Virus corona yang masih terus berlangsung ini enggak hanya membuat kalang kabut kalangan menengah ke bawah saja, tetapi juga para selebriti tanah air. Kita tau bahwa hampir semua artis punya usaha dan bisnis, di luar kesibukan mereka di layar kaca.

Selama masih ada wabah corona ini, usaha dan berbagai macam bisnis tersebut juga sepi pelanggan. Enggak heran kalau ada yang terancam bangkrut hingga mereka harus mengambil tindakan memberhentikan beberapa karyawan yang ada.

Luna Maya, kerepotan menggaji karyawannya

Luna Maya adalah salah satu artis yang terang-terangan mengungkap bahwa kalangan seleb juga merasakan paceklik selama corona ini. “Aku juga sampai detik ini harus menggaji teman-teman yang bekerja sama aku, orang rumah dan cicilan rumahku, cicilan mobilku, kartu kredit tetap berjalan, tidak ada kebijakan. Dan juga tetap membayar pajak,” ungkap Luna Maya dalam tayangan video yang diunggah di kanal YouTube pribadinya. Ia merasa deg-degan setiap hari dan hanya memanfaatkan uang yang ada di tabungannya.

Anang Hermansyah yang rumahkan para karyawan

Anang dan Ashanty [sumber gambar]
Selama ini, kehidupan Anang dan keluarganya selalu menjadi sorotan. Pasalnya, Anang punya rumah bak istana dengan banyak sekali karyawan yang bekerja untuknya. Belum lagi orang-orang yang ada di balik kanal YouTube dan bisnisnya. Namun, wabah corona tampaknya membuat Anang juga kalang kabut. Melansir dari fimela.com, untuk sementara waktu Anang merumahkan karyawan-karyawannya dan memberikannya kompensasi.

Raffi Ahmad, pusing bagaimana menggaji karyawan

Raffi Ahmad selama ini disebut sebagai salah satu sultan yang ada di Indonesia. Akan tetapi, wabah corona ini sangat dirasakan sekali dampaknya, terutama untuk perusahaan Rans Corps Entertainment. Dalam bincang-bincang bersama Luna Maya di dalam vlognya, Raffi mengatakan bahwa ia pusing. Saat Luna bertanya, apakah Raffi masih memikirkan duit? Dengan gamblang Raffi menjawab masih. “Masih lah, ini yah yang bikin gue pusing, kalau sampai Covid-19 ini panjang, yang bakal ngegaji karyawan gue itu gimana,” ujar Raffi.

Nikita Mirzani, pecat sejumlah karyawan yang bekerja di salonnya

Nikita Mirzani [sumber gambar]
Salah satu bisnis yang dipunyai oleh Nikita Mirzani adalah salon yang berada di wilayah BSD. Selama masa wabah ini, ia mengatakan kalau salonnya hampir sebulan tak beroperasi. Oleh karena itulah, Nikita mengambil langkah untuk merumahkan sebagian karyawannya yang bekerja di sana. Nikita mengungkap bahwa sejumlah 130 orang karyawannya tak lagi bekerja untuknya. Alasan ini ia kemukakan karena selama ini tak melakukan syuting sehingga tidak punya pemasukan.

BACA JUGA: Tak Dapat Job Hingga Berbulan-bulan, Begini Curhat Para Artis yang Terdampak Virus Corona

Hingga saat ini, ada sekitar 1,6 juta orang di-PHK dan dirumahkan akibat virus corona. Mereka datang dari berbagai sektor, ada yang pariwisata dan perhotelan, pemilik usaha, pekerja pusat perbelanjaan, serta pemilik usaha rumahan. Dampak corona sangat terasa, terutama dalam bidang perekonomian.