in

4 Aplikasi Wajib Ini Harus Ada di Ponselmu Agar Puasamu Semakin Barokah

App

Populasi Muslim di seluruh dunia saat ini mencapai 1,7 miliar jiwa yang sebagian besar  tersebar di kawasan Timur Tengah, Afrika, dan Asia Tenggara. Populasi Muslim yang terus meningkat seiring dengan berkembangnya waktu menciptakan sebuah peluang bisnis yang cukup menggiurkan. Beberapa publisher aplikasi baik Apple maupun Android akhirnya berlomba-lomba menciptakan aplikasi yang cocok untuk gaya hidup seorang Muslim.

Aplikasi ini membantu Muslim untuk lebih mudah beribadah hingga di tengah kesibukannya mereka tetap ingat kepada Allah. Para Muslim bisa membaca Alquran hingga pengetahuan tentang Islam dengan lebih cepat terutama di bulan Ramadan seperti sekarang. Anyway, kalau puasamu ingin full, coba deh gunakan beberapa aplikasi ini.

1. Aplikasi Alquran

Aplikasi Alquran adalah aplikasi paling penting yang harus ada di ponsel kamu. Saat Ramadan datang, usahakan untuk menginstal aplikasi ini di ponsel hingga di mana saja kamu berada masih bisa mengaji. Saat ada waktu senggang di kantor atau pun di kampus tinggal buka ponsel dan baca Alquran dengan mudah.

Aplikasi Alquran [image source]
Aplikasi Alquran
Aplikasi ini sebenarnya sudah ada sejak lama. Tujuannya hanya satu: memberikan alternatif bagi siapa saja yang ingin mengaji tanpa dibatasi tempat. Selain itu, tak banyak orang membawa Alquran ke mana-mana di dalam tasnya. Kalau kamu, ingin puasa tahun ini full dan penuh berkah aplikasi ini layak untuk digunakan saat ini juga.

2. Aplikasi Salat

Seperti yang telah dikulik di atas, salah satu aplikasi berguna yang paling banyak dipakai oleh Muslim di dunia adalah aplikasi salat. Dengan aplikasi ini, kamu akan dengan mudah diingatkan kapan saja waktunya salat kalau-kalau tidak mendengar azan dari masjid atau musala dekat dengan tempat kerja atau tempa kuliah.

waktu salat [image source]
waktu salat
Aplikasi salat yang banyak bermunculan itu biasanya sudah memiliki fitur untuk mengenali posisi. Dengan memasukkan nama kota secara tepat, waktu salat akan otomatis diset ulang hingga kamu tak perlu takut ketinggalan. Memasang aplikasi salat di ponsel akan membuatmu semakin rajin ibadah di bulan penuh berkah ini.

3. Aplikasi Alarm

Alarm adalah satu hal yang sangat penting dalam bulan Ramadan. Tanpa alarm kamu akan kesusahan untuk bangun pagi buta dan melaksanakan makan sahur. Mungkin ponselmu sudah ada aplikasi bawaan, tapi menggunakan alarm itu membuatmu jadi malas bangun. Kalau pun bangun, kepala akan jadi pusing dan kamu jadi sakit.

aplikasi alarm [image source]
aplikasi alarm
Beberapa aplikasi alarm yang bertebaran di toko aplikasi di Android atau pun Apple bisa membangunkanmu dengan baik tanpa membuatmu pusing. Aplikasi ini memiliki mekanisme pencatatan siklus tidur hingga apa saja yang terjadi saat kamu tidur direkam dengan akurat. Akibatnya, aplikasi akan menemukan metode membangunkanmu dengan lembut tapi langsung bangun dengan segar.

4. Aplikasi Pengatur Makan

Aplikasi selanjutnya yang sangat berguna saat bulan Ramadan datang adalah aplikasi pencatat kalori makanan. Dengan aplikasi ini kamu bisa mencatat apa-apa saja yang sedang kamu makan atau minum. Apa yang kamu konsumsi saat sahur bisa dihitung dengan akurat, lalu saat bukan pun juga sama.

Aplikaso kalori [image source]
Aplikaso kalori [image source]
Fungsi dari pencatatan kalori ini akan membuatmu tak mengonsumsi banyak makanan. Biasanya saat puasa, kita semua terlalu banyak makan sesuatu yang manis dan berlemak. Akibatnya, saat puasa selesai kamu jadi mengalami kenaikan berat badan. Jadi, kalau kamu pengin lebaran dengan kondisi badan tidak melar, ya atur asupan nutrisi agar seimbang, tidak kurang dan tidak lebih.

Inilah empat aplikasi wajib yang harus ada di ponsel pintarmu. Dengan empat aplikasi yang telah disebutkan di atas, kualitas ibadahmu di bulan Ramadan akan meningkat secara tajam. So, jangan tunda-tunda lagi ya. Buat Ramadan tahun ini menjadi penuh makna.

Written by Adi Nugroho

Leave a Reply

5 Hal Ini Sering Dianggap Batalkan Puasa Padahal Sebenarnya Tidak

Inilah 5 Fakta Miris dari Indian, Suku Asli Amerika yang Dibantai dan Dilenyapkan Hingga Habis