in

Deretan 4 Aplikasi Keren Bikin Ramadan Makin Lancar

Tanpa terasa akhirnya Ramadan memasuki pertengahan, udah sejauh mana nih kelancaran puasamu? Pasti udah mulai sibuk mempersiapkan banyak hal. Mulai dari makanan, baju baru sampai pernak pernik lain untuk menyambut bulan penuh berkah ini. Ramadan terus berjalan, artinya kamu sudah mulai membiasakan dengan pola hidup yang benar-benar berubah nih.

Ilustrasi [Image Source]
Ilustrasi [Image Source]
Mulai dari bangun sebelum subuh, bertahan seharian lalu berbuka setelah adzan magrib berkumandang. Segalanya serba teratur. Nah, pasti nggak semua orang siap dengan hal ini. That’s why, kini saatnya buat kamu memaksimalkan peran smartphone-mu untuk bikin Ramadan makin berkah. Nggak perlu ribet, cukup isi dengan deretan aplikasi keren ini.

1. Pengingat Adzan

Bulan puasa datang artinya kamu harus benar-benar memaksimalkan momen ini dengan ibadah. Pasalnya, pahalanya berlipat ganda kalau dibandingkan dengan bulan-bulan yang lain. Nah, buat yang sering telat sholatnya, disarankan nih untuk memasang aplikasi pengingat adzan.

Ilustrasi Adzan [Image Source]
Ilustrasi Adzan [Image Source]
Nggak hanya untuk reminder buat sholat, lewat aplikasi ini kamu juga nggak bakal kelewatan momen paling ditunggu. Yup, buka puasa. Aplikasi ini bakal sekaligus jadi pengingat untuk berbuka. No more buta informasi yang bikin kamu menunda berbuka. Ada banyak jenis aplikasi jenis ini yang bisa kamu pilih dan masing-masing punya fungsi yang hampir sama.

2. Alarm Sahur

Buat yang biasanya bangun subuh mungkin bisa sedikit menyesuaikan diri bangun agak lebih pagi untuk sahur. Tapi, untuk mereka yang butuh adaptasi ini bakal jadi saat yang paling susah. Nah, untuk itu kamu butuh aplikasi alarm sahur. Asiknya menggunakan aplikasi ini adalah waktunya bakal menyesuaikan peredaran bulan. Jadi, bakal pas banget tanpa mendahului atau terlambat.

Pakai aplikasi alarm biar sahur nggak kesiangan [Image Source]
Pakai aplikasi alarm biar sahur nggak kesiangan [Image Source]
Kamu juga bisa tuh menggunakan aplikasi alarm yang biasa. Cukup modifikasi aja sesuai dengan jadwal sahur yang ada. Aplikasi wajib buat anak kos yang tinggal sendiri!

3. Resep Kuliner

Tenang, aplikasi ini nggak bakal bikin kamu batal puasa kok. Justru malah bikin puasa makin seru. Jadi, ketika kamu bingung ingin masak apa hari ini untuk buka atau sahur, tinggal cari inspirasi lewat aplikasi ini. Butuh rekomendasi cemilan setelah buka atau tarawih? Aplikasi ini juga bisa diandalkan.

Ilustrasi [Image Source]
Ilustrasi [Image Source]
Biar lebih berpahala, kamu juga bisa bikin takjil tuh lewat aplikasi ini. Cari resep kue atau snack yang gampang tapi juga enak pasti banyak jenisnya. Meskipun berguna, aplikasi ini jangan disalahgunakan. Misalnya aja dengan membayangkan deretan makanan enak padahal masih jam 12 siang. Yang ada mah, bikin tambah laper.

4. Al-Qur’an

Belum punya aplikasi Al-Qur’an reader di smartphone? Cepet-cepet pasang gih! Bulan Ramadan adalah momen yang nggak harusnya dihabiskan dengan hal-hal yang kurang berguna. Kalau bingung mau ngapain, maka baca Al-Qur’an sangat disarankan.

Ilustrasi [Image Source]
Ilustrasi [Image Source]
Ada beberapa aplikasi Al-Qur’an reader yang nggak hanya menampilkan deretan ayat dan artinya aja. Ada juga punya fitur unik mulai tajwid, atau program buat hafalan. Manfaatnya nggak hanya untuk mengisi waktu luang aja nih. Bulan puasa berlalu, kamu bakal makin lancar membaca ayat-ayat Al-Qur’an. Bahkan nggak menutup kemungkinan kamu udah hafal beberapa surat.

Berbekal smartphone yang udah dilengkapi dengan deretan aplikasi di atas, bulan puasa pun bakal makin berkah. Sarannya, jangan di-remove deh setelah Ramadan-nya abis, biar kamu makin konsisten hidup dalam keteraturan. Asik banget lho dan banyak banget manfaat yang bakal kamu dapatkan nanti. Nggak cuma yang kelihatan aja. Nggak percaya? Cobain!

Written by Rizal

Hanya seorang lulusan IT yang nyasar ke dunia tulis menulis. Pengalamannya sudah tiga tahun sejak tulisan pertama dimuat di dunia jurnalisme online. Harapannya bisa membuat tulisan yang super kece, bisa diterima siapa pun, dan juga membawa influence yang baik.

Contact me on my Facebook account!

Leave a Reply

Jalan Kaki di Bibir Puncak Macau Tower? Ngeri-Ngeri Tapi Pengen Lagi

Lomba Lari Kura-Kura dan Kelinci Legendaris Dibuktikan di Dunia Nyata, Siapa Ya yang Menang?