in

5 Hal Ini Sering Dianggap Batalkan Puasa Padahal Sebenarnya Tidak

Meskipun terlihat gampang, tapi sejatinya puasa itu susah minta ampun. Nggak hanya tentang menjaga mulut dari makan dan minum saja, tapi juga segala sesuatu yang bikin pahala puasa hilang. Nah, soal menjaga puasa, kita juga sering kali termakan omongan-omongan tertentu yang bikin puasa kesannya makin berat saja.

Ya, selama ini ada banyak anggapan yang sering diartikan sebagai sesuatu yang bikin puasa batal. Salah satunya misalkan menelan ludah. Selama ini banyak yang menganggap menelan ludah adalah hal yang bikin puasa batal. Alhasil, cukup banyak orang-orang yang akhirnya jadi hobi meludah pas puasa. Menurut ulama, menelan ludah adalah hal yang tak bikin puasa batal karena ini adalah sesuatu yang tak bisa dihindarkan.

Tak hanya menelan ludah yang sering disalahartikan sebagai hal yang bikin puasa batal. Ada beberapa hal lain yang juga dianggap membatalkan puasa, padahal sebenarnya tidak.

1. Keluar Mani Saat Berpuasa Ternyata Nggak Bikin Batal

Selama ini beredar anggapan jika keluar mani atau sperma adalah hal yang bikin puasa batal. Sebenarnya tidak lho. Seseorang bisa melanjutkan puasanya tanpa perlu khawatir batal atau pahala hilang gara-gara mengeluarkan cairan ini.

Mimpi basah tak bikin puasa batal [Image Source]
Mimpi basah tak bikin puasa batal [Image Source]
Ulama mengatakan jika mengeluarkan sperma sama sekali tak bikin puasa batal. Kecuali, kalau disengaja. Entah bercumbu dengan istri atau lewat rangsangan-rangsangan yang lain. Kalau keluarnya mani disengaja, maka puasanya batal saat itu juga.

Written by Rizal

Hanya seorang lulusan IT yang nyasar ke dunia tulis menulis. Pengalamannya sudah tiga tahun sejak tulisan pertama dimuat di dunia jurnalisme online. Harapannya bisa membuat tulisan yang super kece, bisa diterima siapa pun, dan juga membawa influence yang baik.

Contact me on my Facebook account!

Leave a Reply

5 Pilar Ramadan Paling Penting Ini Akan Membuatmu Lahir jadi Orang yang Lebih Baik

4 Aplikasi Wajib Ini Harus Ada di Ponselmu Agar Puasamu Semakin Barokah