Informasi palsu alias hoax sebenarnya sudah ada sejak dulu. Tapi, semenjak ada berita mengenai Ratna Sarumpaet yang menyebarkan berita bohong, hoax pun menjadi hangat untuk diperbincangkan. Apalagi ditambah dengan banyaknya politisi yang juga ikut tersangkut dalam peristiwa penyebaran hoax tersebut.

Berbicara tentang hoax, pasti kita memikirkan bagaimana cara untuk menghindarinya. Ya Sahabat Boombastis tahu sendiri lah bagaimana sifat dunia maya yang sangat mudah menyebarkan informasi. Hanya dengan satu kali klik, berita bisa tersiar ke mana-mana dan terkadang diterima oleh orang yang kurang teliti tentang kebenaran kabar tersebut. Tapi, para pembaca yang budiman tak perlu khawatir karena sudah ada solusinya kok.

Hoax Buster Tools yang efektif kurangi peredaran berita palsu

Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (Mafindo) membuat aplikasi yang bisa mencegah penyebaran berita hoax. Aplikasi tersebut bernama Hoax Buster Tools (HBT). Harry Sufehmi selaku pendiri organisasi yang peduli terhadap teknologi digital tersebut menuturkan jika aplikasi HBT bekerja seperti mesin pencari.

Aplikasi HBT [Sumber Gambar]
Menariknya lagi, HBT bisa mendeteksi berita hoax baik berbentuk artikel, foto, video maupun akun media sosial. Sehingga kalian hanya tinggal mengunggah informasi yang ingin didapatkan. Namun sayangnya, aplikasi ini baru tersedia di smartphone berbasis android saja. Tapi untuk ke depannya, Mafindo akan mengembangkan aplikasi ini supaya bisa digunakan di semua jenis smartphone.

Hoax Analyzer karya mahasiswa ITB yang berhasil kalahkan seluruh peserta di Imagine Cup

Institut Teknologi Bandung pada tahun 2017 lalu mengirimkan mahasiswanya untuk maju ke Imagine Cup guna memperkenalkan Hoax Analyzer ke seluruh dunia. Mungkin terdengar biasa karena itu hanyalah sebuah situs untuk menentukan apakah berita yang dimasukkan adalah fakta atau hoax.

Hoax Analyzer [Sumber Gambar]
Namun, ada yang istimewa dari cara kerja Hoax Analyzer satu ini lho Sahabat Boombastis. Situs ini ditanamkan juga kecerdasan buatan yang bisa dengan teliti memeriksa apakah berita tersebut asli atau hoax. Bahkan pemeriksaannya tak hanya dari tulisan, gambar atau video saja, tapi juga dari sisi kata kunci, tagar dan lain sebagainya. Jadi, kalian tak perlu khawatir dengan kualitas dari situs ini.

Jika ada berita hoax, bisa dilaporkan dengan cara ini

Ketika Sahabat Boombastis sudah menemukan konten hoax yang meresahkan masyarakat, kalian bisa langsung melaporkannya lho. Caranya adalah dengan melaporkannya ke AduanKonten.id milik Kementerian Komunikasi dan Informasi. Pertama-tama masuklah ke alamat aduankonten.id kemudian buatlah akun yang form-nya sudah tertera di sebelah kanan website.

Aduan Konten [Sumber Gambar]
Jika sudah, maka unggahlah alamat website dan juga tangkapan layar situs atau konten yang dilaporkan. Tapi perlu diingat, semua unggahan harus disertai dengan alasan yang masuk akal supaya bisa dipertimbangkan. Nah, proses selanjutnya kalian tinggal memantau penanganan yang dilakukan oleh Tim Aduan Konten.

Aplikasi dan situs di atas cukup membantu kita terhindar dari yang namanya informasi palsu. Jadi sebaiknya jangan sia-siakan deh aplikasi dan juga situs yang sudah dibuat sedemikian rupa tadi. Dengan menggunakan fasilitas tersebut, kita tak hanya membantu diri sendiri, tapi juga orang lain. Enak kan sudah terhindar dari berita hoax, dapat pahala juga. Yuk musnahkan berita hoax mulai dari sekarang.