Apple Resmi Meluncurkan OS X El Capitan

oleh Adys Disty
06:16 AM on Jun 13, 2015
Tampilan OS X El Capitan via metrotvnews
Tampilan OS X El Capitan via metrotvnews

Apple telah mengumumkan sistem operasi baru Mac OS X El Capitan sebagai nama sistem operasi komputer Mac pada acara Worldwide Developer Conference (WWDC), Selasa (9/6) lalu. Sistem operasi ini menawarkan dua peningkatan dibanding pengalaman penggunaan dan peningkatan performa.

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, CEO Apple Tim Cook menyampaikan pengantar yang sangat singkat. Dia menghilangkan kebiasaan menyampaikan update informasi tentang statistik produk Apple. Penyebabnya, Apple ingin fokus pada pengumuman mengenai hal-hal baru.

Baca Juga
6 Bencana Terbesar di Indonesia Ini Menjadi Penanda Pergantian Tahun yang Kelam
Dulu Dikenal Gembong Teroris Sadis, Begini Nasib Umar Patek Sekarang Yang Cinta NKRI

Salah satu hal yang menarik dari sistem operasi ini adalah kehadiran fitur split view, mirip dengan fitur pada Windows 8 buatan Microsoft. Fitur ini berguna ketika menjalankan dua aplikasi secara bersamaan. Aplikasi akan membagi dua layar dan ditampilkan berdampingan antara sisi kanan serta kiri.

Saat mode split view dijalankan, pengguna dapat membagi atau memindahkan konten dari satu aplikasi ke aplikasi lainnya. Selain itu, pengguna pun bisa dengan mudah membuka split view baru hanya dengan cara menggeser dan menyatukan dua aplikasi berbeda dalam mode Mission Control.

Apple juga mengembangkan MacOS X versi 10.11 dengan tujuan memperkaya pengalaman penggunaan penggunanya. Pengguna El Capitan juga mendapatkan fitur Swiping Gestures, seperti yang terdapat di iOS. Ketika membuka aplikasi Mail, pengguna dapat mengusapkan kursor ke kanan untuk menandainya atau ke kiri untuk memasukkannya ke tempat sampah.

Perubahan terbesar adalah hadirnya mesin pemrosesan grafis bernama Metal. Sebelumnya, mesin pemrosesan grafis ini telah digunakan di iOS. Dengan hadirnya Metal pada Mac OS X El Capitan, para pengembang game bisa lebih mudah membuat game dalam versi desktop. Selain itu, OS X El Capitan dapat membuka aplikasi 1,4 lebih cepat.

Apple memastikan peningkatan performa grafis dengan menggandeng Adobe. Metal akan membuat proses rendering di aplikasi Adobe naik 8 kali. Sementara itu, untuk meningkatkan performa game, Apple kembali menggandeng Epic. Perwakilan Epic mengatakan Metal akan membuat game berjalan 70 persen lebih efisien dibanding sebelumnya.

OS X El Capitan sudah tersedia untuk para pengembang aplikasi mulai hari ini dan pengguna awam pada September nanti. Para pengembang sudah dapat mencoba Mac OS X El Capitan dalam versi beta. Sedangkan pengguna lainnya masih harus sabar menunggu hingga musim gugur mendatang untuk mendapatkan rilis resminya.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Kocak, Obrolan Orang Mesum PDKT Ngajak Chatting Endingnya Malah Bikin Ngakak Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia Inilah Alasan Pakai Rok Saat Bersepeda Motor Sama dengan Bunuh Diri 10 Postingan Nyeleneh Pengguna Medsos Pamer Kemesraan, Berasa Pingin Nampol Lihatnya Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis Belum 30 Tahun, 5 Cewek Cantik Zaman Now Ini Sudah Bergelimang Harta, Hampir Saingi Syahrini! Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an 4 Barang Ini di Indonesia Harganya Luar Biasa, Tapi di Afrika Orang Miskin pun Wajib Punya
BACA JUGA