Tahun 2019 merupakan momen politik di mana menjamurnya jumlah artis yang mencalonkan diri sebagai DPR RI. Artis nyaleg rupanya menjadi tren masa kini, melihat sebelum-sebelumnya banyak selebriti yang sukses bergerak di bidang ini. Seperti halnya Desy Ratnasari, Rieke Dyah Pitaloka, hingga Anang Hermansyah.

Banyak artis yang tergabung dalam satu partai untuk maju ke Senayan. Meski hasil perhitungan suara sah belum diumumkan hingga kini, tetapi berdasarkan hasil quick count dan pernyataan dari sang artis sendiri, mereka telah gagal nyaleg di tahun ini. Siapa sajakah mereka?

Artis nyaleg 2019 [sumber gambar]
Berdasarkan hasil quick count dan data yang dihimpun dari voaindonesia.com, Partai yang sudah pasti tak lolos dalam tahun politik kali ini adalah Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Perindo, Partai Berkarya, Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura), Partai Bulan Bintang, Partai Garuda, dan PKPI. Suara yang mereka dapatkan kurang dari ambang batas yang telah ditentukan, yaitu 4%. Artis-artis yang tergabung dalam partai tersebut otomatis juga tersingkir dari persaingan. Mungkin Sahabat Boombastis tahu dan hafal siapa saja yang berada di bawah naungan 7 partai yang disebutkan di atas?

Giring Nidji dan Charly Van Houtten gagal nyaleg 2019 [sumber gambar]
Giring Nidji yang dari awal telah tergabung dalam PSI mengungkapkan kekecewaannya baru-baru ini. Dilansir dari grid.id, Giring menyatakan bahwa dirinya enggak sedih berlarut-larut, hanya saja kecewa yang manusiawi. Meskipun begitu, ia tidak berniat untuk kembali bermusik dalam waktu dekat, tetapi memilih untuk fokus dalam berbisnis dan aktif dalam PSI. Begitu pula Charly Van Houtten yang juga tergabung dalam Partai Perindo. Selain Charly, artis yang tergabung dalam Partai besutan Hary Tanoesoedibjo tersebut ada Angel Lelga dan Andy Arsyil.

Angel Lelga dan Andi Arsyil gagal nyaleg 2019 [sumber gambar]
Tak seperti Giring Nidji, artis yang tergabung dalam Partai Perindo belum menyatakan klarifikasi dan bagaimana rencana karier ke depannya. Akankah mereka kembali ke dunia hiburan? Selain itu, nama-nama seperti Ahmad Dhani, Reza Artamevia, hingga Sultan Djorghi juga digadang-gadang tak akan lolos ke Senayan.

BACA JUGA: Penyiar Radio Perlihatkan Situasi Sarinah Tadi Malam Lewat Tweetnya, Netizen: Kaya Film Zombie!

Berbeda dari para rekannya, Krisdayanti, Kirana Larasati, Desy Ratnasari juga Tommy Kurniawan terlihat bakal mendapat kursi di dalam jajaran DPR RI. Wah, sayang sekali sudah banting setir ternyata belum berhasil juga. Kembali ke dunia hiburan juga enggak masalah, lho. Buktinya Andre Taulany yang gagal nyalon juga masih eksis hingga sekarang. Pelajaran penting yang bisa diambil dari komentar netizen, lebih baik konsisten daripada banting setir tapi enggak maksimal.