Meskipun terlihat gampang, tapi sejatinya puasa itu susah minta ampun. Nggak hanya tentang menjaga mulut dari makan dan minum saja, tapi juga segala sesuatu yang bikin pahala puasa hilang. Nah, soal menjaga puasa, kita juga sering kali termakan omongan-omongan tertentu yang bikin puasa kesannya makin berat saja.

Ya, selama ini ada banyak anggapan yang sering diartikan sebagai sesuatu yang bikin puasa batal. Salah satunya misalkan menelan ludah. Selama ini banyak yang menganggap menelan ludah adalah hal yang bikin puasa batal. Alhasil, cukup banyak orang-orang yang akhirnya jadi hobi meludah pas puasa. Menurut ulama, menelan ludah adalah hal yang tak bikin puasa batal karena ini adalah sesuatu yang tak bisa dihindarkan.

Tak hanya menelan ludah yang sering disalahartikan sebagai hal yang bikin puasa batal. Ada beberapa hal lain yang juga dianggap membatalkan puasa, padahal sebenarnya tidak.

1. Keluar Mani Saat Berpuasa Ternyata Nggak Bikin Batal

Selama ini beredar anggapan jika keluar mani atau sperma adalah hal yang bikin puasa batal. Sebenarnya tidak lho. Seseorang bisa melanjutkan puasanya tanpa perlu khawatir batal atau pahala hilang gara-gara mengeluarkan cairan ini.

Mimpi basah tak bikin puasa batal [Image Source]
Mimpi basah tak bikin puasa batal [Image Source]
Ulama mengatakan jika mengeluarkan sperma sama sekali tak bikin puasa batal. Kecuali, kalau disengaja. Entah bercumbu dengan istri atau lewat rangsangan-rangsangan yang lain. Kalau keluarnya mani disengaja, maka puasanya batal saat itu juga.

2. Sikat Gigi Pun Tak Membuat Puasa Batal

Sikat gigi pas puasa adalah hal yang dihindari banyak orang. Ya, kebanyakan takut kalau aktivitas ini bakal bikin puasa batal. Padahal menyikat gigi ketika puasa tidaklah bikin puasa batal.

Menyikat gigi [Image Source]
Menyikat gigi [Image Source]
Meskipun demikian harus dijaga jangan sampai tertelan baik saat menyikat maupun berkumur. Meskipun dianggap bukanlah sesuatu yang bikin batal, sebagian ulama mengatakan kalau menyikat gigi adalah hal yang makruh saat puasa.

3. Suntik Ternyata Tidak Membatalkan Puasa

Selama ini banyak yang beranggapan jika suntik itu bikin puasa batal. Orang-orang mengaitkannya dengan larangan untuk memasukkan sesuatu ke dalam tubuh dengan sengaja. Memang secara teknik seperti itu, tapi patut diketahui kalau suntik itu tak bikin puasa batal.

Suntik saat puasa [Image Source]
Suntik saat puasa [Image Source]
Ya, hal ini lebih karena suntik bukanlah benda yang berbentuk makanan yang dimasukkan lewat mulut. Ia juga tak bersifat mengenyangkan. Nah, berlandaskan hal tersebut maka ulama sepakat untuk menghukumi suntik dengan mubah. Hal yang sama juga diberlakukan untuk proses infus.

4. Muntah Juga Tak Bikin Puasa Batal

Ngaku deh, sejak kecil kamu pasti beranggapan kalau muntah adalah hal yang bikin puasa batal. Sama seperti poin-poin sebelumnya, muntah adalah hal yang tak bikin puasa batal dan tak perlu mengganti puasa jika mengalaminya.

Ilustrasi muntah [Image Source]
Ilustrasi muntah [Image Source]
Tapi, muntah juga bisa jadi hal yang membuat puasa batal. Ya, jika dilakukan dengan sengaja, maka wajib mengganti puasa. Hal ini merujuk pada Hadist yang diriwayatkan oleh Ahmad, Rasul mengatakan, “Barangsiapa yang terdesak muntah, maka tidak ada qadla baginya; dan barangsiapa sengaja muntah, maka hendaklah ia mengqadla.”

5. Mengeluarkan Darah Juga Bukan Hal yang Membatalkan Puasa

Selama ini masih banyak yang ragu apakah mengeluarkan darah bisa bikin batal puasa. Misalnya mimisan, tak sengaja menggaruk luka dan kemudian berdarah, dan sebagainya. Ternyata hal ini sama sekali tidak bikin puasa batal. Kita bisa melanjutkan puasa saat mengalami hal yang semacam itu.

Mimisan tak bikin batal [Image Source]
Mimisan tak bikin batal [Image Source]
Meskipun demikian, tapi ada beberapa hal soal darah yang bisa membuat puasa batal. Bagi wanita misalnya haid dan nifas. Berbekam juga membuat seseorang wajib mengganti puasanya karena proses ini membatalkan puasa.

BACA JUGA: 5 Negara Ini Jadi Tempat Paling Lama Berpuasa, Indonesia?

Selama ini banyak orang-orang yang menganggap deretan hal di atas itu membatalkan puasa. Padahal sebenarnya tidak. Jadi, setelah mengetahui ini, semuanya jadi makin aman, ya? Nggak ada lagi kekhawatiran akan hal-hal kecil yang sebelumnya masih diragukan bisa bikin batal atau tidak.