Arti Warna Warni Pada Dekorasi Natal

oleh wahyu
16:43 PM on Dec 26, 2014

Dalam ibadah umat Kristiani, warna merupakan suatu simbol dan masing-masing pasti memiliki maknanya tersendiri. Warna-warna tersebut bisa Anda temukan sebagai penghias pakaian, Mesdinar, liturgi Imam, Prodiakon hingga dekorasi altar Gereja.

Lima warna dasar yang digunakan dalam tata warna liturgi Ekaristi antara lain merah, putih, hijau, hitam, dan ungu. Selain Ekaristi, Natal juga tak lepas dengan warna merah, hijau, dan putih. Yuk cari tahu apa sih maknanya!

Baca Juga
10 Ilustrasi Ini Bikin ‘Kids Zaman Now’ Sadar Bahwa Perbuatannya Sungguh Merugikan
5 Daerah di Indonesia Ini Berhasil Cetak Wanita Cantik dan Berpendidikan Tinggi, Jomblo Masuk

Pohon Natal
Pohon Natal

1. Merah

warna merah dalam perayaan natal melambangkan darah Yesus (pengorbanan Yesus) dan sebagai simbol energi, kehangatan dan cinta. Karena Natal menjadi momen berkumpul dengan orang-orang tersayang. Warna merah juga melambangkan semangat, kebebasan, keberanian dan pengorbanan. Sebagai tata warna liturgi, warna merah merupakan lambang Roh Kudus yang penuh kekuataan dan kesetiaan. Nah, Anda bisa melihat warna merah menghiasi pohon Natal, konstum Santa Klaus, hadiah Natal dan masih banyak lagi tentunya.

2. Hijau

Warna ini adalah simbol kehidupan abadi Yesus dan harapan atas sesuatu yang baru. Warna ini juga seringkali diwakili oleh pohon Natal yang melambangkan kehidupan dan kelahiran kembali (kebangkitan Yesus). Hijau juga merupakan simbol pengharapan, penyembuhan dan pertumbuhan iman. Sebagai tata warna liturgi, hijau merupakan warna hidup baru, harapan, masa depan dan keremajaan. Saat Natal, warna hijau dirangkai dengan warna merah seperti yang biasa Anda temukan pada pohon Natal dan berbagai hiasannya.

3. Putih

Saat Natal warna putih juga banyak terlihat dalam sebuah dekorasi Natal. Ada pada janggut Santa Klaus, dan juga salju di negara yang sedang mengalami musim dingin. Putih melambangkan kesucian, ketenangan, harapan terang, pengampunan dan spiritual. Putih juga sering dilambangkan sebagai cahaya Ilahi melalui cahaya lilin, yang melambangkan peran para malaikat dan orang-orang suci Kristiani sehingga juga dimaknai sebagai kekudusan dan kemurnian. Putih juga merupakan lambang kebangkitan. Pada pohon Natal, warna putih atau perak diharapkan dapat memberikan aura kelembutan dan kesabaran bagi seluruh keluarga. (IT)

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu 5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget 4 Ciri-Ciri Ini Bisa Jadi Indikasi Kalau Sebuah Warung Pasang Jin Penglaris, Hati-Hati! 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Yakin deh, 25 Pose Absurd Wisatawan dengan Patung Ini Pasti Bikin Kamu Cekikikan Melihatnya Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo Dulu Mewah, Anak Pencipta Lagu Nomor Satu di Indonesia Ini Sekarang Jadi Kuli Bangunan Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Inilah Alasan Pakai Rok Saat Bersepeda Motor Sama dengan Bunuh Diri Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia Inilah 6 Artis Indonesia yang Bikin ‘Superstar’ Luar Negeri Tergila-gila, Ada yang Sampai Baper Loh 7 Foto Ini Diambil Hanya Sesaat Sebelum ‘Musibah’ Datang Inilah Fakta Micin, Benda yang Sering Difitnah Masyarakat Kekinian, Beneran Bikin Lemot?
BACA JUGA