in

Andrew Kalaweit Dijuluki Tarzan Modern, Hidup di Tengah Hutan Kalimantan Bersama Keluarga

Nama Andrew Kalaweit belakangan ini semakin santer dibicarakan sejak datang ke podcast Deddy Corbuzier. Warganet menyorot pembawaan Andrew ketika berbicara, terdengar tertata dan percaya diri. Sebenarnya nama Andrew Kalaweit tidak terlalu asing di TikTok dan YouTube.

Sebuah video Andrew Kalaweit yang ia unggah di YouTube banyak diunggah ulang di TikTok. Andrew memperlihatkan bagaimana kehidupan di hutan belantara selama 24 jam. Siapa sebenarnya Andrew Kalaweit? Simak ulasan berikut ini.

Ikuti jejak sang ayah jadi pencinta lingkungan

Andrew Kalaweit bernama asli Andrew Ananda Brule yang merupakan anak dari pasangan Aurelien Francis Brule, atau lebih dikenal sebagai Chanee Kalaweit, dengan Nur Pradawati atau Prada Kalaweit. Nama Chanee Kalaweit sudah tidak asing lagi. Ia dikenal sebagai aktivis lingkungan yang pada 1998 datang ke Indonesia dari Prancis untuk membangun konservasi satwa liar khususnya owa (hewan primata).

Andrew Kalaweit naik kuda di tengah hutan. [Sumber Gambar]
Andrew Kalaweit naik kuda di tengah hutan. [Sumber Gambar]
Rupanya, Andrew mengikuti jejak sang ayah. Ia yang sedari kecil tinggal di Palangkaraya, Kalimantan Tengah, juga banyak membuat konten edukasi mengenai kehidupan hutan dan satwa liar melalui akun YouTube Andrew Kalaweit. Saat mengisi podcast Deddy Corbuzier pun, Andrew memberikan sejumlah tips terkait satwa liar. Salah satunya adalah ketika menjelajah hutan, sebaiknya jangan menempuh jalan setapak. Pasalnya, hewan liar melewati jalan tersebut. Sehingga lebih baik mengambil jalur lain.

Patroli hutan menggunakan paramotor

Pada biodata akun Instagram @andrewkalaweit, Andrew menuliskan bahwa ia seorang pilot paramotor. Paramotor terlihat seperti parasut untuk terjun payung, tetapi dilengkapi dengan mesin baling-baling udara di bagian belakang. Andrew kerap melakukan patroli hutan saat cuaca mendukung. Bukan sekadar hobi, ia pun mengikuti pelatihan mengendarai paramotor di Prancis.

Andrew Kalaweit di samping paamotor miliknya. [Sumber Gambar]
Andrew Kalaweit di samping paamotor miliknya. [Sumber Gambar]
Andrew mengenakan peralatan keselamatan lengkap saat menaiki paramotor. Di antaranya menggunakan helm sampai baju anti-peluru untuk melindungi tubuhnya dari terpaan angin kencang saat mengudara. Terkadang, Andrew melakukan patroli hutan menggunakan paramotor bersama sang ayah, Chanee.

Tinggal di tengah hutan Kalimantan

Rumah Andrew berlokasi di tengah hutan Cagar Alam Pararawen, Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah. Ia tidak memiliki tetangga, alias rumah mereka satu-satunya di tengah hutan tersebut. Bentuk rumah kayu Andrew adalah rumah panggung, ada jarak sekitar tiga meter dari tanah dengan lantai rumahnya. Hal tersebut untuk menghindari hewan liar agar tidak masuk ke rumahnya.

Menariknya, berbagai fasilitas di rumah Andrew memanfaatkan alam sekitar. Sumber listrik rumah memanfaatkan sinar matahari, yaitu pakai panel surya. Sementara, sumber air berasal dari air hujan yang ditampung di dua tangki besar berkapasitas masing-masing 5.000 liter. Chanee juga memasang satelit untuk akses internet. Mereka pun menanam berbagai sayuran yang dikelola oleh Prada.

Menempuh homeschooling

Andrew Kalaweit bersama Puma, anjingnya. [Sumber Gambar]
Andrew Kalaweit bersama Puma, anjingnya. [Sumber Gambar]
Walaupun tidak menempuh pendidikan di sekolah formal, Andrew tetap mengenyam pendidikan secara homeschooling. Bersama sang adik, Enzo, Andrew belajar di rumah. Mereka mengikuti pelajaran dari sebuah lembaga pendidikan yang basisnya di Denpasar, Bali. Sistem pembelajaran tersebut yaitu Andrew dan Enzo diajar tutor untuk tiap mata pelajaran dan mengerjakan soal. Saat ujian akhir, barulah Andrew dan Enzo meninggalkan rumah untuk pergi ke Denpasar.

BACA JUGA: Farman Ali, Si Tarzan Pakistan yang Hidup di Rumah Pohon Selama Depalan Tahun

Andrew Kalaweit berkomitmen untuk melestarikan hutan dan satwa liar. Hal tersebut merupakan sikap positif yang patut menjadi inspirasi bagi sejumlah pihak.

Written by H

Ali Banat, Pengusaha Kaya Raya yang Melepas Semua Harta untuk Bersedekah hingga Akhir Hayat

Niat Awal Hanya Berteman untuk Jalan-Jalan, Pria Asal Riau Ini Nikahi Bule Berdarah Maroko