Angkot atau angkutan kota adalah salah satu sarana transportasi yang masih bertahan hingga kini. Angkot biasanya punya rute khusus, sehingga penumpang harus memastikan sesuai dengan tujuan saat naik transportasi satu ini.

Meskipun sekarang sudah banyak ojek online (ojol) mobil maupun motor, angkot tetap bertahan dan tak kehilangan pelanggannya. Tak heran jika moda transportasi satu ini terus melakukan beberapa improvisasi (baik dari segi pelayanan ataupun fasilitas) demi kenyamanan penumpangnya. Ditambah, untuk para orangtua yang tidak begitu paham dengan cara pesan-pesan ojol hanya untuk pergi ke pasar, angkot masih menjadi pilihan utama.

Angkot viral [Sumber gambar]
Nah, berbicara tentang angkot ini, beberapa waktu lalu sempat viral sebuah unggahan netizen bernama Faradila di grup facebook Forum Facebook Video Gambar Dan Cerita Lucu (VGCL Grup Humor). Ia mengunggah beberapa foto yang menunjukkan bahwa ia sedang berada di dalam sebuah angkot. Uniknya, fasilitas yang ada di dalam mobil tersebut tak biasa. Lantainya keramik berwarna putih, ada speaker kecil, ada TV LED, serta ada kipas angin kecil di bagian atasnya. Plafon angkot ini pun berwarna biru dan merah, serta ada tempat untuk menancapkan lampu.

Tak menunggu lama, postingan tersebut diserbu oleh netizen dari berbagai kalangan. Mereka mengatakan kalau fasilitas angkot jaman now memang sangat jos. Meski belum tau ini angkot berasal dari kota mana, namun setidaknya sopir pasti punya tujuan agar para penumpang betah selama menumpang kendaraannya. Ya, singkatnya angkot sekarang sudah seperti rumah sendiri, nyaman.

Mini bar dan speaker [Sumber gambar]
Sebelum angkot ini viral, sebenarnya memang ada beberapa daerah yang angkotnya sangat customer-service. Salah satunya adalah angkot padang, yang terkenal dengan nama Fast and Furious. Tampilan dalam angkot ini mungkin kurang lebih sama seperti yang sedang viral. Ada banyak fasilitas, mulai dari sound yang mantap, hingga CCTV untuk memantau penumpang. Sedangkan bagian luarnya, inilah yang membuat ia berjuluk Fast and Furious.

Tampilan luarnya sengaja dibuat keren dengan air brush campuran warna yang menarik mata ditambah stiker dengan tulisan-tulisan unik. Untuk menonjolkan kesan yang lebih sporty, tampilan angkot modis ini dibuat ceper lengkap dengan velg warna-warni. Enggak heran kalau banyak orang yang mau naik angkot hanya karena ingin tau seperti apa fasilitas dan pelayanan sopir kepada mereka.

Di balik angkot unik yang bikin nyaman ini, ada biaya modifikasi yang enggak sedikit. Coba deh fikirkan, untuk membeli keramik, memasangnya di dalam angkot, membeli TV LED, kipas angin, speaker, tempat lampu, CCTV, hingga bar mini, berapa semua uang yang harus dihabiskan? Kalau menurut salah satu sopir angkot, ia menghabiskan sekitar puluhan juta untuk mendandani angkot tersebut.

BACA JUGA: Angkot Padang, Transportasi Terkeren yang Dilengkapi Dengan TV, CCTV, Serta Mini Bar

Sedangkan, penumpang yang naik angkot biaya yang dikeluarkan enggak mahal-mahal amat, paling Rp3000 hingga Rp5000 saja. sekarang pun, di beberapa wilayah jelajah angkot di padang, modifikasi kadang sudah dilarang oleh pihak berwajib. Mereka harus mengembalikan bentuk angkot ini ke design semula sebelum didandani sedemikian rupa uniknya.