bagus dari Hong Kong. Semenjak saat itu, semua hal ‘Dari Hong Kong’ diidentikkan dengan kesempurnaan dan kebagusan. Hong Kong seakan menjadi pelengkap apa yang tidak dipunyai oleh Indonesia. mengenai kata yang kemudian bergeser ke makna negative juga masih belum jelas alasannya mengapa.

Nah, itulah beberapa versi yang menjadi asal-muasal tercetusnya kata ‘Dari Hong Kong’ yang menjadi guyonan abadi orang Indonesia. kalau menurut Sahabat Boombastis, dari kedua cerita di atas, yang mana nih yang kira-kira dekat dengan kebenaran? Atau jika mungkin kalian punya versi tersendiri silakan share komentarnya di bawah ya!