in

10 Artis yang Tergila-gila Pada Batu Akik

Aliando, Memakai Akik Biar Macho (c) www.tabloidbintang.com

Demam batu akik di Indonesia nampaknya belum akan mereda dalam waktu dekat. Pasalnya kini bukan hanya masyarakat biasa saja yang terhipnotis keindahan batu mulia tersebut, bahkan daya magis batu akik telah menyerang para publik figur tanah air.

Para pejabat dan juga artis kini mulai terbuka dan menunjukkan kecintaannya pada batu akik. Mereka tidak segan memakai dan menunjukkan koleksi batu akik mereka pada publik. Dihimpun Boombastis dari berbagai sumber, inilah jajaran artis yang tergila-gila pada batu akik.

1. Tessy Srimulat, Sang Pionir Akik

Jauh sebelum batu akik tenar seperti sekarang ternyata pesonanya sudah memikat artis yang satu ini. Kabul Basuki atau masyarakat lebih mengenalnya dengan nama Tessy bisa dibilang sebagai artis pelopor akik di Indonesia. Ia menjadikan akik sebagai salah satu identitas panggungnya.

Tessy Srimulat, Sang Pionir Akik (c) cdn1-a.production.liputan6.static6.com
Tessy Srimulat, Sang Pionir Akik (c) cdn1-a.production.liputan6.static6.com

Pria 67 tahun itu sudah sejak lama menggunakan batu akik bahkan ketika orang lain belum begitu mengenal batu mulia ini. Di layar kaca ia selalu terlihat mengenakan batu akik dengan ukuran jumbo di jari-jari tangannya. Maka tak heran jika sampai ada yang menjulukinya “Tessy”, Sang Avatar Pertama Pengendali Batu Akik.

2. Aliando, Memakai Akik Biar Macho

Bagi penggemar serial televisi Ganteng-Ganteng Serigala pasti tidak asing dengan artis yang satu ini. Tenar berkat film tersebut, Aliando ternyata juga diketahui sebagai penggila batu akik. Ia sering tertangkap kamera sedang mengenakan cincin bertahtakan batu mulia ini.

Aliando, Memakai Akik Biar Macho (c) www.tabloidbintang.com
Aliando, Memakai Akik Biar Macho (c) www.tabloidbintang.com

Jenis batu akik yang sering dipakai aktor ganteng ini adalah jenis batu ruby yang sering ia pakai di jari manis kirinya. Tidak hanya itu saja, bahkan pernah dalam satu kesempatan ia kedapatan sedang memakai batu akik ukuran jumbo di jari telunjuknya. Ia mengaku batu akik membuatnya makin macho.

3. Apoy, Didukung Istri Koleksi Akik

Apoy yang juga personel band Wali juga tak ketinggalan dalam uforia batu akik tanah air. Pria yang berposisi sebagai gitaris band Wali ini mengaku telah mengoleksi 15 batu akik dari berbagai jenis. Beruntung buat dia karena hobi mengoleksi akik ini mendapat dukungan dari sang isteri.

Apoy, Didukung Istri Koleksi Akik (c) www.cumicumi.com
Apoy, Didukung Istri Koleksi Akik (c) www.cumicumi.com

Apoy berujar bahwa demam batu akik pernah terjadi tahun 90-an dan kini terjadi lagi maka ia memutuskan untuk memakai batu akik. Ia juga bilang bahwa hampir semua personel Wali juga memiliki akik. Benar-benar grup band yang kompak ya!

4. Cak Lontong, Gila Akik Sejak Kuliah

Komedian nyentrik seperti Cak Lontong memiliki cerita menarik seputar kegemarannya mengoleksi batu akik. Pria 43 tahun itu mengaku jika telah jatuh cinta pada akik sejak di bangku kuliah bahkan waktu itu teman-temannya hafal kemana harus mencari dirinya jika membutuhkan. Kalau tidak di kampus ya di pasar batu.

Cak Lontong, Gila Akik Sejak Kuliah (c) mytrans.detik.com
Cak Lontong, Gila Akik Sejak Kuliah (c) mytrans.detik.com

Berbagai jenis batu akik telah dikoleksi Cak Lontong yang ia dapatkan dari berbagai daerah. Bahkan ia sempat memperlihatkan batu akik dari luar Indonesia yaitu batu Yaman. Cak Lontong bukan sekedar pengkoleksi batu akik namun ia mampu membedakan mana batu akik asli dan palsu.

5. Limbad, Pesulap Pemilik 200 Akik

Sejalan dengan Tessy dan Cak Lontong, Limbad mengaku telah mengoleksi batu akik sejak lama sebelum booming seperti sekarang ini. Pesulap yang terkenal dengan aksi-aksi menantang mautnya ini membeberkan bahwa ia memiliki 200 batu cincin.

Limbad, Pesulap Pemilik 200 Akik (c) hariansib.co
Limbad, Pesulap Pemilik 200 Akik (c) hariansib.co

Pria kelahiran Tegal ini juga menceritakan bahwa ia suka batu akik sejak tahun 1996. Bedanya batu akik miliknya dengan batu akik yang dipasaran adalah bahwa ia mengaku batu akiknya punya makna khusus yang berbau mistis. Beberapa jenis akik koleksinya adalah batu firus, urat emas dan gading combong.

6. Surya Saputra, Koleksi Batu Akik Warisan Ayah

Tren cincin batu akik yang kian meroket di Indonesia juga membuat artis Surya Saputra kepincut memakai batu akik. Ia sempat terlihat memakai dua batu akik di kedua jari manisnya. Batu tersebut berjenis King Safir dan batu Yaman.

Surya Saputra, Koleksi Batu Akik Warisan Ayah (c) media.viva.co.id
Surya Saputra, Koleksi Batu Akik Warisan Ayah (c) media.viva.co.id

Kedua batu akik yang langka itu ia dapatkan dari pemberian mendiang sang ayah. Ia mengatakan memakai batu akik bukan karena sedang ngetren namun ia memakainya agar selalu ingat dengan ayahnya. Surya memiliki 7 buah batu akik namun hanya dua jenis akik tersebut yang jadi favoritnya.

7. Doyok, Pengen Saingan Sama Tessy

Hampir semua geng Srimulat tergila-gila pada batu akik. Selain Tessy yang paling kawakan dalam hal perakikan, Doyok juga tidak mau ketinggalan. Meski ia terhitung sebagai pemain baru sebagai kolektor akik namun ia mengaku sangat cinta pada batu mulia ini.

Doyok, Pengen Saingan Sama Tessy (c) showbiz.liputan6.com
Doyok, Pengen Saingan Sama Tessy (c) showbiz.liputan6.com

Pria kelahiran Sidoharjo 61 tahun silam ini berkata jika dirinya telah mengenal batu akik sejak lama. Namun ketika itu ia belum berminat mengoleksinya meski sahabatnya Tessy sering pamer padanya. Kebanyakan batu akik yang ia miliki adalah oleh-oleh saat show ke luar daerah.

8. Narji, Diam-diam Kolektor Ulung Batu Akik

Meskipun jarang sekali terlihat mengenakan batu akik namun ternyata Narji adalah kolektor batu alam. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya tumpukan batu di kediamannya yang menandakan bahwa ia termasuk penggila batu akik.

Narji, Diam-diam Kolektor Ulung Batu Akik (c) cdn.metrotvnews.com
Narji, Diam-diam Kolektor Ulung Batu Akik (c) cdn.metrotvnews.com

Narji mengaku bahwa awalnya hanya kenal namun akhirnya ia jatuh cinta pada batu-batu indah ini. Koleksi batu akik Narji sangat banyak bahkan ia sempat berseloroh bahwa batu koleksinya cukup untuk membangun fondasi rumah.

9. Yoda Idol, Hobi Baru Koleksi Akik

Setelah lama namanya tak terdengar di jagad hiburan, finalis Indonesia Idol 2012, Prattyyoda keluar dengan hobi terbarunya. Hobinya kali ini tidak ada hubungannya dengan dunia tarik suara tetapi mengoleksi batu cincin akik.

Yoda Idol, Hobi Baru Koleksi Akik (c) palembang.tribunnews.com
Yoda Idol, Hobi Baru Koleksi Akik (c) palembang.tribunnews.com

Tidak sulit untuk mengidentifikasi hobi barunya tersebut, cukup Anda melihat pada jari tangannya saja yang kini dipenuhi dengan cincin bermata batu mulia yang kini lagi ngetren. Ia percaya bahwa setiap batu akik memiliki energi tersendiri sehingga ia rela berburu batu akik ke berbagai daerah.

10. Jhonny Iskandar, Suka Akik Karena Peramal

Artis ganteng hingga pelawak semua sudah kecanduan batu akik, tak ketinggalan pula pedangdut Jhonny Iskandar yang juga mengaku cinta pada batu alam nan cantik ini. Ia mengaku paling suka dengan batu jenis kecubung karena menurut dia terlihat lebih cantik dari batu lainnya.

Jhonny Iskandar, Suka Akik Karena Peramal (c) showbiz.liputan6.com
Jhonny Iskandar, Suka Akik Karena Peramal (c) showbiz.liputan6.com

Awal ketertarikannya pada batu akik adalah ketika ia melihat Permadi seorang peramal memakai batu akik yang berwarna terang. Sejak saat itulah ia mulai tertarik dan memakai lima batu akik di kelima jarinya.

Tren batu akik ternyata merambah ke dunia artis, sehingga tak heran jika kini banyak artis Indonesia yang mengoleksi batu alam yang bernilai ekonomi tinggi ini. Selain dalam daftar tersebut, sederet artis seperti Charly Setia Band, Akri, dan Bopak juga memakainya dan masih banyak lagi artis yang kepincut indahnya batu akik.

Written by Alfry

Leave a Reply

Top 5 Tujuan Traveling bagi Penggemar Gunung Berapi

Khadijah-binti-Khuwailid

Sifat-Sifat Keren Khadijah, Istri Rasulullah Yang Wajib Ditiru Oleh Semua Perempuan